Ilustrasi TWS (Sumber gambar: Freepik)

Genhype, Cek 3 Komponen Penting Ini Sebelum Beli TWS

09 August 2023   |   14:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak keunggulan true wireless stereo atau TWS alias headset tanpa kabel dibandingkan earphone kabel biasa. Perangkat TWS ini bisa dibilang lebih praktis karena tidak ada kabel panjang yang akan menganggu dan membatasi pergerakan seperti pada earphone kabel pada umumnya.

Selain itu, TWS juga terbilang lebih ringkas dan portabel. Dengan demikian, perangkat kecil tersebut mudah dibawa ke mana-mana. Di mana pun dan kapan pun, aktivitas mendengarkan audio atau musik bisa dilakukan dengan mudah berkat adanya TWS.

Secara kualitas, perangkat ini juga punya audio yang tak kalah baik dari earphone kabel. Meski pada awal kemunculannya kerap dikeluhkan karena suara tampak delay, tetapi kini banyak jenama mulai memperbaiki hal tersebut pada TWS edisi teranyar mereka.

BACA JUGAMenjajal TWS Earbuds Sony WF-1000XM5, Paduan Peredam Bising & Kualitas Audio yang Oke

Alasan-alasan tersebut membuat TWS dalam beberapa tahun terakhir begitu populer. Banyak yang akhirnya tertarik membeli TWS dibanding earphone berkabel. Namun, sebenarnya, sebelum membeli perangkat ini, komponen apa sih yang harus ada dan punya peran penting?

Tech reviewer Fernanda Gunsan mengatakan bahwa mengatakan bahwa saat ini memang ada banyak sekali TWS dengan berbagai model dan merek. Namun, sebelum membeli TWS, ada baiknya memperhatikan beberapa komponen penting yang cukup vital.

Pertama adalah kenyamanan. Model TWS kini makin beragam. Namun, sebaiknya pengguna mencoba terlebih dahulu TWS yang sedang diincar sebelum dibeli. Pilihlah TWS yang memiliki bentuk menyesuaikan bentuk telinga.
 

Ilustrasi TWS (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi TWS (Sumber gambar: Freepik)



Dengan bentuk tersebut, TWS akan cenderung lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, perhatikan lagi soal tipe peruntukannya, seperti TWS untuk olahraga biasanya memiliki desain yang berbeda untuk TWS bekerja. Meski tak menutup kemungkinan bisa digunakan keduanya.

Kenyamanan juga terkadang dipengaruhi oleh bahan materialnya. Pilihlah bahan material yang bagus dan nyaman saat digunakan agar telinga tidak sakit saat memakai TWS tersebut.

Kedua adalah baterai. Apa artinya kenyamanan jika baterai TWS ternyata tak bisa bertahan lama. Pria yang akrab disapa Nanda itu mengatakan TWS yang baik itu mesti punya daya tahan baterai yang memadai. Seberapa memadai? Tentu ini akan berbeda tiap orang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan mendengarkan audio harian masing-masing.

Sebab, baterai TWS yang cepat habis ke depan pasti akan terasa mengesalkan. Bayangkan, saat mendengarkan musik sedang seru atau lagi ngikutin meeting online penting, tetapi tiba-tiba TWS enggak berfungsi. Itu kan bikin kesel, ya.

Ketiga adalah mikrofon. Pastikan TWS yang akan dibeli juga memiliki mikrofon yang baik. Setidaknya, suara yang dihasilkan cukup enak didengar sehingga akan sangat membantu jika membutuhkan fungsi komunikasi saat sedang memakai TWS ini.

Kemudian, jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih, tentunya pengguna bisa memilih TWS yang memiliki mikrofon noise cancellation dan sebagainya.

“Kalau soal kualitas suara, bisa disesuaikan sih. Balik lagi ke preferensi masing-masing, apakah suka yang netral atau suka yang lebih ngebas. Terlebih, beberapa TWS juga sudah dilengkapi custom equalizer, maka tinggal diatur aja sesuai selera,” jelas Nanda kepada Hypeabis.id saat ditemui di Go Work Fatmawati, Selasa (8/8).

BACA JUGAHuawei Kawinkan Smartwatch & TWS dalam Satu Gadget, Yuk Cek Fitur & Harga Watch Buds Anyar Ini 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Studi Ilmiah: Polusi Udara Berpotensi Meningkatkan Ancaman Resistensi Antibiotik

BERIKUTNYA

3 Merek Jam Tangan Mewah Penyandang Gelar The Holy Trinity of Watches, Tidak Ada Rolex

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: