Ajang Olimpiade 2024 diselenggarakan di Paris, Prancis (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Pixabay)

5 Fakta Menarik Sungai Seine yang Menjadi Tempat Pembukaan Olimpiade Paris 2024

06 August 2024   |   07:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sungai Seine menjadi perhatian pada tahun ini lantaran pemerintah Prancis memilih pembukaan ajang olahraga Olimpiade 2024 di area sungai tersebut. Sungai yang memiliki peran penting di Paris itu memiliki sejumlah fakta menarik, dari sungai terpanjang kedua sampai saksi sejarah perkembangan kota. 

Berbeda dengan yang selama ini terselenggara, pembukaan ajang olahraga Olimpiade pada 2024 di Paris, Prancis, yang diikuti oleh kontingen atlet dari berbagai negara dunia itu diadakan di luar stadion, yakni di Sungai Seine.

Pada saat itu, ribuan atlet berparade di atas perahu di sepanjang Sungai Seine di hadapan ratusan ribu penonton dari berbagai dunia. Para atlet yang bertanding menyapa banyak orang dari atas kapal yang melaju di atas sungai.

Baca juga: Keunikan Olimpiade Paris 2024: Medali Terbuat dari Potongan Menara Eiffel

Pembukaan ajang Olimpiade Paris, Prancis ini pun menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya diadakan di atas sungai dan tidak hanya di luar stadion.

Sungai Seine menjadi pilihan penyelenggara dalam mengadakan acara pembukaan Olimpiade Paris, Prancis 2024 bukan tanpa sebab. Sungai ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat di Paris sejak lama.

Aliran air ini telah menjadi salah satu bagian penting bagi masyarakat Prancis dalam beraktivitas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta menarik tentang Sungai Seine:


1. Daya tarik utama Sungai Seine

Sungai Seine yang berada di Paris, Prancis merupakan salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke negeri ini. Para turis dapat melakukan banyak hal terkait dengan sungai ini.

Wisatawan dapat berjalan-jalan di tepi sungai atau bersepeda, makan di restoran-restoran yang menyuguhkan pemandangan sungai pada malam hari, dan sebagainya.


2. Saksi sejarah

Sungai Seine merupakan saksi sejarah perkembangan kota Paris. Bukan tanpa alasan, aliran air ini memiliki peran penting sejak era Romawi lantaran kerap menjadi salah satu jalur perdagangan yang sangat penting.

Tidak hanya itu, di sepanjang tepi sungai juga berdiri bangunan-bangunan bersejarah yang menunjukkan bahwa sungai ini adalah pusat peradaban masyarakat pada saat itu.


3. Sungai terpanjang kedua

Sungai Seine merupakan aliran air terpanjang kedua yang ada di Prancis setelah Loire. Sungai ini memiliki hulu di sebelah barat laut Dijon dan bermuara di Le Havre. Panjang sungai ini sekitar 485 mil atau lebih dari 700 kilometer.


4. Sungai Seine sebagai prasarana lalu lintas air

Fakta menarik lain tentang Sungai Seine adalah fungsinya yang menjadi prasarana transportasi lalu lintas air. Di sungai ini, Genhype dapat menemukan kapal-kapal wisata yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati keindahannya atau keindahan bangunan yang ada di sekitarnya.
Selain itu, kalian juga dapat menemukan kapal lain selain kapal wisata yang lalu-lalang mengangkut barang atau logistik.


5. Cetak rekor tempat pembukaan Olimpiade pertama di sungai

Fakta lain tentang Sungai Seine adalah aliran air ini menjadi yang pertama sepanjang sejarah sebagai tempat pembukaan ajang olahraga Olimpiade di sungai. Sebelumnya, pembukaan olahraga yang melibatkan banyak atlet dari berbagai negara itu selalu diadakan di dalam stadion yang megah. 

Baca juga: Menilik 5 Museum Megah dan Indah di Paris Prancis

Pada ajang tahun ini, penyelenggara memutuskan untuk menggunakan Sungai Seine sebagai tempat pembukaan. Tidak hanya itu, konsep acara yang diadakan di aliran air ini juga berbeda dengan banyak konsep yang pernah diadakan. Para delegasi berada di atas kapal untuk menyapa masyarakat. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

The Guardian of Nusantara Karya Alffy Rev x Once Mekel Siap Rilis 17 Agustus 2024

BERIKUTNYA

Profil Pebulu Tangkis China Huang Ya Qiong yang Dilamar Menikah Setelah Meraih Emas di Olimpiade Paris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: