Ilustrasi kosmetik untuk bibir. (Sumber gambar : Freepik)

Pilih Lip Balm, Lip Butter, atau Lip Gloss? Cek Manfaatnya Dulu Yuk

05 February 2023   |   07:23 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Peralatan kosmetik kerap kali memiliki nama dan fungsi yang hampir serupa. Namun, alat perawatan dan kecantikan terutama untuk wanita itu sejatinya berbeda. Tidak terkecuali lip balm, lip gloss, dan lip butter yang mungkin kamu mengira itu ada produk yang sama hanya berbeda penyebutan.

Memang ketiga produk tersebut memiliki manfaat untuk perawatan bibir. Kendati demikian baik lip gloss, lip butter, dan lip balm memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing.

Seperti apa fungsi dari tiga produk kosmetik ini? Simak ulasannya berikut ini yuk, Genhype.

Baca juga: Ladies, Kenali Perbedaan Lipstik & Lip Cream Berikut Ini


1. Lip Balm

Disebut juga sebagai salep bibir, lip balm membantu melembabkan, menenangkan, hingga menyembuhkan bibir yang kering atau pecah-pecah. Beberapa produk juga menawarkan tabir surya uuntuk mencegah kerusakan bibir akibat sinar matahari. 

Lip balm yang bersifat menutrisi, menghidrasi, dan melembabkan bibir ini umumnya terbuat dari minyak dan bahan lain yang menciptakan lapisan pelembab dan pelindung pada kulit bibir. Beberapa bahan yang sering dipakai yakni mint dan chamomile.

Biasanya produk ini berupa krim yang dikemas dalam sebuah wadah kecil. Cara menggunakannya yakni menyolek lip balm pada wadah tersebut kemudian dioleskan ke bibir.

Walaupun memiliki fungsi yang bersifat menenangkan serta  mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, lip balm terkadang mengandung alergen yang memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena cara penggunaannya yakni mengoles menggunakan jari, kerap kali lip balm terkontaminasi. 

Untuk menghindari risiko kontaminasi dari virus maupun bakteri, disarankan sebaiknya mencuci tangan hingga bersih sebelum mengunakan lip balm. Jangan pula berbagai lip balm dengan orang lain ya.

Penting juga menghindari produk yang mengantuk bahan berbahaya seperti perajin, pewarna, petroleum, dan fenol. Pilih yang mengandung bahan alami saja. 


2. Lip Butter

Buat kamu yang membutuhkan nutrisi tambahan untuk bibir, bisa memilih lip butter. Produk ini dapat membuat bibir kamu terlihat sehat sepanjang hari.  

Lip butter juga menjaga keseimbangan kelembaban alami bibir, meningkatkan kembali tampilan dan nuansa alami bibir, dan membantu bibir tetap halus dan alami jika digunakan secara rutin. Jika lip balm bersifat melembabkan, lip butter lebih kepada menghidrasi bibir.

Lip butter biasanya terbuat dari campuran bahan alami atau nabati seperti shea butter, cocoa butter, olive butter, mango butter, alpukat mentega, dan masih banyak lagi. Teksturnya cenderung lebih creamy daripada lip balm

Sama seperti lip balm, lip butter mayoritas dikemas dalam wadah yang penggunaannya dengan jari. Namun, kini beberapa produk mengemasnya dalam stik. Lip butter bisa menjadi primer yang bagus sebelum mengaplikasikan lipstik.


3. Lip Gloss

Produk kecantikan populer yang mudah didapat ini hadir dalam berbagai warna untuk memberikan hasil akhir yang mengkilap atau berkilau pada bibir. Lip gloss menekankan tampilan akhir dan membantu warna pada bibir bertahan lebih lama.

Lip gloss biasanya dibuat dengan lilin, petroleum jelly, dan minyak. Berbeda dengan lip balm atau lip butter, lip gloss tidak menawarkan manfaat menghidrasi atau menyembuhkan. 

Kendati demikian, lip gloss membuat tampilan bibir kamu lebih berisi, menutupi garis bibir, menutupi warna bibir yang gelap, membuat riasan wajah lebih memesona, hingga bisa dipakai untuk riasan mata loh. Kamu bisa mengaplikasikan lip gloss sebagai eye topper.

Baca juga: Yuk Cek 3 Tipe Produk Riasan Bibir, Jangan Salah Pilih!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cara Pergi ke Distrik Seni Sarinah Menggunakan Transportasi Umum & Kendaraan Pribadi

BERIKUTNYA

Pendiri & Direktur Komunitas Bambu Menilai Minat Baca Masyarakat Indonesia Tidak Rendah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: