Penampilan dari 3 koreografer Pagelaran Sabang Merauke (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Menilik Konsep Pagelaran Sabang Merauke, Bakal Hadirkan Sekuel Tema Pahlawan Nusantara

08 May 2024   |   13:57 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pagelaran Sabang Merauke (PSM) akan kembali dihelat pada tahun ini. Inisiasi agenda seni dari Iforte dan BCA tersebut bakal kembali menyuguhkan pagelaran teatrikal kolosal yang spektakuler di JIEXPO Convention Center & Theatre, 17-18 Agustus 2024.

Memasuki edisi kelima, pertunjukan yang disebut-sebut sebagai The Indonesian Broadway ini mengusung konsep baru dengan dibukanya audisi untuk para penari. Sebanyak 22 penari dari berbagai daerah akan dipilih untuk ikut dalam pagelaran yang memadukan kesenian teater, musikal, dan tari ini.

Tak hanya itu, pagelaran edisi kali ini juga akan makin menarik karena menyajikan cerita sekuel dari tahun sebelumnya. Alih-alih menghadirkan cerita baru yang terpisah, dalam edisi kelima kali ini justru PSM 2024 masih akan mengusung tema besar Pahlawan Nusantara dan melanjutkan cerita sebelumnya. 

Baca juga: Road to Pagelaran Sabang Merauke, 50 Penari Lintas Daerah Siap Unjuk Gigi di The Audition

Sutradara Rusmedie Agus mengatakan cerita Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan melanjutkan kisah yang telah ditampilkan tahun lalu. Menurut pria yang karib disapa Memed ini, adanya benang merah ini membuat pagelaran edisi kelima diharapkan terasa lebih menarik.

Setahun lalu, Pagelaran Sabang Merauke bercerita tentang seorang kakek yang ingin mengenalkan seni budaya Nusantara kepada cucunya. Dalam cerita tersebut, sang kakek tersebut membawa cucunya berpetualang menikmati berbagai budaya Indonesia yang beragam.

“Nah, untuk tahun ini, ceritanya adalah perjalanan cucu tersebut mengenalkan seni budaya Indonesia kepada teman-teman yang satu generasi dengannya,” ungkap Memed di kawasan Jakarta Pusat.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @pagelaransabangmerauke


Memed mengatakan cucu dalam cerita ini rupanya memiliki semangat yang sama dengan kakeknya. Oleh karena itu, setelah mendapatkan cerita yang menarik dari sang kakek, dia pun ingin menyebarkannya lagi kepada teman-temannya.

Sang cucu ini pun nantinya akan berusaha untuk terus menyebarkan nasionalisme kepada teman-temannya. Dia bersama teman-temannya akan berusaha sekuat tenaga mencintai dan melestarikan kebudayaan dari berbagai daerah Indonesia.

Memed menyebut konsep cerita ini akan dibawakan dalam satu pertunjukan berdurasi kira-kira 2,5 jam. Selama pertunjukan berlangsung, penonton akan menyaksikan seni teatrikal, musik, dan tari dalam satu waktu.

Berbagai penampilan tersebut pun akan dibawakan dalam format medley seni dan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini diharapkan penonton pun bisa mengenal kekayaan budaya Tanah Air.

Koreografer Sandhidea Cahyo Narpati mengatakan representasi keragaman daerah dalam pertunjukan ini dalam mewujud dalam beberapa hal, dari musik yang dihadirkan, tarian yang ditampilkan, hingga visual maupun artistiknya.

"Nanti secara visual dan artistik, kami akan menjaga keasliannya dari masing-masing daerah. Kami kreasikan dan kembangkan, tetapi tidak kehilangan inti dari setiap daerah," imbuhnya.

Sementara itu, CEO iForte F. Aming Santoso mengatakan PSM 2024 merupakan upaya untuk menyuguhkan keragaman Indonesia melalui pagelaran seni. Di samping bentuk apresiasi korporasi terhadap kebudayaan, pertunjukan ini juga diharapkan menjadi medium mendekatkan seni tradisi nusantara kepada generasi muda.

"Kita ingin mempersembahkan mengenai kebudayaan dari berbagai daerah yang beragam tersebut dalam bentuk Pagelaran Sabang Merauke yang kita bikin kolosal dan spektakuler," ucap Aming.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @pagelaransabangmerauke


Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway telah dipentaskan empat kali, yakni pada 26 Maret 2022 di Prambanan, 3-5 Juni 2022 di Djakarta Theater, 12-13 November 2022 di Ciputra Artpreneur, dan 19-20 Agustus 2023 di JIEXPO Convention Center & Theatre Jakarta.

Dalam setiap edisinya, gelaran PSM selalu disambut antusias oleh para penikmat seni pertunjukan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya penonton yang hadir di lokasi pagelaran. Pertunjukan yang tadinya bersifat tertutup, sejak tahun lalu juga mulai dibuka untuk publik.

Tahun ini, Pagelaran Sabang Merauke akan kembali dipentaskan di JIEXPO Convention Center & Theatre Jakarta pada 17-18 Agustus 2024. 

Baca juga: Agnes Linggar Budhisurya Hadirkan Pagelaran Karya Dukung Misi Rumah Sakit Apung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Pendek Moi Aussi Karya Judith Godreche Bakal Tayang di Festival de Cannes 2024

BERIKUTNYA

Kenalan dengan 9 Juri Cannes Film Festival 2024, dari Greta Gerwig hingga Hirokazu Koreeda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: