Koleksi MUFFEST+ 2024 (Sumber gambar: MUFFEST+)

MUFFEST+ 2024 Hadirkan Modest Fesyen dengan Sentuhan Modern yang Lebih Hype

03 August 2024   |   16:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perhelatan fesyen modest tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+, akan hadir kembali untuk kesembilan kalinya. Agenda tersebut pada tahun ini akan diselenggarakan pada 8-11 Agustus 2024 di Istora Senayan Jakarta.

Tahun ini, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bekerja sama dengan Gemalindo Kreasi Indonesia mengusung tema Flying to the Global Market, membawa MUFFEST+ ke level yang lebih tinggi dengan memproklamirkan fesyen modest Indonesia sebagai trendsetter di pasar lokal, nasional, maupun internasional, dan Indonesia sebagai pusat fesyen modest dunia.

Lantas, hal apa saja yang menarik di MUFFEST+ 2024? berikut rangkumannya.


1. Sentuhan modern dan fresh 

MUFFEST+ 2024 menonjol dengan suasana yang lebih modern dan fresh. Penyelenggaraan acara di Istora Senayan, yang dikenal sebagai pusat kumpulnya generasi Z dan milenial, menjadi salah satu langkah strategis untuk menjangkau audiens yang lebih muda.

Sesuai dengan temanya Flying to the Global Market, MUFFEST+ dibuat dengan penataan ambience yang unik, seolah-olah pengunjung berada di bandara internasional. Konsep ini dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan bagi para pengunjung, menggambarkan perjalanan fesyen modest Indonesia menuju pasar global.

Selain itu, gelaran fashion show kali ini juga tidak hanya menampilkan koleksi fesyen modest dari berbagai brand, tetapi juga disinergikan dengan performa musisi muda seperti HIVI! dan Voice of Baceprot. Penataan ambience yang menyerupai suasana bandara memberikan pengalaman yang unik dan menyegarkan bagi pengunjung, sesuai dengan tema acaranya. 

“MUFFEST+ tahun ini hadir dengan sentuhan baru yang lebih segar, menargetkan segmen yang lebih muda dengan konsep yang modern dan interaktif,” jelas Irvan Mahidin, CEO PT. Gemalindo Kreasi Indonesia.

Pihak penyelenggara ingin memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung, sehingga mereka merasakan atmosfer yang lebih dinamis dan sesuai dengan tren terkini.
 

2. Koleksi beragam dari 175 brand

Acara MUFFEST+ 2024 akan menampilkan koleksi fesyen modest yang beragam, dengan partisipasi dari 175 brand. Koleksi yang ditampilkan mencakup berbagai gaya, mulai dari street wear, evening wear, urban, kontemporer, hingga syar’i.

Pengunjung akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi inovasi dan keindahan dalam setiap karya yang dipamerkan, menunjukkan betapa beragamnya fesyen modest di Indonesia.

Desainer seperti Lisa Fitria, KAYO by Fey Kayo, BT Batik Trusmi, Level Up, Inara Rusli, SHI by Shireen Sungkar, Monika Jufry, dan Ivan Gunawan Prive akan menghadirkan koleksi terbaru mereka yang menggabungkan keindahan estetika dengan inovasi berkelanjutan. 

Selain itu, ada juga Trunk Show yang menampilkan koleksi dari desainer dan brand ternama seperti Lisa Fitria, KAYO by Fey Kayo, dan Ivan Gunawan Prive, memberikan preview eksklusif tentang karya yang akan ditampilkan di MUFFEST+.
 

3. Bawa konsep sustainable fesyen

MUFFEST+ tetap berkomitmen pada konsep sustainable fashion yang telah diperkenalkan sejak 2020. Tahun ini, fokus pada keberlanjutan tidak hanya melibatkan produk jadi, tetapi juga proses produksi dari hulu ke hilir.

Dengan demikian, produk-produk fesyen modest yang ditampilkan tidak hanya memiliki estetika yang tinggi tetapi juga mendukung tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat global.

“Komitmen kami pada sustainable fashion tetap kuat. Kami ingin memastikan bahwa setiap produk yang ditampilkan di MUFFEST+ tidak hanya memenuhi standar estetika dan inovasi, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan,” kata Lenny Agustin, National Chair Indonesian Fashion Chamber (IFC). 
 

4. Rangkaian kegiatan edukatif dan interaktif

Selain fashion show, MUFFEST+ 2024 juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukatif dan interaktif seperti seminar Fashion Trend Forecasting, talkshow, workshop, dan business matching. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang tren fesyen modest dan peluang bisnis yang bisa diambil oleh pelaku industri.

Sebagai bagian dari Kick-off MUFFEST+ 2024, akan diadakan sesi chit-chat dengan narasumber dari berbagai bidang, seperti Ita Rulina dari Bank Indonesia, Hikmah Rizka dari Bank Syariah Indonesia, dan Reviana Surya dari PT. Asia Pacific Rayon. Sesi ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan dan menggaungkan MUFFEST+ 2024 serta memberikan insight bagi pengunjung.

Baca juga: JF3 Fashion Festival 2024 Hadirkan 66 Desainer dengan Dua Tema Besar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Agenda Seni Agustus 2024, Ada SIPFest hingga ARTJOG

BERIKUTNYA

Shawn Mendes Siap Rilis Album Baru Berjudul Shawn 18 Oktober 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: