Ilustrasi olahraga di rumah. (Sumber gambar : Freepik/Partystock)

5 Cara Asyik Olahraga Kembalikan Berat Badan Ideal Setelah Lebaran

04 May 2024   |   10:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kenaikan berat badan kerap dialami banyak orang pasca libur Lebaran. Intensitas tinggi mengonsumsi makanan manis, berlemak, dan bersantan menjadi biang keroknya. Tentu kondisi ini jika dibiarkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan mengganggu kebugaran tubuh.

Coach of Fortis Calisthenics Rendra Aditya mengatakan penting untuk mengembalikan kembali berat badan ideal untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satunya yakni dengan berolahraga. Buat kamu yang ingin berat badannya kembali ideal, berikut beberapa tips olahraga dari Coach Rendra yang bisa dicoba. 

Baca juga: Nyeri Bahu Saat Olahraga? Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya


1. Pilih Olahraga yang Tepat

Ketika mulai kembali olahraga, awali dengan olahraga yang ringan untuk menghindari cedera, seperti jogging, bersepeda keliling lingkungan rumah, dan aktivitas ringan lain yang menyenangkan. Kamu juga bisa workout di rumah, dengan melakukan gerakan push upsquat, dan jumping jack.


2. Olahraga Bakar Lemak

Salah satu olahraga yang cocok untuk membakar lemak dan jauh dari membosankan adalah calisthenics. Olahraga yang satu ini melibatkan sebagian besar, bahkan seluruh tubuh. 

Rendra menyebut callisthenics cukup praktis karena bisa dilakukan tanpa menggunakan alat, hanya dengan memanfaatkan tubuh sebagai beban. Calisthenics juga punya banyak variasi agar kita tidak gampang boring, baik itu dari sisi gerakan maupun kecepatan gerak yang bisa kita improvisasi.


3. Jaga Konsisten

Poin yang satu ini sangat penting namun terbilang sulit dikerjakan. Untuk menjaga konsistensi dalam berolahraga, sebaiknya tentukan small goals dulu tapi yang spesifik. Misal, ingin bisa push up, ingin mengenakan pakaian dengan ukuran yang lebih kecil, atau ingin bisa berlama-lama menggendong anak tanpa sakit punggung. “Dari small goals tersebut, kita bisa upgrade terus goalsnya ketika telah berhasil dicapai salah satunya,”  ujar Rendra.


4. Ikuti Irama Musik

Mendengarkan musik saat berolahraga ternyata dapat menjadi penyemangat yang efektif. Menurut Rendra, berolahraga calisthenics sambil mengikuti irama musik membuat setiap gerakan menjadi lebih fun dan nggak gampang bosan.

Untuk mendengarkan musik saat berolahraga, kamu bisa memanfaatkan earbuds yang pas di telinga. Rendra menyarankan untuk memilih open earbuds agar tetap aware terhadap suara sekitar, meskipun mendengarkan musik. “Penting untuk memastikan kita harus tetap bisa dengar suara di sekitar, enggak gampang lepas, dan pastinya harus nyaman di telinga,” sebutnya.


5. Jangan Pegang HP

Tidak perlu pegang smartphone terus-terusan saat berolahraga. Fokus dengan latihan yang sedang kamu jalankan. Jangan keranjingan foto untuk diunggah di media sosial sementara olahraga yang dijalankan hanya sebentar.

Jika kamu khawatir ada telepon penting saat olahraga, bisa memanfaatkan earbuds sebagai alat untuk tetap berkomunikasi tanpa harus menggenggam smartphone. Smartwatch juga bisa menjadi alat untuk memantau informasi yang masuk ke telepon dengan menautkan koneksi terlebih dahulu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Etika Penting Saat Makan di Restoran All You Can Eat

BERIKUTNYA

8 Agenda Seru Akhir Pekan 4-5 Mei 2024 di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: