Ilustrasi menonton film. (Dok. alevision.co dari Unsplash)

5 Rekomendasi Film Dokumenter yang Patut Ditonton di Hari Laut Sedunia

08 June 2021   |   15:53 WIB

Hari Laut Sedunia enggak semata-mata hanya bisa dilakukan dengan melakukan aksi maupun kampanye. Namun ada cara lain yang bisa kalian lakukan, yaitu dengan menonton film dokumenter. 

Menonton film dokumenter memang memberikan pengalaman yang asyik, tapi di saat yang sama juga bisa memberikan berbagai ilmu dan pengetahuan baru yang bisa membuka mata tentang realitas kehidupan flora dan fauna di laut. Dengan begitu kita lebih peduli terhadap kehidupan di bawah laut sana. 

Agar kalian tahu, setiap 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia dengan tujuan agar kita semakin peduli terhadap laut. Seperti kita tahu, laut telah menjadi sumber penghidupan bagi seluruh mahluk hidup di dunia.
Tetapi keberadaannya terancam oleh limbah dan aktivitas yang merusak lainnya.

Hypeabis.id punya lima rekomendasi judul film dokumenter yang bisa kalian tonton melalui beberapa platform seperti Youtube atau layanan streaming seperti Netflix. Penasaran apa saja film-filmnya? Simak daftarnya di bawah ini!

1. The Language of Whales
 

Film dokumenter yang dirilis oleh Deutsch Welle ini membahas tentang pola antara perilaku dan vokalisasi pada paus orca melalui analisis kecerdasan buatan oleh sekelompok peneliti komputer dan biologi yang mengarah pada penerjemahan bahasa dari hewan tersebut.

Dalam dokumenter ini, ada beberapa fakta yang bisa diketahui penonton seperti adanya 50 bahasa yang berbeda dari paus orca serta adanya kisah pertemuan antara salah satu paus orca dengan keluarganya.

2. Chasing Coral
 

Salah satu film dokumenter dari layanan streaming Netflix ini berfokus pada pesan tentang pentingnya terumbu karang bagi keseluruhan ekosistem laut serta adanya bahaya terhadap kerusakan terumbuh karang atau coral bleaching yang disebabkan karena hangatnya suhu air laut sebagai salah satu akibat dari perubahan iklim.

Dokumenter ini menghadirkan keindahan terumbu karang sekaligus mirisnya kerusakan terumbu karang dalam berbagai teknik pengambilan gambar, salah satunya adalah penggunaan teknik time-lapse untuk menunjukkan evolusi terumbu karang di dunia.

3. Out Planet - Coastal Seas
 

Berfokus ada kekayaan laut beserta dengan keindahannya, film dokumenter dari Netflix ini mengajarkan bahwa berbagai spesies laut memiliki hubungan yang saling bergantung satu sama lain. Contohnya adalah peran ikan paus dalam menjaga keseimbangan terumbu karang.

Menariknya, dokumenter ini dinarasikan oleh sejarawan lingkungan asal Inggris, David Attenborough.

4. Our Planet - High Seas
 

Berbeda dengan dokumenter Our Planet - Coastal Seas, dokumenter ini lebih banyak mengeksplor tentang kehidupan berbagai spesies laut yang terletak di bagian laut yang lebih dalam. Penonton akan menemukan berbagai satwa laut dnegan rupa yang lebih unik dan memiliki tampilan yang lebih seram di dalam bagian laut yang lebih dalam.

Tidak hanya menampilkan visual yang menarik, ada pun David Attenborough kembali mengisi dokumenter ini sebagai narator.

5. Deep Ocean: Lost of the Pacific 
Dibagi menjadi dua bagian, dokumenter yang juga dinarasikan oleh David Attenborough ini juga megeksplor lebih dalam tentang ekosistem laut yang terletak di bagian dalam laut.
 

Bagian pertama lebih membahas tentang eksplorasi laut oleh ilmuwan biologi laut Mark Erdmann dan timnya ke dalam bagian dalam laut menggunakan sebuah kapal selam untuk mengamati beberapa spesies laut yang beberapa di antaranya sudah hidup sejak zaman purbakala. Sementara itu, bagian kedua akan lebih berfokus pada penjelajahan satwa unik yang ada di bagian dalam laut.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

TikTok Ajak Seniman Muda Berbagi Karya & Inspirasi Lewat Konten Edukasi

BERIKUTNYA

Perhatikan 4 Strategi Ampuh Siapkan Dana Haji

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: