Isyana Sarasvati saat latihan Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Isyana Sarasvati Rasakan Deja vu Saat Latihan Pagelaran Sabang Merauke 2024

05 August 2024   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Suara Isyana Sarasvati mulanya mengalun pelan. Lantunan tembang berbahasa daerah yang dibawakannya terdengar merdu. Terkadang, nada-nada indahnya yang lembut seketika diubahnya jadi nada tinggi, menekankan satu bait yang penuh emosi, juga memainkan interpretasi.

Di Balai Resital Kertanegara, nyanyian Isyana Sarasvati tersebut melebur dengan gesekan biola, harpa, dan ragam alat musik orkestra lain yang mengikuti liak-liuk tongkat baton konduktor Avip Priatna.

Sore itu, Isyana, Avip Priatna, dan para musisi orkestra lain sedang menggelar latihan perdana pagelaran Sabang Merauke, satu pertunjukan megah yang kerap disebut The Indonesian Broadway, hasil inisiasi IForte bersama BCA.

Baca juga: Siap Dihelat, Cek Fakta Unik Pagelaran Sabang Merauke: Pahlawan Nusantara

Pagelaran Sabang Merauke 2024 akan menjadi partisipasi kedua bagi Isyana, setelah dirinya sebelumnya juga turut terlibat pada edisi 2023. Bagi Isyana, kembali tampil di panggung musikal bercitarasa Broadway ini selalu jadi momen-momen yang menyenangkan.

Sekitar 60 menit telah berlalu, Isyana merampungkan proses latihannya dengan lancar. Saat keluar ruang latihan, sesekali dia tampak masih mendendangkan lagu-lagu yang tadi dibawakannya, dengan sedikit menggumam.

“Hari ini adalah hari pertama latihan orkestra yang gabungan. Tadi proses latihannya lancar dan seru juga ya,” ucap Isyana ketika ditemui Hypeabis.id seusai latihan.

Roman wajahnya seketika semringah. Latihan tadi mengingatkan Isyana pada proses yang sama yang tahun lalu juga dilakukannya. Menurutnya, tampil di pertunjukan musikal memang selalu membutuhkan proses latihan yang lebih matang.

“Ya, rasanya de javu aja. Karena tahun lalu aku juga ikutan kan. Ada dua lagu yang aku bawakan itu sama dengan tahun lalu, dan ada satu lagu baru di pertunjukan nanti,” jelasnya.
 

Isyana Sarasvati saat latihan Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Isyana Sarasvati saat latihan Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Pada pertunjukan nanti, Isyana akan membawakan lagu dari tiga daerah berbeda, yakni Bengkulu, Jawa Barat, dan Maluku. Nama terakhir ini adalah yang baru, yang pada pertunjukan edisi sebelumnya belum pernah dibawakan.

Isyana akan menyanyikan satu lagu dari daerah Maluku berjudul Hela Rotane. Meski cukup menantang, lagu ini belakangan jadi menarik baginya untuk terus dikulik.

“Tidak hanya lagunya, dari koreografinya juga agak lebih kompleks dari lagu-lagu yang lain,” imbuhnya.
Di pertunjukan nanti, Isyana juga akan bernyanyi sekaligus membawakan peran sebagai pahlawan perempuan asal Maluku, Martha Christina Tiahahu.

Isyana mengatakan pekan ini fokus latihannya ialah lebih pada bagian musik. Pekan depan, dirinya akan mulai bergelut menyelaraskan musik, nyanyian, dan koreografi dalam latihan gabungan yang akan digelar di Yogyakarta.

Sementara itu, konduktor Avip Priatna mengatakan proses latihan perdana secara umum berlangsung lancar. Dalam latihan ini, musisi orkestra, paduan suara, dan penyanyi untuk pertama kali berlatih bersama, setelah masing-masing menjalani latihan mandiri secara terpisah.

“Progresnya sih sejauh ini baik. Karena kan orkestra sebelumnya sudah latihan sendiri, paduan suara juga latihan sendiri, jadi hari ini ketemu bareng untuk menyamakan persepsi dan cara mainnya akan gimana,” jelasnya.

Sejauh ini, belum ada kendala yang berarti. Proses latihan berjalan dengan lancar. Avip menyebut biasanya proses penyesuaian akan terjadi ketika para musisi gladi bersih di venue pertunjukan.

Pagelaran Sabang Merauke akan digelar di JIEXPO Convention Center & Theatre, 17-18 Agustus 2024. Pertunjukan teatrikal kolosal ini akan membawakan cerita tentang para pahlawan Nusantara.

Cerita-cerita kepahlawanan dari tiap daerah akan disampaikan dalam kemasan panggung musikal yang megah. Pertunjukan ini juga bakal menyajikan keragaman musik tradisional, yang nantinya akan berpadu dengan unsur musik populer serta orkestra.

Pagelaran ini akan dimeriahkan oleh Isyana dan Yura Yunita dan 12 penyanyi lain. Mereka adalah Yuyun Arfah, Christine Tambunan, Alicia Hartono, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Gabriel Harvianto, Taufan Purbo, Swain Mahisa, Yan Yosua serta Alsant Nababan. Total, ada 325 seniman musik dan tari yang terlibat dalam pertunjukan ini.

Baca juga: Menilik Konsep Pagelaran Sabang Merauke, Bakal Hadirkan Sekuel Tema Pahlawan Nusantara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Strategi Unik Dayak Iban Menjaga Tradisi Wastra Tenun

BERIKUTNYA

Vendor Smartphone Tampil Beda Hadapi Perang AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: