Huang Ya Qiong saat di Olimpiade Tokyo (Sumber gambar: BWF)

Profil Pebulu Tangkis China Huang Ya Qiong yang Dilamar Menikah Setelah Meraih Emas di Olimpiade Paris

06 August 2024   |   08:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain menampilkan aksi dari para atlet, ajang Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Prancis, juga menghadirkan kisah-kisah unik. Salah satu di antaranya adalah atlet bulu tangkis asal China di sektor ganda campuran bernama Huang Ya Qiong yang dilamar oleh sang kekasih setelah meraih medali emas.

Huang Ya Qiong mendapatkan lamaran dari sang kekasih di ajang Olimpide 2024 setelah memperoleh medali emas. Huang mendapatkan lamaran dari sang kekasih yang bernama Liu Yu Chen.

Huang Ya Qiong bukan orang baru dalam olahraga bulu tangkis. Atlet asal China itu merupakan pemain di sektor ganda campuran bersama dengan Zheng Si Wei ketika bermain di ajang Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Dampak Cedera ACL yang Menghentikan Langkah Atlet Bulu Tangkis Carolina Marin di Olimpiade Paris 2024

Dikutip dari laman BWF, Huang Ya Qiong adalah wanita kelahiran Quzhou, China. Namun, pada saat ini, dia tinggal di Beijing. Wanita dengan tinggi 165 cm itu lahir pada 28 Februari 1994 dan pengguna tangan kanan saat bermain bulu tangkis.

Pada saat ini, sang atlet tersebut menempati peringkat 1 dunia di sektor ganda campuran. Dalam berkarier sebagai atlet, Huang tercatat telah meraih sejumlah penghargaan. Dia pernah menjadi pemain Wanita Terbaik pada 2018 dan 2019 oleh BWF.

Selain itu, dia juga menjadi Atlet Elit Kelas Internasional atau Elite Athlete of International Class oleh General Administration of Sport of China. Prestasi dan penghargaan Huang sebagai pemain bulu tangkis diraih dengan upaya keras dan konsistensi.

Dia tercatat telah bermain bulu tangkis pada usia yang masih muda, yakni 8 tahun. Tidak hanya itu, dia juga pernah bermain di sektor ganda wanita sebelum bermain di sektor ganda campuran. Kemudian, Huang juga pernah berada di urutan atau peringkat ratusan sebelum menjadi pemegang peringkat 1 dunia.

Ya, di sektor ganda putri, dia tercatat telah dipasangkan oleh banyak atlet Selain Yu Xiao Han. Atlet yang pernah berpasangan dengan Huang di sektor ganda putri adalah Zhong Qian, Ma Jin, Tang Jin Hua, Tang Yuanting, Xia Huan, Huang Dong Ping, Zhu Mai Ci, Luo Yu, dan Zhong Qianxin.

Huang mulai memerankan karier sebagai pemain ganda campuran pada 2013. Pada saat itu, sebelum berpasangan dengan Zheng Si Wei, dia pernah menjadi partner Chen Zhuofu, Kang Jun, Wang Yi Lyu, Lu Kai, dan Ou Xuan Yi. Saat bermain sebagai ganda campuran, peringkatnya juga mengalami naik dan turun.

Sang atlet juga tercatat pernah mengikuti berbagai macam turnamen bulu tangkis sebagai ganda putri maupun ganda campuran. Turnamen itu seperti Macau Open 2014, Hong Kong Open, dan sebagainya.

Dalam perjalanan kariernya, dia pernah berhadapan dengan atlet Indonesia. Saat berpasangan dengan Zhong Qianxin, dia berhasil mengalahkan ganda putri Indonesia Suci Rizky Andini & Tiara Rosalia Nuraidah di ajang Macau Open 2014.

Di Indonesia Open 2024, dia bersama dengan Zheng SI Wei berhasil menaklukan Rehan Naufal Kusharjanto & Lisa Ayu Kusumawati. Sementara di ajang Olimpiade 2024, sang atlet berhasil menumbangkan Rinov Persaingan & Pitha Haningtyas Mentari.

Sebelum meraih emas dan mendapatkan lamaran dari sang kekasih, Huang bersama partnernya berhasil mengalahkan para pemain dari Jepang di babak semifinal dan Korea Selatan di final babak Olimpiade 2024.

Penampilan Huang bersama dengan sang partner cukup apik karena mampu mengalahkan lawan-lawannya dalam dua set. Saat di semifinal, mereka mengalahkan pasangan Yuta Watanabe dan Arisa Higashino dengan skor 21-14 dan 21-15. Di final, mereka merebut emas setelah mengalahkan pasangan Kim Won-ho & Jeong Na-eun dengan skor 21-8 dan 21-11. 

Baca juga: Profil Yusuf Dikec, Atlet Menembak Bergaya Santai di Olimpiade Paris 2024

Perolehan medali emas di Olimpiade Paris 2024 membuatnya kembali mencatatkan namanya sebagai peraih medali mengingat pada ajang yagn sama di Tokyo pada 2020 sang atlet juga berhasil meraih medali perak. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Sungai Seine yang Menjadi Tempat Pembukaan Olimpiade Paris 2024

BERIKUTNYA

Musisi Berdarah Indonesia-Singapura Lullaboy Satukan Identitas dan Emosi dalam Album Baru Coming Home

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: