Ayam Goreng Hong Kong ala chef Devina Hermawan (Sumber foto: YouTube/Devina Hermawan)

Ayam Goreng Hong Kong ala Chef Devina Hermawan yang Gurih Pedas

06 August 2024   |   07:14 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Ayam Goreng Hong Kong merupakan hidangan yang terkenal dengan kombinasi dari bumbu marinasi, saus, dan sambal memberikan keseimbangan antara rasa gurih, manis, pedas, dan sedikit asam. Tekstur renyah dari ayam goreng, dipadukan dengan saus yang kental menjadi perpaduan pas.

Ayam Goreng Hong Kong biasanya disajikan dengan nasi putih, timun segar, dan daun ketumbar sebagai hiasan. Minyak bawang putih goreng juga sering ditambahkan untuk memberikan aroma dan rasa tambahan.

Baca juga: Resep Tteokbokki Varian Pedas & Keju, Gampang Dibuat

Biasanya ayam goreng Hong Kong disajikan dengan saus yang terbuat dari bawang putih, jahe, dan bahan-bahan lainnya. Serta sambal yang pedas, yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, dan cuka. 

Berikut merupakan resep Ayam Goreng Hong Kong ala Chef Devina Hermawan yang dilansir dari channel YouTube miliknya: 

Bahan marinasi:
1 Kg Paha ayam
1/2 Sdm Garam
1 Sdm Gula pasir
1/2 Sdm Kaldu bubuk / penyedap
1/2 Sdt Merica
1/2 Sdt Bubuk ngohiong
1 Sdm Kecap hitam
2 Sdm Royco Saus TIram
2 Sdt Minyak wijen

Bahan lainnya:
6 Siung Bawang putih
1 Jempol jahe
2 Sdm Minyak
500 Ml Air
2 Sdm Maizena

Bahan sambal:
2 Siung Bawang putih
5 Buah Cabai keriting merah
10 Buah Cabai rawit merah
50 Ml Air
1/4 Sdt Garam
1 Sdt Gula pasir
1 Sdt Cuka

Bahan Pelengkap:
Daun ketumbar
Nasi putih
Timun
Minyak bawang putih goreng


Cara membuat Ayam Goreng Hong Kong

1. Langkah pertama adalah memarinasi ayam, campurkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, merica, bubuk ngohiong, kecap hitam, Royco Saus Tiram, dan minyak wijen.

2. Lumuri paha ayam dengan campuran bumbu marinasi, pastikan semua bagian ayam terbalut rata. Tutup wadah dan simpan di kulkas selama minimal 1 jam atau semalaman agar bumbu meresap.

3. Untuk membuat saus, haluskan bawang putih dan jahe, panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan 500 ml air ke dalam wajan, masukkan ayam yang telah dimarinasi, lalu masak dengan api kecil hingga ayam matang dan bumbu meresap. Larutkan 2 sdm maizena dengan sedikit air, lalu tuangkan ke dalam wajan sambil diaduk hingga saus mengental. Angkat dan sisihkan.

4. Untuk membuat sambal, haluskan bawang putih, cabai keriting merah, dan cabai rawit merah menggunakan blender atau cobek. Lalu panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga matang dan harum. Tambahkan air, garam, gula pasir, dan cuka ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga sambal mengental setelah itu angkat dan sisihkan.

5. Dalam menggoreng ayam, panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang. Goreng paha ayam hingga berwarna keemasan dan matang, sekitar 10-15 menit. Angkat dan tiriskan.

Baca juga: Resep Mi Bangladesh yang Gurih dan Mudah Dibuat di Rumah

6. Untuk Penyajian, sajikan ayam goreng di atas piring. Siram dengan saus yang telah dibuat. Hias dengan daun ketumbar, sajikan bersama nasi putih, timun, dan minyak bawang putih goreng. Lalu sajikan sambal sebagai pelengkap di samping ayam goreng.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Film & Serial Tayang Agustus 2024 di Netflix, Ada Emily in Paris Season 4

BERIKUTNYA

5 Cara Bangun Good Vibes Ala Gen Z: Selektif Konsumsi Konten hingga Self Reward

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: