Ilustrasi mengaplikasikan moisturizer. (Sumber foto: Antoni Shkraba/Pexels)

Jadi Pelengkap Skincare, Cek Manfaat & Rekomendasi Moisturizer dengan Retinol

11 July 2024   |   08:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

Selama beberapa tahun terakhir, retinol telah mendapatkan reputasi sebagai bahan anti penuaan terbaik. Retinol merupakan bentuk vitamin A yang meningkatkan pergantian sel, memperlambat degradasi kolagen dan elastin, menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, serta menghilangkan jerawat.

Dengan konsentrasi mulai dari 0,01% hingga 3%, bahan aktif ini dapat Genhype temukan di sejumlah bentuk perawatan kulit wajah seperti serum dan pelembab (moisturizer). Retinol dalam bentuk serum mungkin lebih familiar di kalangan pegiat skincare dan mereka yang masih awam tentang perawatan kulit lebih lanjut.

Baca juga: Fact Check: Bolehkah Pakai Retinol Pada Usia 20-an?

Namun, karena aktivitas retinol dapat menyerap kelembaban kulit dan membuatnya kering sehingga mengganggu pelindung kulit (skin barrier), sejumlah dokter kulit dan pakar kecantikan menganjurkan agar penggunaan serum retinol diikuti dengan moisturizer.

Lantas bagaimana dengan moisturizer yang mengandung retinol? 

Bertentangan dengan anggapan umum yang mengatakan serum bekerja lebih baik pada kulit, pelembap yang mengandung retinol bisa menjadi cara mudah untuk memasukkan bahan tersebut ke dalam rutinitas perawatan kulit Genhype dan mendapatkan manfaatnya. Pastikan persentasenya berada pada rasio yang aman untuk pemula atau kulit sensitif.

Bagi kalian yang memiliki kulit kering atau sensitif, penggunaan pelembab dengan retinol yang juga mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, ceramide, dan niacinamide dapat membantu mengurangi kulit kering, meminimalkan iritasi, dan meningkatkan toleransi secara keseluruhan.

Sama seperti serum retinol, para pakar menyarankan agar pelembab dengan retinol digunakan pada malam hari. Retinol direkomendasikan sebagai skincare malam hari karena dapat dinonaktifkan oleh sinar matahari yang dapat meningkatkan risiko fotosensitifitas atau sengatan matahari. Tambahkan tabir surya dengan SPF 40+ jika kalian menggunakan krim retinol di siang hari.

Berikut rekomendasi moisturizer dengan retinol yang bisa Genhype tambahkan ke rangkaian skincare kalian.


1. Skintific Retinol Skin Renewal Moisturizer

 

Skintific belum lama ini merilis dua produk baru dengan kandungan utama retinol yang inovatif dan efektif untuk regenerasi kulit, yaitu Retinol Skin Renewal Serum dan Retinol Skin Renewal Moisturizer.  Dengan konsep Reset Your Skin, produk retinol ini diklaim dapat membantu meregenerasi kulit yang bekerja secara optimal di malam hari untuk mencapai kulit halus, cerah, dan terhindar dari jerawat.

Serum dan moisturizer ini juga aman digunakan untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat, dan dapat digunakan mulai dari usia 20 tahun. Skintific Retinol Skin Renewal Moisturizer memiliki tekstur krim ringan yang mudah meresap tanpa meninggalkan rasa lengket, serta memberikan efek halus pada kulit setelah diaplikasikan.

Dengan teknologi Slow-Released Lecithin-Encapsulated Retinol, produk ini terasa ringan tapi efektif dalam merawat jerawat dan mengurangi noda hitam. Diperkaya dengan Zinc PCA dan Phytol, produk ini membantu mengontrol produksi minyak, meningkatkan tekstur kulit, serta menyamarkan pori-pori. 

Adapun, Skintific Retinol Skin Renewal Serum diklaim dapat menghaluskan tekstur kulit dan membuatnya tampak lebih cerah bercahaya. Produk ini mengandung 0.1% Pure Retinol dengan Micro-Liposome Delivery System yang stabil untuk efektivitas serta penyerapan sehingga menjadikan kulit lebih halus dan cerah. 


2. Paula’s Choice Barrier Repair Moisturizer

Bagi kalian yang khawatir menggunakan retinol karena memiliki kulit kering, tidak perlu cemas. Moisturizer ini diformulasikan untuk kulit normal hingga kering, dengan kandungan retinol 0,01% yang sangat ringan, tapi tetap efektif untuk membuat kulit lebih kenyal, kencang, dan segar. 

Moisturizer ini juga fokus melindungi skin barrier. Hal ini karena adanya kandungan shea butter, squalane, dan ceramide yang berfungsi melembabkan dan menguatkan kulit. Selain itu, produk ini juga mengandung ekstrak teh hijau, minyak kedelai, dan ekstrak kedelai yang kaya akan antioksidan, serta ekstrak chamomile untuk menenangkan kulit.


3. For Skin's Sake Retinol Cream 0.1% With Polyglutamic Acid

Pelembab retinol ini cocok untuk digunakan  setiap hari. Formulanya yang gentle, anti kering dan juga ampuh dengan teknologi enkapsulasi untuk memudarkan tanda-tanda penuaan. Sangat cocok untuk pemula, remaja, kulit kering dan kulit sensitif. Retinol cream ini berfungsi untuk menutrisi kulit, menyamarkan garis halus, mengencangkan kulit dan memperbaiki elastisitas kulit.


4. Dear Me Beauty Retinol Moisturizer

 

Pelembap dari Dear Me Beauty ini mengandung 2% HPR Retinoate dan Peptide Complex. Kandungan ini mampu meredakan jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mengurangi kerutan dalam waktu 14 hari. Meskipun mengandung retinol, HPR Retinoate diklaim 10 kali lebih sedikit menyebabkan iritasi dibandingkan retinol biasa. Oleh karena itu, produk ini cocok untuk pemula yang baru mulai menggunakan retinol. Pelembab ini juga diperkaya dengan ekstrak blueberry, triple HA, NMF, dan Adenosine untuk mengunci kelembaban kulit sekaligus menjaga fungsi skin barrier.


5. COSRX The Retinol 0.1 Cream

Krim ini diformulasikan dengan retinol murni berkonsentrasi rendah, yaitu 0,1 persen, dan diklaim dapat memudarkan garis halus, mengencangkan kulit, serta mencerahkan kulit. Retinol dalam produk ini dikombinasikan dengan panthenol dan vitamin E, sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif dan rentan berjerawat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Segera Tayang, Intip Transformasi Para Pemain Sweet Home di Musim Ketiga

BERIKUTNYA

Xodiac Batal Gelar Fancon di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: