Ilustrasi memakai lip cream. (Sumber foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Mengenal Perbedaan Produk Kosmetik Bibir, dari Lip Tint sampai Lip Gloss

02 August 2024   |   09:11 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Dulu mungkin kita hanya mengenal lipstik sebagai kosmetik bibir, sekarang muncul berbagai jenis produk seperti lip tint, lip stain, lip cream, dan lip gloss. Walau fungsinya sama-sama untuk memberi warna dan mempercantik bibir, masing-masing produk memiliki karakteristik dan keunggulannya tersendiri.

Beberapa produk juga terdiri dari beragam tesktur sehingga menciptakan hasil akhir yang berbeda seperti seperti matte, satin, velvet, dan glossy. Selain mempercantik bibir, beragam produk ini juga memiliki khasiat seperti melembapkan, serta mencegahnya supaya tidak kering dan pecah-pecah.

Baca juga: Tips Memilih Warna Lipstik Sesuai dengan Undertone Kulit

Nah Genhype, yuk simak berbagai jenis produk kosmetik bibir berikut ini.
 

1. Lip Tint

Lip tint akan memberikan warna ringan dan alami yang tahan lama. Formulanya lebih cair atau berbentuk seperti gel, serta memberikan warna yang menyerap ke bibir sehingga menciptakan tampilan yang lebih natural. Produk ini cocok untuk penggunaan sehari-hari karena formulanya yang ringan dan tidak terasa berat di bibir.

Lip tint biasanya mengandung berbagai bahan untuk memberikan warna dan menjaga kelembapan bibir. Banyak lip tint memiliki kandungan berbasis air untuk memberikan tekstur yang ringan dan mudah menyerap. Ada juga kandungan minyak alami seperti minyak jojoba, minyak kelapa, atau minyak bunga matahari untuk memberikan kelembapan dan nutrisi tambahan pada bibir.
 

2. Lip Stain

Lip stain mirip dengan lip tint karena sama-sama memiliki formula yang cair seperti gel. Bedanya lip stain dirancang untuk menempel pada bibir selama berjam-jam tanpa perlu diaplikasikan ulang, bahkan setelah makan atau minum. Hasil akhirnya pun lebih matte dan mencolok, dibandingkan lip tint yang lembut, transparan, dan mudah dihapus.

Pemakaian lip stain cenderung membuat bibir kering karena produk ini tahan lama. Kamu disarankan untuk melakukan pengelupasan kulit bibir terlebih dulu. Gunakan lip exfoliator yang tidak hanya mengangkat sel kulit mati, tapi juga membuat bibir lembut dan kenyal.
 

3. Lip Cream

Lip cream memiliki tekstur krim lembut dan ringan, sehingga menghasilkan warna yang intens dan merata. Hasil akhir yang ditawarkan bisa bervariasi, mulai dari matte yang halus tanpa kilau, satin yang memberikan kilau lembut tanpa terlalu mengkilap, dan glossy untuk menciptakan kilauan ekstra pada bibir.

Produk ini juga sering kali mengandung bahan pelembap untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Lip cream yang diformulasikan khusus untuk melembapkan, biasanya mengandung bahan alami seperti minyak jojoba, minyak kelapa, atau minyak almond yang memberikan kelembutan dan menghidrasi bibir secara mendalam.

Ada juga shea butter atau cocoa butter yang memberikan lapisan perlindungan untuk membuat bibir terasa lembut, seeta vitamin E sebagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan bibir dan melindunginya dari kerusakan lingkungan.
 

4. Lip Gloss

Lip gloss memberikan tampilan yang glossy atau mengkilap dan berkilau, serta menambahkan efek volume pada bibir. Umumnya memiliki tekstur yang lembut dan agak lengket. Warnanya cenderung tipis dan natural, mulai dari transparan sampai pink yang lembut.

Lip gloss biasanya digunakan sebagai lapisan tambahan di atas lipstik atau lip cream untuk memberikan efek berkilau. Banyak lip gloss yang mengandung bahan pelembap seperti gliserin atau minyak alami untuk menjaga kelembapan bibir.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rizky Febian Gelar Tur Konser di 10 Kota, Rayakan Satu Dekade Berkarya

BERIKUTNYA

Panduan Mendampingi Anak Saat Periksa Mata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: