Ilustrasi Gen Z yang punya good vibes. (Sumber gambar: Freepik)

5 Cara Bangun Good Vibes Ala Gen Z: Selektif Konsumsi Konten hingga Self Reward

06 August 2024   |   06:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Generasi Z terbilang memiliki preferensi gaya hidup yang jauh berbeda daripada generasi terdahulu, millenials dan baby boomers. Gen Z terbilang melek teknologi, mengutamakan keberlanjutan, dan lantang dalam mengutarakan pendapatnya. 

Menurut survei McKinsey beberapa waktu lalu, kelompok usia yang lahir antara tahun 1997-2012 ini sagat idealis dan bebas berekspresi untuk menjadi diri sendiri. Mereka juga menekankan good vibes di setiap rutinitas harian untuk mencapai keseimbangan dalam hidup. 

Baca juga: Mengenal Ciri-ciri Mood Swing, Perubahan Suasana Hati yang Tak Terkendali

Artinya, Gen Z tidak takut untuk pergi dari lingkungan yang tidak sehat atau bahkan memutuskan hubungan dengan orang-orang yang toxic.  Seperti apa cara generasi ini mempertahankan nuansa positif tersebut? Berikut lima rahasia menjaga good vibes ala Gen Z.


1. Memprioritaskan kesehatan (wellness)

Salah satu ciri khas Gen-Z adalah kemampuan yang kuat untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mereka. Dari menerapkan gaya hidup sehat sampai menjaga work-life balance.

Gen Z selalu menemukan cara-cara unik untuk hidup yang seimbang. Mereka berupaya mengelola stres seperti mendengarkan musik selagi bekerja atau melakukan ritual morning affirmation setiap pagi.


2. Olahraga rutin

Berolahraga merupakan aktivitas yang menjadi prioritas untuk dilakukan secara rutin oleh Gen Z. Mulai dari kardio seperti jogging atau bersepeda hingga olahraga low impact seperti yoga dan pilates. 

Buat kalian yang ingin ikut rutinitas Gen Z dalam menjaga kesehatan kebugarannya, sisihkan 20 - 30 menit untuk berolahraga ringan sebelum bekerja guna meningkatkan level serotonin di tubuh. Barengi olahraga ringan dengan musik untuk meningkatkan kebahagiaan sepanjang hari.


3. Gunakan transportasi umum

Alih-alih menggunakan kendaraan pribadi yang membuat sakit kepala karena macetnya jalanan di ibu kota, mayoritas Gen Z lebih suka menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda dan transportasi umum.

Toh saat ini transportasi umum kian modern, seperti MRT, LRT, dan TransJakarta. Jarak tempuhnya juga semakin cepat. Dengan menggunakan transportasi umum, Gen Z bisa menikmati musik favorit atau menonton film sambil menunggu sampai di tempat tujuan. 


4. Self-reward

Gen-Z seringkali menyebut kata self-reward, artinya memberikan sesuatu kepada diri sendiri agar membuat diri kita merasa lebih senang. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, kegiatan simpel seperti work from cafe, bekerja sambil menikmati secangkir kopi juga bisa menjadi self-reward yang efektif untuk mengurangi kepenatan dari rutinitas harian yang monoton di kantor.


5. Konsumsi konten media sosial yang berkualitas

Konten sosial media semakin beragam, termasuk konten tidak baik yang justru memperburuk kondisi mental. Oleh karena itu, mulailah konsumsi konten seperti kisah-kisah inspiratif, self-help book, konten self-care, dan konten lainnya yang membuatmu bahagia. 

Baca juga: Nikmati Manfaat Grounding Ritual dengan Wewangian Buat Memperbaiki Mood

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ayam Goreng Hong Kong ala Chef Devina Hermawan yang Gurih Pedas

BERIKUTNYA

Cek Formasi dan Jadwal Seleksi CPNS 2024, Dibuka Agustus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: