Warga berolahraga menggunakan TWS Galaxy Buds 3 Pro (Sumber gambar: Samsung)

Jangan Asal Beli, Begini Tip Memilih TWS untuk Olahraga 

30 July 2024   |   22:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perangkat elektronik yang bisa dipakai (wearable device) seperti earbuds atau true wireless stereo (TWS) makin populer. Peranti audio terbilang praktis dipakai dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Mulai dari menonton film, melakukan rapat daring, sampai mendengarkan musik saat berolahraga. 

Genhype, barangkali kerap melihat banyak orang menggunakan perangkat audio ketika melakukan olahraga, baik itu saat berlari maupun latihan gym di tempat fitness. Nyatanya, mendengarkan musik saat berolahraga punya banyak manfaat, sebagaimana dikutip dari National Center for Health Research

Baca juga: Genhype, Cek 3 Komponen Penting Ini Sebelum Beli TWS

Hal tersebut tidak hanya untuk menghilangkan rasa bosan, tapi bisa membantu meningkatkan kualitas latihan, yang dilakukan dengan meningkatkan stamina dan membuat suasana hati jadi lebih baik. Musik yang selaras dengan latihan, terbukti punya dampak positif dari sisi fisik dan psikologis. 

Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin menikmati musik sembari berolahraga, penting untuk memperhatikan beberapa hal terkait dengan perangkat audio yang digunakan. Tujuannya agar perangkat nyaman dipakai dan berfungsi secara maksimal. Apa saja itu? Berikut selengkapnya. 
 

1. Tahan air dan keringat 

Saat berolahraga, tubuh tentunya akan basah karena keringat. Hal ini bisa jadi membuat pemakaian earbuds atau TWS jadi tidak nyaman. Lebih parah lagi, perangkat audio yang tidak tahan air dan keringat bisa rusak secara perlahan karena kemasukan air. 

Untuk itu, carilah perangkat audio yang sudah memiliki sertifikasi ketahanan air. Ini biasanya ditandai dengan sistem IP Rating (tingkat ketahanan alat terhadap lingkungan). 

Dilansir dari Gizchina, earbuds yang cocok digunakan saat berolahraga idealnya punya peringkat minimal IPX4 yang berarti tahan cipratan ringan. Untuk latihan yang lebih intens, kalian bisa pilih perangkat dengan rating IP57 sampai IP68, yang umumnya mampu bertahan bahkan saat terendam air dalam waktu dan kedalaman tertentu. 
 

2. Fitur ANC 

Peredam kebisingan aktif atau active noise cancellation (ANC) merupakan fitur penting yang perlu ada di perangkat seperti TWS, terlebih saat dipakai untuk berolahraga. Teknologi ini akan menghilangkan suara-suara di sekitar, sehingga penggunanya bisa fokus menjalani latihan. 

Saat sedang berada di tempat fitness misalnya, fitur ANC berguna untuk mengisolasi bising dari suasana dan suara peralatan olahraga. Pastikan kalian mengetahui cara untuk beralih mode dengan cepat, sehingga bisa menyesuaikan kondisi saat harus tetap awas dengan lingkungan sekitar. 
 

3. Aksesibilitas 

Aksesibilitas yang dimaksud di sini terkait kemampuan perangkat untuk bisa terkoneksi dengan cepat dan kuat. Misalnya dengan Bluetooth 5.0, yang punya kecepatan transfer data dan jangkauan yang lebih baik. Dengan begitu, kalian bisa bebas bergerak ke tempat-tempat yang lebih jauh dari titik penyimpanan smartphone atau tablet. 

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa perangkat yang dimiliki punya kontrol yang mudah, intuitif, dan lancar. Baik itu untuk mengatur volume, mengganti lagu, sampai menjawab panggilan. 
 

4. Kenyamanan 

Selain memperhatikan hal-hal terkait teknis dan fitur perangkat, perkara kenyamanan juga perlu jadi perhatian khusus. Sebab, secanggih apa pun TWS yang dimiliki, jika tidak nyaman digunakan, maka hal itu tidak akan berarti banyak. 

Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan. Pilihlah model perangkat yang sesuai dengan kenyamanan masing-masing, apakah model fins, hook, atau yang lainnya. Bobot TWS juga perlu diperhatikan supaya tidak mengganggu. Selain itu, penting juga untuk memilih ear tip yang pas sehingga tidak mudah lepas. 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Fungsi hingga Jenis Headphone & Earbuds

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi Monitor Gaming & Bisnis Anyar Skyworth, Harga Terjangkau 

BERIKUTNYA

MVP Pictures Garap Film Pengantin Setan, Angkat Podcast Viral dari RJL 5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: