Huawei FreeClip Dengan desain C-Bridge. (Sumber gambar : Huawei)

Spesifikasi & Keunggulan FreeClip, TWS dengan Desain Unik dari Huawei

13 December 2023   |   19:56 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penggunaan true-wireless menjadi tren di kalangan pencinta gadget. Sejumlah perusahaan teknologi pun menghadirkan inovasi terbaru pada perangkat audio ini, salah satunya Huawei yang menciptakan konsep open-ear earbuds dengan desain C-Bridge yang disebut FreeClip. 

Open-ear earbuds dengan desain C-Bridge ini dianggap menjadi solusi untuk pengguna saat berolahraga di area outdoor atau ketika harus multitasking antara berkomunikasi online dan bekerja secara mobile. FreeClip diketahui menjadi TWS open-ear earbuds pertama Huawei. 

Baca juga: Spesifikasi TWS Termutakhir 2023: Samsung, Huawei, & Sony Saling Adu Fitur

Adapun yang menjadikannya berbeda dari perangkat audio konvensional lainnya yakni struktur desain C-Bridge yang dibawa. Earbuds ini juga dilengkapi oleh teknologi suara anti-bocor (leakproof sound), Smart Wear Detection sebagai sensor deteksi cerdas di kelasnya untuk kedua sisi earbuds, kapasitas baterai tahan lama, AI call noise reduction, serta mendukung tingkat ketahanan air dan debu IP54.

Huawei FreeClip rencananya akan diluncurkan di Indonesia pada awal 2024. Namun, buat Genhype yang sudah mulai melirik perangkat audio ini, berikut spesifikasi dan keunggulan Huawei FreeClip. 


1.  Desain C-Bridge

Huawei melakukan riset dan uji coba berkelanjutan yang menghasilkan tingkat ergonomis yang pas, tapi tetap terlihat stylish saat dikenakan. Hasil ini didapatkan setelah dilakukannya observasi mendalam terhadap lebih dari 10.000 data global mengenai pendengaran manusia. 

Berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Huawei FreeClip berasal dari tiga bagian penting pada perangkat earbuds terkait, yakni Comfort Bean di bagian belakang, Acoustic Ball yakni desain bagian depannya, dan tentu saja Desain C-Bridge, yang menyambungkan dua bagian penting lainnya menggunakan desain kantilever atau balok padat yang dibuat elastis menyesuaikan bentuk telinga. 

Adapun desain C-Bridge diciptakan melalui teknik kompleks pada industri perangkat mobile, yang membutuhkan tiga tahun penyempurnaan oleh para pakar teknologi Huawei. Infrastruktur prototipe desain C-Bridge sendiri dibuat dari material campuran nikel dan titanium, sehingga mampu membentuk memori atas pilihan kenyamanan serta karakteristik telinga pengguna.

Meskipun mudah dibentuk, desain C-Bridge juga berhasil mempertahankan daya tahannya, dan telah diuji ketahanannya melalui lebih dari 25.000 kali uji keandalan. 

Desain C-bridge juga menghadirkan teknologi terbaik yang menghubungkan sistem akustik, baterai, dan kontrol earbud, dengan paduan memori bentuk Ni-Ti yang berisi 9 kabel inti dan 1 kabel baja memori meskipun memiliki lingkar kabel yang tipis.

Desain ini memastikan setiap earbud berbobot seringan 5,6 gram, sehingga ringan dan cukup nyaman untuk dipakai seharian penuh. Ditambah kehadiran struktur cekung-cembung Acoustic Ball dan Comfort Bean yang ergonomis, membuat TWS ini tetap terpasang di telinga pengguna sekaligus mengurangi ketegangan dan ketidaknyamanan pada telinga. 

 

Huawei FreeClip. (Sumber gambar : Huawei)

Huawei FreeClip. (Sumber gambar : Huawei)

 

2. Audio Anti Bocor

Huawei FreeClip menawarkan kejernihan open-ear audio dan mengatasi masalah kebocoran suara dengan menggabungkan dua teknologi audio utama yakni Dual Magnet High-Sensitivity Driver Unit 10,8 mm untuk meningkatkan kemampuan speaker dan menangkap nuansa nada musik yang didengarkan oleh pengguna. Sementara itu, sistem Reverse Sound Waves menyesuaikan volume sekaligus membatalkan gelombang suara untuk meningkatkan privasi pengguna. 

Fitur ini secara efektif mengurangi kebocoran suara dengan menghilangkan gelombang suara yang jauh. FreeClip juga mengintegrasikan ventilasi belakang suara ganda pada acoustic ball untuk mengimbangi kebocoran gelombang suara guna meminimalisir risiko kebocoran suara.

Selain itu, desain C-bridge memastikan Acoustic Ball dengan nyaman menutupi lingkar di sekitar inti heliks dan antitragus, sehingga posisinya pas pada daun telinga pengguna sekaligus mendekatkan produksi audio ke saluran telinga.


3. Pertama dengan Left-Right Ear Recognition Otomatis

FreeClip menggunakan Smart Wear Detection. Desain ini menjadi jawaban dari masalah umum akan ketidak-seimbangan antara earbud TWS kiri dan kanan. Teknologi Smart Wear Detection memastikan kemampuan beradaptasi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, serta menawarkan pengalaman yang intuitif dan mudah.

Oleh karena earbud ini dapat digunakan secara bergantian, pengguna memiliki fleksibilitas untuk mengoptimalkan masa pakai baterai dan menikmati durasi penggunaan yang lebih lama, terutama dalam skenario di mana satu earphone sudah cukup untuk menerima panggilan cepat. 


4.  AI Call Noise Reduction

Huawei FreeClip juga dilengkapi dengan Crystal-Clear AI Calls dan 2 mikrofon + VPU wind noise cancellation design. Dengan demikian, kualitas panggilan menjadi lebih baik termasuk ketika berada di area outdoor. Earbud dapat bertahan hingga 8 jam waktu mendengarkan atau 5 jam waktu bicara dengan sekali pengisian daya. Sebagai alternatif, pengguna dapat menikmati waktu hingga 36 jam dengan charging case yang terisi penuh daya.


5. Tahan Air & Stylish

Huawei FreeClip mendukung ketahanan air dan debu tingkat IP54. Dengan begitu, earphone ini ideal untuk menemani pengguna dalam melakukan aktivitas fisik. Penyertaan saluran peredam suara secara efektif meminimalkan suara bising angin, memungkinkan pengguna melakukan panggilan dengan jelas saat bersepeda di jalan umum atau mengemudi dengan jendela mobil terbuka. Selain itu, TWS pertama dengan desain C-bridge ini juga berfungsi sebagai aksesori trendi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Bahan Pakaian Anti Kusut, Tahan Lipatan dan Kerutan Tanpa Disetrika

BERIKUTNYA

4 Fakta Film Horor Kereta Berdarah, Tayang 1 Februari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: