Stray Kids dan Jimin pecahkan rekor sebagai idol K-Pop pertama yang memuncaki Billboard. (Sumber: X/Stray_Kids).

Stray Kids dan Jimin Pecahkan Rekor K-Pop Sepanjang Sejarah di Billboard 2024

01 August 2024   |   13:30 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

K-Pop kembali memecahkan rekor dalam dunia musik. Kali ini, rekor tersebut dipecahkan oleh boy group Stray Kids dan Jimin, BTS, yang memuncaki Billboard 200 dengan album mereka yang bertajuk ATE dan MUSE. Secara berurutan, mereka menempati posisi pertama dan kedua dalam tangga lagu Billboard 200.

Dalam situs resminya, Billboard melaporkan bahwa ini adalah kali pertama dua album teratas di Billboard 200 adalah album K-Pop. Stray Kids berhasil mencetak sejarah sebagai grup pertama yang debut di posisi pertama dengan lima album pertama mereka yang memasuki tangga lagu.

Baca juga: Stray Kids ‘Gabung’ Marvel Cinematic Universe, Jadi Pengisi Soundtrack Deadpool 3

Dengan meraih total 231.000 penjualan album di Amerika Serikat, Luminate menobatkan Juli adalah bulan terbaik dan terbesar untuk K-Pop sepanjang 2024. Sedangkan, Jimin berhasil menjual 96.000 album yang membuat berhasil menduduki peringkat kedua dalam tangga lagu Billboard.

Bahkan dalam situs resminya, Forbes memuji pencapaian Stray Kids yang dinilai belum pernah gagal dalam mencapai posisi tertinggi dengan musik-musik mereka di tangga lagu. Pencapaian ini dinilai sebagai prestasi yang cukup langka dan menandai seberapa besar popularitas mereka, tak hanya di negara asalnya namun sudah mencakup tingkat internasional.

Adapun tangga lagu Billboard 200 memberi peringkat album paling populer minggu ini di Amerika Serikat berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dalam beberapa unit album dengan tingkat yang setara. Unit tersebut adalah penjualan album, album yang setara dengan lagu (TEA), dan album yang setara dengan streaming (SEA).

Untuk penjualan 231.000 album Stray Kids, ATE, penjualan album fisik mencapai 217.000. Sedangkan, 13.000 diantaranya adalah unit SEA. Sementara itu, 1.000 sisanya adalah unit TEA. Dengan angka yang cukup mengejutkan tersebut, maka tak heran bahwa ATE dinobatkan sebagai album terlaris minggu ini menurut Billboard.

Meskipun album ini belum berhasil mengalahkan penjualan album Taylor Swift bertajuk The Tortured Poets Department, penjualan album ATE ini berhasil menjadi penjualan minggu kedua terbesar selama tahun 2024 mengalahkan semua genre album lainnya. 

Sementara itu, untuk album MUSE, Jimin berhasil menjual 74.000 keping albumnya dari total 96.000 penjualan. Sedangkan, unit SEA mencapai 15.000, dan unit TEA sejumlah 7.000. Album ini bukan rekor pertama yang berhasil Jimin pecahkan. Album pertamanya yang bertajuk FACE pada 2023 juga berhasil menduduki peringkat kedua. 

Hanteo Chart Korea juga menempatkan album ATE di peringkat pertama dan MUSE di peringkat kedua untuk kategori mingguan. Namun, secara real-time, album Stray Kids menempati posisi kedua setelah dikalahkan oleh album MAMAMOO bertajuk TRAVEL. Album MUSE milik Jimin juga hanya berhasil menempati posisi 10 dalam real-time.

Baca juga: Stray Kids Umumkan Jadwal Tur Dunia dominATE, Konser di Jakarta Akhir 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Agate Gaet PQube Garap Gim Visual Novel Bergenre Fantasi-Romansa

BERIKUTNYA

Industri Kecantikan di Indonesia Tumbuh Pesat, Pasar Medical Aesthetic Diprediksi Cerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: