Kulit kita hanya butuh sedikit produk untuk tetap sehat. (Photo by kevin laminto on Unsplash)

Ingin Punya Kulit Sehat? Cukup dengan 4 Produk Skincare ini Saja Kok!

18 May 2021   |   18:15 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tampaknya semakin tua, semakin banyak kita membeli produk kecantikan untuk melawan tanda-tanda penuaan. Dibayangi kekhawatiran tersebut, kita akhirnya menjadi sangat mudah terpengaruh dengan promosi produk-produk kecantikan, mulai dari krim siang, krim malam, krim mata dan serum hingga toner.

Pertanyannya, apakah kita betul-betul membutuhkan semua produk tersebut? Sayangnya, ternyata kita hanya membutuhkan empat item yang dibutuhkan sebagai 'senjata' untuk kulit sehat. Akan tetapi, bukan perkara mudah menentukan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. 

Untuk itu, Hypeabis merangkum berbagai produk skincare utama yang bisa menjai referensi kalian. 

1. Tabir surya
Tinggal di Indonesia yang tropis, fokus perawatan kulit yang perlu diperhatikan dan jadi prioritas adalah perlindungan dari sinar UV. Kadar SPF dan tekstur jadi tolak ukur paling penting, bukan brand atau kemasan.

Pilih tabir surya dengan setidaknya SPF 30 dan SPF yang lebih tinggi jika kamu sering berkegiatan di luar ruangan. Oleskan ke wajah, leher, dada, lengan, dan punggung tangan setiap pagi sebelum merias wajah.

Ada banyak jenis tekstur tabir surya mulai dari gel untuk kulit berminyak, krim untuk kulit kering dan normal, serta sunscreen dalam bentuk stik yang lebih mudah digunakan.

2. Pelembap
Setiap jenis kulit membutuhkan pelembap yang berbeda seperti pelembap berbahan dasar minyak untuk kulit kering, pelembap berbahan dasar air untuk kulit berminyak dan pelembap khusus untuk kulit sensitif atau dewasa.

Jenis pelembap juga dibedakan untuk penggunaan di siang dan malam hari, tetapi kalau kamu rutin menggunakan pelembap di siang hari tidak perlu lagi memakai pelembab khusus di malam hari.

3. Pembersih
Dengan pembersih wajah dengan busa bekerja paling baik untuk menghilangkan minyak, kotoran berlebih, dan riasan, toner tidak diperlukan kecuali kamu merasa pembersih biasa digunakan belum menghilangkan semua riasan di wajah.

Di pasaran kini tersedia berbagai brand populer dengan deretan produk lengkap untuk tabir surya, pelembap dan pembersih seperti produk CeraVe, Cetaphil dan Neutrogena.

Ada juga pilihan perawatan kulit lokal Indonesia berkualitas baik dari The Bath Box, Avoskin dan Lacoco.

4. Retinoid
Retinoid membantu segala sesuatu mulai dari jerawat hingga garis halus dan kerutan hingga bintik-bintik penuaan. Kelompok obat derivat vitamin A ini membantu untuk mempercepat pergantian sel kulit dan juga menghasilkan kolagen baru.

Retinoid harus digunakan pada malam hari sebelum mengaplikasikan pelembab.

Hanya butuh sedikit retinoid pada tiap aplikasi dan jika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakan retinoid, mulailah menggunakannya sekali atau dua kali dalam sepekan di malam hari.

Kemudian, setelah kulit terbiasa, kamu dapat terus menggunakannya setiap malam.

Retinoid akan membuat kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari. Jadi jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya di pagi hari.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rayakan Hari Museum Internasional, Museum Porsche Gelar Tur Pameran Virtual

BERIKUTNYA

Setelah Hiatus 4 Tahun, Koo Hye-sun Kembali dengan Film Dark Yellow

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: