Panjat tebing (Sumber gambar: Unsplash/ Stephanie Tuohy)

Jadwal Atlet Indonesia di Olimpiade Selasa 6 Agustus 2024, Cabor Panjat Tebing Putra Mulai Bertanding

06 August 2024   |   14:23 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah wakil Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024 masih bertanding. Pada hari ini, Senin (6/8/2024) giliran cabang olahraga (cabor) panjat tebing putra yang baru akan melangsungkan pertandingan perdananya dalam format kualifikasi.

Dari cabor panjat tebing putra, ada dua atlet Indonesia yang akan berlaga, yakni Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo. Dua andalan panjat tebing Indonesia ini harus bersaing dengan atlet lain untuk mendapatkan catatan waktu terbaiknya dan lolos dari babak kualifikasi ini.

Mereka berdua mulanya akan menjalani sesi kualifikasi unggulan terlebih dahulu pada pukul 13.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Pertandingan akan berlangsung di Le Bourget Climbing Venue.

Setelah itu, sekitar 35 menit kemudian, kedua atlet Indonesia ini akan kembali mengikuti babak kualifikasi eliminasi di nomor speed putra. Lokasi pertandingan akan berlangsung di lokasi yang sama. 

Baca juga: Profil Atlet Speed Climbing Desak Made Rita Kusuma Dewi yang lolos ke Perempat Final Olimpiade 2024

Rahmad dan Veddriq kini menjadi tumpuan di sektor panjat tebing putra. Keduanya telah memiliki berbagai capaian menarik sebelum akhirnya bisa berlaga di Olimpiade Paris 2024. 

Rahmad pada 2022 lalu masih berada di peringkat 16 dunia di kategori Speed Putra. Namun, hanya berselang satu tahun, yakni pada 2023, peringkatnya naik ke posisi 5 di kategori serupa. 

Hal ini tak lepas dari prestasinya yang moncer. Pada 2023 lalu, di kejuaraan dunia, Rahmad berhasil berada di peringkat ketiga dalam kategori Speed pria di Bern, SUI, dengan catatan waktu mengesankan 5,05. Rahmad lalu berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah memenangkan gelar kecepatan di Kualifikasi Asia IFSC 2023 di Jakarta, Indonesia. 

Di laman resmi Olimpiade, Rahmad juga menuliskan ambisinya dalam mengikuti turnamen tahun ini. “Untuk memenangkan medali emas Olimpiade, saya akan tampil sebaik-baiknya dan memberikan yang terbaik untuk negara,” tulisnya.

Sementara itu, Veddriq juga punya catatan apik. Dia merupakan juara ajang Climbing World Cup pada 2021, 2022, dan 2023. Selain itu, atlet asal Pontianak ini juga pernah meraih perunggu pada Asian Games 2022 serta emas kejuaraan Asia.

Kini, kedua andalan Indonesia di panjat tebing pria akan bertarung demi lolos kualifikasi dan masuk ke delapan besar agar masuk putaran final.

Sehari sebelumnya, dua atlet panjat tebing putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah telah berlaga di babak kualifikasi. Keduanya dipastikan berhasil melaju ke babak perempat final Olimpiade Paris 2024, setelah tampil impresif di babak kualifikasi pada Senin (5/8/2024) malam WIB.

Berikut Jadwal Cabor Panjat Tebing Putra (Selasa, 6 Agustus 2024): 

Kategori: Speed Putra, Kualifikasi Seeding Heats
Atlet Bertanding: Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono
Venue: Le Bourget Climbing
Pukul: 18.00 WIB

Kategori: Speed Putra, Kualifikasi Elimination Heats
Atlet Bertanding: Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo 
Venue: Le Bourget Climbing
Pukul: 18.35 WIB 

Baca juga: Profil Pebulu Tangkis China Huang Ya Qiong yang Dilamar Menikah Setelah Meraih Emas di Olimpiade Paris

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Penampakan Bangunan & Kamar Atlet Olimpiade Paris 2024 yang Diklaim Ramah Lingkungan

BERIKUTNYA

Mengapa Hunian di Prancis Enggak Pakai AC? Ini Penyebab & Aturan Pasangnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: