Perangkat audio headphone (Sumber gambar: Unsplash/Cdx)

Mengenal Perbedaan Fungsi hingga Jenis Headphone & Earbuds

26 April 2022   |   16:41 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada era yang serba digital seperti saat ini, kita banyak beraktivitas menggunakan perangkat teknologi utama seperti komputer desktop atau laptop dan ponsel pintar, serta perangkat penunjangnya semisal perangkat audio. Kita juga mengenal ada berbagai jenis perangkat audio seperti headphone hingga earbuds atau earphone.

Tiap perangkat earbuds atau earphone tentu memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda, yang akan menentukan kebutuhan dan kenyamanan para penggunanya.  Kali ini, Hypeabis.id akan membahas sedikit banyak mengenai apa itu headphone dan earbuds serta jenis atau kategorinya yang ada di pasaran saat ini. 

Dilansir dari Headphonesty, headphone merupakan dua pengeras suara yang dihubungkan oleh pita. Perangkat audio ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan sumber audio secara pribadi. 

Sementara itu, earbuds adalah dua pengeras suara yang masing-masing memiliki driver-nya sendiri. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk mendengarkan sendiri atau dengan orang lain dan umumnya berbentuk kecil dan bersifat portabel. 

Secara gamblang dua perangkat ini bisa dibedakan dengan mudah dari bentuk ukuran, yang juga berpengaruh pada beberapa faktor. Kualitas suara tidak termasuk bagian ini, karena keduanya bisa memiliki kualitas yang baik atau buruk tergantung pada modelnya. 

Bagian yang kentara adalah portabilitas, di mana earbuds tentunya lebih praktis untuk dibawa kemana-mana, meskipun headphone juga bisa saja dibawa untuk berbagai aktivitas tapi tidak lebih efisien dan memakan banyak tempat. 

Adapun dari segi isolasi kebisingan, secara umum headphone memiliki keunggulan, apalagi model headphone over ear yang menutup telinga secara keseluruhan sehingga menyegel suara dari luar masuk ke pendengaran pengguna. 

Sekarang kita beralih ke jenis-jenis headphone dan earbuds. Sejatinya, ada banyak jenis dan kategori yang beredar dan bisa dijadikan dalam berbagai kelompok, tapi setidaknya berikut ini adalah jenis yang paling umum: 
 

Jenis Headphone 

 

Headphone (Sumber gambar: Unsplash/Tomasz Gawlowski

Headphone (Sumber gambar: Unsplash/Tomasz Gawlowski

 

1. Over-Ear Headphone 

Over-Ear atau juga dikenal dengan Circumaural, merupakan jenis headphone paling umum dengan bantalan telinga yang cukup besar untuk menutup seluruh bagian telinga pengguna. Ini merupakan jenis ukuran terbesar yang bisa ditemui di pasaran. 

Kelebihannya tentu saja kenyamanan penggunaan dan isolasi kebisingan pasif dari bantalan yang menutupi telinga. Kekurangannya terletak pada perangkat yang tidak terlalu portabel dan harga yang relatif lebih mahal.
 

2. On-Ear Headphone 

On-Ear atau juga dikenal dengan Supra-Aural mirip dengan headphone sebelumnya, tetapi memiliki bantalan telinga yang lebih kecil. Hal ini menyebabkan bantalan tidak menutup seluruh telinga, tapi justru terletak pada bagian daun telinga pengguna. 

Model headphone ini memiliki keunggulan pada sisi stabilitas yang memungkinkan penyesuaian di telinga lebih fleksibel dan ukuran yang relatif lebih kecil. Hanya saja, ini seringkali membuat pengguna tidak nyaman terlebih jika bantalannya tidak empuk sehingga menyebabkan tekanan pada daun telinga. 
 

Jenis Earbuds 

 

Earbuds (Sumber gambar: Unsplash/Vinit)

Earbuds (Sumber gambar: Unsplash/Vinit)
 

1. Earbuds Standard

Kategori Standard merupakan earbuds yang dirancang untuk diletakkan pada bagian dalam telinga, tapi tidak masuk lebih dalam. Ini merupakan jenis yang bisa dibilang merupakan bentuk tradisional dan paling banyak beredar di pasaran. 

Keunggulannya terletak pada kemampuan untuk mendengarkan suara dari perangkat sembari tetap sadar akan kondisi lingkungan sekitar, yang cocok untuk digunakan ketika berolahraga agar tetap waspada. Selain itu, model ini juga umumnya memiliki harga yang relatif lebih murah.
 

2. Earbuds In-Ear Monitor (IEM) 

Jenis earbuds IEM dirancang oleh para vendor untuk langsung masuk ke saluran telinga para pengguna. Perangkat ini juga umumnya dilengkapi dengan bagian ujung yang bisa dilepas dan dapat disesuaikan dengan ukuran masing-masing. 

Perangkat IEM ini menawarkan isolasi kebisingan yang lebih baik dari model standar karena langsung masuk ke bagian saluran telinga, yang juga menghasilkan suara yang lebih kuat. Hanya saja, bagi sebagian orang model ini membuat tidak nyaman. 

Sebagai tambahan, baik headphone maupun earbuds umumnya memiliki jenis turunan lain yakni berkabel dan nirkabel (wireless), yang juga punya kelebihan dan kekurangan, seperti portabilitas penggunaan dan latensi suara yang dihasilkan. 


Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Minat Belajar Bahasa Asing Meningkat, dengan Catatan

BERIKUTNYA

Hamil Anak Ketiga, Britney Spears Hiatus Sementara dari Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: