Potensi bisnis skincare berbahan herbal (sumber gambar: Gabag Beauty)

Peluang Bisnis Skincare Berbahan Herbal untuk Ibu Hamil dan Menyusui

07 July 2024   |   11:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Industri kosmetik dan skincare terus berkembang pesat. Salah satu tren yang makin menonjol adalah penggunaan bahan-bahan herbal dan alami dalam produk-produk kecantikan. Tren ini didorong oleh semakin tingginya kesadaran konsumen akan pentingnya kesehatan kulit dan lingkungan.

Hasil penelitian dari Kementerian Luar Negeri berjudul Potensi Kosmetik Natural Indonesia dan Persyaratan Berkelanjutan Sebagai Referensi Pasar, menunjukkan bahwa tren kosmetik natural berkembang pesat di pasar global, khususnya di Eropa dengan nilai mencapai 77 miliar euro.

Tak hanya itu, riset yang dirilis Sociolla pada 2021 menyebutkan pasar brand kecantikan berbahan alami memiliki pertumbuhan positif sebesar 18,36 persen dibandingkan pada 2020. Tren tersebut diperkirakan terus meningkat pada masa yang akan datang. 

Hal ini tentunya jadi potensi besar bagi brand kecantikan untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Apalagi Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sumber daya alam melimpah, yang bisa digunakan sebagai inovasi produk kecantikan atau skincare

Baca juga: Ingin Kembangkan Brand Skincare Sendiri? Segini Modal yang Perlu Disiapkan

Salah satu perusahaan yang mengeksplorasi pemanfaatan bahan-bahan alami adalah Gabag Beauty. Brand skincare lokal yang didirikan oleh Gabriella Rayana dan suaminya, Fandy Sundoro ini berfokus pada produk perawatan untuk ibu hamil dan menyusui.

Gabriella Rayana mengatakan selama ini banyak ibu hamil dan menyusui yang merasa cemas menggunakan produk skincare yang biasa mereka pakai. Kekhawatiran akan efek bahan-bahan berbahaya terhadap janin dan bayi yang sedang menyusui, sering kali membuat mereka menghentikan penggunaan skincare sama sekali.

Beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam produk skincare diketahui dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayinya, mulai dari gangguan pencernaan, bibir sumbing, hingga kelainan hormonal. “Selama ini belum ada produk skincare yang secara khusus mengklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui,” tuturnya.

Gabag Beauty yang diluncurkan pada September 2023 menawarkan tujuh produk mulai dari pencuci wajah, cream penghilang jerawat, moisturizer, nipple cream, hingga serum. Semua produk tersebut telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan halal dari MUI. Bahan dasar utama yang digunakan adalah minyak alpukat (avocado oil) dan bunga lotus, yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit.

“Dari semua produk yang ditawarkan, Daily Protective Moisturizing Care - Daily Cream menjadi best seller dengan lebih dari ribuan pcs terjual,” ujarnya. 

Gabriella mengatakan produk-produk yang dihasilkan telah melalui proses penelitian dan pengembangan yang ketat, termasuk uji panelis, Vivo Test, uji laboratorium, dan registrasi BPOM. 

Baca juga: Tren Skincare: Perempuan dan Laki-laki Butuh Produk Perawatan Kulit Simpel untuk Sehari-hari

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Strategi Brand Lokal Hadapi Perang Harga dan Gempuran Impor Ilegal

BERIKUTNYA

7 Promo 7.7 di Restoran, Minuman Kekinian, hingga Brand Fesyen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: