Kevin Sanjaya (kanan) pernah berlaga di sejumlah pertandingan nasional dan global, salah satunya adalah Singapore Open 2019. (Sumber gambar: Badminton World Federation)

Rayakan Ulang Tahun Ke-27, Simak Prestasi Pebulu Tangkis Kevin Sanjaya

02 August 2022   |   15:24 WIB

Hari ini, Selasa (2/8/2022), pebulu tangkis Kevin Sanjaya berulang tahun ke-27. Laki-laki kelahiran tahun 1995 itu dikenal sebagai separuh dari ganda putra Minion bersama Marcus Gideon serta kemampuannya dalam bermain dengan cepat dan tahan banting dalam setiap pertandingan. 

Kemampuannya sebagai tim bersama Marcus membuat keduanya mendapatkan sejumlah penghargaan seperti BWF Best Male Player of the Year selama dua tahun berturut-turut pada 2017 dan 2018 serta masuk nominasi yang sama pada 2019. Tidak hanya itu, dia juga mendapatkan penghargaan dari sejumlah institusi serta memenangkan sejumlah pertandingan bergengsi berskala Asia dan global sejak 2011.

Baca juga: Kenalan Yuk Sama 5 Pria Punggawa Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas

Yuk simak beberapa pencapaian yang didapatkannya selama kurang lebih 11 tahun berkarier:
 

1. BWF World Tour

Acara yang diselenggarakan sejak 2018 sampai 2021 ini hadir dalam enam tingkatan: Super 500, Super 1000, Super 750, Super 300 (bagian dari HSBC World Tour), BWF Tour Super 100, dan World Tour Finals. Bersama dengan Marcus Gideon, Kevin mendapatkan 19 kemenangan dan lima runner-up dalam sejumlah pertandingan di Indonesia, India, Prancis, Denmark, Malaysia, Hong Kong, Inggris, dan lain-lain.

Kevin memiliki kemenangan terbanyak selama 2018 dengan delapan medali emas dan satu perak serta 2019 dengan delapan medali emas. Kemenangan yang cukup ikonik adalah di Indonesia Masters dan Indonesia Open serta All England Open.
 

2. BWF Superseries

Dari 12 pertandingan dalam gelaran Superseries, Kevin bersama Marcus memenangkan 10 medali emas dan dua medali perak selama penyelenggaraan pada 2016-2017. Penyelenggaraan rangkaian turnamen elit untuk pemain bulu tangkis yang dianggap sukses itu hadir di India, Australia, China, All England, Hong Kong, Dubai, Jepang, Korea, dan lain-lain.

Menariknya, beberapa pertandingan ini sering mempertemukan Marcus-Kevin dengan beberapa pasangan ganda putra bulu tangkis seperti Angga Pratama-Ricky Suwardi dari Indonesia, Mathias Boe-Carsten Mogensen dari Denmark, dan Liu Cheng-Zhang Nan dari China.
 

3. Olimpiade Tokyo 2020

Diselenggarakan pada 24 Juli-2 Agustus 2021, Olimpiade Tokyo 2020 cabang bulu tangkis ini membawakan Kevin dan Marcus sebagai salah satu finalis perempatan final dengan dua kali kemenangan dalam tahapan Men's Double Group A Round Robin. 

Meski capaian ini cukup baik, langkah keduanya terhenti saat melawan pasangan ganda dari Malaysia yaitu Aaron Chia dan Soh Wooi Yik hingga akhirnya hanya memainkan lima dari sembilan pertandingan. Posisi terakhir yang tercatat dalam situs resmi BWF menunjukkan bahwa pertandingan terakhir adalah kategori eliminasi.
 

4. Asian Games 2018

Pada 23-28 Agustus 2018, Kevin dan Marcus mendapatkan kemenangan di posisi pertama dalam delapan pertandingan Asian Games 2022. Kemenangan ini terjadi dalam 14 dari 18 permainan tidak lepas dari rebound selama beberapa kali dalam permainan, di mana ada beberapa permainan yang sempat ditambah karena skor yang seri.

Babak akhir dari pertandingan ini sempat mengalami ketegangan dengan permainan yang intens dari lawan mereka yaitu Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.
 

5. BWF Grand Prix

Dari enam pertandingan selama 2014-2016, Kevin sempat mendapatkan empat medali emas dan dua medali perak. Pasangan dalam pertandingan ini sempat berganti, di mana pada 2014 Kevin masih bersama dengan Selvanus Geh dan sejak 2015 hingga akhir masa pertandingan Grand Prix dia bersama dengan Marcus dan dan Wahyu Nayaka.

Dengan dua kategori turnamen, yaitu Grand Prix dan Grand Prix Gold, Kevin mendapatkan medali emas di Indonesia Masters 2014 dan 2016, New Zealand Open 2014, Chinese Taipei Masters 2015, dan Malaysia Masters 2016.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ross & Rocky Lynch Bikin Duo The Driver Era, Rilis Single Malibu

BERIKUTNYA

Gamers Merapat, Steam Hingga DOTA Sudah Bisa Diakses Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: