Ilustrasi skincare Korea (Sumber gambar: Freepik)

Mengenal Kandungan Skincare Korea yang Bikin Kulit Sehat & Bercahaya

27 July 2024   |   12:11 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pada saat ini, tren skincare terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kulit. Salah satu tren terbaru yang mencuri perhatian masyarakat Indonesia adalah skincare ala Korea atau yang sering disebut K-Beauty.

Dokter Christie Anggana Harijani mengatakan skincare dari Korea umumnya menggunakan bahan-bahan aktif serta teknologi inovatif sehingga mampu memberikan hasil yang lebih efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan hingga meredakan jerawat dan iritasi.

"Bahan-bahan ini menjadi kunci dalam rutinitas perawatan kulit yang optimal," ujar dokter yang juga ahli kecantikan tersebut, dalam peluncuran produk skincare asal Korea Selatan, Farmstay.

Agar memberikan hasil yang lebih optimal, Christie menyarankan masyarakat untuk memahami fungsi dari masing-masing bahan aktif dalam produk skincare yang paling sesuai dengan kondisi kulit. Berikut penjelasan mengenai perbedaan dan manfaat dari beberapa kandungan skincare Korea yang tengah populer di masyarakat. 

Baca juga: Tren Skincare: Perempuan dan Laki-laki Butuh Produk Perawatan Kulit Simpel untuk Sehari-hari 


1. Collagen

Collagen atau kolagen adalah bahan utama dalam banyak produk skincare yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit. Menurut Christie, manfaat utama dari collagen, terutama yang mengandung hydrolyzed collagen, adalah kemampuannya untuk terserap dengan baik oleh kulit sehingga membantu menjadikan kulit lembap dan kenyal. Ini cocok untuk kulit kering.

Pasalnya, hydrolyzed collagen ini memiliki molekul yang cukup kecil untuk menembus lapisan kulit dan memberikan efek anti-penuaan." Collagen tipe 1, yang sering ditemukan dalam produk-produk skincare, sangat penting untuk menjaga kekencangan dan kelembapan kulit,” tuturnya.

Skincare dengan collagen biasanya cocok untuk semua jenis kulit, tetapi sangat bermanfaat untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini dan kulit kendur. 
 

2. Cica

Cica, atau Centella Asiatica, adalah bahan aktif yang terkenal dengan sifatnya yang menenangkan dan anti-inflamasi. Christie menyebutkan bahwa produk dengan cica sering kali mengandung niacinamide yang membantu mencerahkan dan mengatur produksi minyak di kulit.

“Cica sangat efektif untuk kulit sensitif, berjerawat, atau cenderung iritasi. Ini membantu memperbaiki kulit yang kemerahan dan mempercepat proses penyembuhan,” terangnya. 
 

3. Tea Tree

Tea tree oil dikenal sebagai bahan yang efektif melawan jerawat berkat sifat antimikroba dan antiseptiknya. Menurutnya, bahan aktif dari tea tree oil dapat membantu mengatasi kulit berjerawat, membersihkan komedo, dan mengurangi peradangan. “Ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, terutama di kalangan remaja,” ucapnya. 
 

4. Propolis

Propolis berasal dari getah yang dikumpulkan oleh lebah dan memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-bakteri. Propolis ini menurutnya efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan. Produk dengan propolis sering kali digunakan sebagai treatment khusus sehingga tidak perlu dipakai setiap hari, melainkan sesuai kebutuhan kulit, seperti tiga hingga empat kali seminggu. 
 

5. Black Pearl

Black pearl, yang berasal dari mutiara hitam, dikenal karena khasiatnya dalam mencerahkan kulit. Mengandung berbagai mineral dan asam amino, black pearl membantu meningkatkan kecerahan dan elastisitas kulit. 

"Black pearl adalah bahan yang lebih jarang dan dianggap mewah, sering digunakan dalam produk-produk yang fokus pada perawatan kulit premium," ungkap Christie. 

Efendi, CEO Beauty World, mengatakan pendekatan K-Beauty yang menekankan pada kecantikan alami dan perawatan kulit dari dalam juga mempengaruhi pandangan masyarakat Indonesia terhadap skincare.

Produk-produk yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan aman bagi kulit semakin diminati. "Produk Farmstay dirancang untuk menonjolkan kecantikan alami dengan menggunakan ekstrak alami dan bahan yang ramah lingkungan," ujarnya.

Baca juga: 7 Tanda Produk Skincare Tidak Cocok di Kulit Wajahmu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Seluk Beluk Golden Visa, Layanan Khusus untuk WNA Berkualitas

BERIKUTNYA

Sekawan Limo Raih 2,2 Juta Penonton, Posisi Ke-6 Film Indonesia Terlaris 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: