Keripik keju dari adonan sourdough. (Dok. Youtube Sourlotti by Abby)

Punya Adonan Sourdough? Yuk Kita Buat Keripik Keju dengan Cara Mudah

27 July 2021   |   17:59 WIB

Genhype, sebagian dari kalian mungkin kenal dengan adonan sourdough yang biasanya diolah menjadi roti atau hidangan khas bakery lainnya. Buat kalian yang enggak tahu apa itu sourdough, adonan ini adalah adonan yang dibuat dari hasil fermentasi dari tepung fermentasi dan air.

Melansir dari Healthline, sourdough atau adonan asam mengandung ragi liar dan bakteri asam laktat untuk mengembangkan adonannya. Bedanya dengan adonan biasa, adonan sourdough memiliki rasa yang tangy atau tajam dengan tekstur yang sedikit kenyal.

Sourdough sendiri punya dua jenis, yaitu starter yang merupakan adonan yang baru dibuat dan dibiarkan selama beberapa hari dan discard yang merupakan sebagian dari starter yang diambil ketika proses feeding atau menambahkan campuran tepung dan roti.

Buat kalian yang mau mencoba membuat olahan sourdough selain roti, resep keripik ini bisa dicoba karena membutuhkan bahan-bahan yang mudah dan hanya memakan waktu hingga satu jam. Yuk coba buat!

Bahan-bahan (untuk 1-2 loyang)
  • 150 gram adonan sourdough starter atau discard 
  • 25 gram keju (keju parmesan atau keju biasa yang sudah diparut)
  • 20 gram susu
  • 30 gram mentega asin, lelehkan
  • Garam
  • Satu genggam daun seledri atau daun rempah

Cara membuat
1. Potong daun seledri atau daun rempah hingga halus.

2. Di dalam sebuah mangkuk besar, campurkan potongan daun parsley/rempah, adonan sourdough, keju, susu, mentega cair, sejumput garam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

3. Tuangkan sebagian adonan ke dalam loyang yang sudah diberi lapisan kertas roti yang tidak mudah lengket dan sebarkan adonan dengan spatula ke seluruh bagian loyang sampai penuh dan setipis mungkin.

4. Panggang adonan dengan suhu 160 derajat Celsius selama kurang lebih 15-20 menit atau sampai adonan kering dan renyah.

5. Setelah matang, lepaskan keripik dari kertas roti sesaat setelah matang dan letakkan di atas piring atau rak pendingin.

6. Ketika sudah dingin, hancurkan keripik menjadi kecil-kecil atau dengan ukuran yang cukup untuk satu gigitan (one-bite size). 

Cara pemotongan lainnya juga bisa dengan menggunakan pisau menjadi bentuk persegi dengan ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan preferensi pribadi, tetapi ini harus dilakukan sesaat setelah dikeluarkan dari oven.

7. Letakan di dalam toples atau kontainer kedap udara untuk menjaga kerenyahannya.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Cek 10 Tanda Ponsel Kalian Kemungkinan Telah Diretas

BERIKUTNYA

Dianggap Holy Grail, Apa Sih Bedanya Retinoid dan Retinol?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: