Ilustrasi rancangan ruang dari desainer interior Ary Juwono yang akan tampil pada The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI. (Sumber gambar: Ary Juwono)

Pameran The Colours of Indonesia Siap Digelar, Cocok Buat yang Lagi Cari Inspirasi Tata Ruang Rumah

04 August 2024   |   20:03 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Desain ruang yang menampilkan estetika, menarik, hingga unik, menjadi idaman banyak keluarga. Namun, tidak sedikit yang bingung bagaimana cara mewujudkannya, terutama jika kamu tidak memiliki kemampuan menata ruang. 

Sejatinya, ada banyak inspirasi yang bisa Genhype dapatkan untuk mendapatkan desain ruang yang ideal sesuai impian. Salah satunya yakni datang ke pameran interior. 

Nah, buat Genhype yang baru punya rumah atau ingin menyegarkan nuansa ruang di dalam rumah, kamu bisa mencari inspirasi dari 12 desain interior yang bakal menggelar pameran The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI. Mengangkat tema Summer Home, acara ini bakal digelar di Main Atrium Senayan City Mal, Jakarta, pada 1-15 September 2024. 

Baca juga: Mengintip Interior The Twins, Rumah Mungil di Gang Sempit yang Sabet Architizer Awards

Pada pameran ini, nantinya pengunjung bisa menikmati hasil karya dari 12 designer interior ternama yang tergabung dalam ID12, tentu dengan ciri khasnya masing-masing. Mulai dari design living area dengan gaya casual, formal, lalu design kamar tidur, bar, hingga spa, bisa kamu dapatkan di pameran ini. 

Adapun ke-12 desainer interior dalam TCOI Chapter VI diantaranya, Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto S, Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie. Nama ID12 merupakan singkatan dari 12 Indonesia Interior Designers.

ID12 memiliki semangat yang sama dalam bidang desain. Para desainer interior ini juga berkontribusi menciptakan karya modern dan inovatif melalui The Colours of Indonesia yang digelar sejak pada 2014.

Ketua pelaksana TCOI Chapter VI Ary Juwono, menjelaskan TCOI Chapter VI akan menampilkan karya-karya terbaik dari para desainer interior yang mendesain Summer Home dari berbagai sisi. Summer Home ini diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk masyarakat atau yang sedang membangun rumah. “Sehingga bisa menjadi ide yang menarik untuk mereka," ujarnya, dikutip Hypeabis.id, Minggu (4/8/2024).

Buat kamu yang ingin berkunjung ke pameran, cukup buka website The Colours of Indonesia. Selanjutnya, daftar dan memilih hari yang diinginkan. 

Setiap pengunjung akan mendapatkan barcode yang akan menjadi tiket kunjungan. Ary menyebut pameran ini tidak dikenakan biaya alias gratis. "Pameran free ya!,” tegasnya. 

Selain pameran, ada berbagai aktivitas di lokasi yang bakal digelar. Beberapa diantaranya, podcast yang berbicara tentang design dan lingkungannya, talkshow,  launching buku tentang interior dari salah satu designer interior ID12, serta table discussion yang akan dibagikan ke public berupa video.

Ary menyampaikan akan ada juga kompetisi untuk mahasiswa. Hal ini karena ID12 juga ingin memberikan ilmu-ilmu yang mereka miliki kepada anak-anak muda. 

Menurut Ary, dengan pameran TCOI Chapter VI, industri interior design makin dekat dengan masyarakat. Dengan demikian, semakin banyak yang paham jika rumah ingin tertata dengan baik dan benar, menggunakan jasa desainer interior bisa menjadi pilihan yang tepat.

"Jadi, jika dulu hanya lihat referensi dari internet, mereka kan tidak mengajarkan kita flow-nya seperti apa. Design seperti ini menempatkan sofa seperti apa, nyamannya bagaimana, kombinasinya bagaimana. Itu sangat penting," tutur Ary.

Pameran yang disiapkan selama satu tahun ini diharapkan bisa menjadi daya cipta yang menarik pengunjung. Selain itu, menjadi sarana berbagi ilmu interior untuk masyarakat yang mengunjungi pameran. 

Baca juga: Inspirasi Desain Interior ala Jungalow, Hadirkan Hutan Tropis dalam Rumah

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Usung Wastra Indonesia, Intip 5 Karya Rancangan Desainer Muda di Fekdi x KKI 2024

BERIKUTNYA

Hal Menarik di Balik Gregoria Mariska Tunjung Raih Medali Perunggu di Olimpiade 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: