Museum Louvre (Sumber gambar: Unsplash/ Alice Triquet)

Menilik 5 Museum Megah dan Indah di Paris Prancis

30 July 2024   |   08:23 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Paris menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Digelar selama 16 hari, ajang olahraga 4 tahunan ini dimulai pada Jumat (26/7/2024) lalu, dengan sebuah opening ceremony megah di Sungai Seine. Pesta olahraga global ini masih akan berlangsung hingga Minggu (11/8/2024).

Selama belasan hari tersebut, penikmat olahraga dapat melihat atlet dari berbagai belahan penjuru dunia, termasuk Indonesia, berkompetisi dalam beragam cabang olahraga (cabor) untuk memperebutkan medali emas.

Penyelenggaraan multi-event olahraga ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain dapat menikmati pertandingan bergengsi dari berbagai cabang olahraga, para pelancong juga dapat menikmati Kota Paris yang indah.

Baca juga: Keunikan Olimpiade Paris 2024: Medali Terbuat dari Potongan Menara Eiffel

Jangan lupa, Paris juga dikenal sebagai kota yang punya beragam museum. Ada sekitar seratus museum di Paris yang memamerkan lukisan, patung, fotografi, seni kontemporer, dan koleksi berharga lain.

Bagi Genhype yang sedang menyaksikan Olimpiade Paris 2024 dan ingin sekalian berwisata ke museum di Paris, berikut adalah beberapa rekomendasinya:


1. Museum Louvre

Berkunjung ke Paris tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Museum Louvre. Museum ini tidak hanya menjadi salah satu yang terbesar di dunia, tetapi juga rumah bagi berbagai koleksi terkenal sepanjang sejarah. Ini adalah salah satu harta karun seni yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Di dalam bangunan, pengunjung dapat melihat karya ikonik, seperti Mona Lisa yang misterius hingga patung Venus de Milo yang anggun. Selain itu, masih ada hampir 35.000 benda dari zaman prasejarah hingga abad ke-19 lain yang dipamerkan di area seluas 60.600 meter persegi ini.

Koleksi-koleksi yang dihadirkan ini seolah menjadi bukti 11.000 tahun peradaban dan budaya manusia. Satu hal menarik lainnya, museum ini rupanya dahulu merupakan istana kerajaan selama lebih dari dua abad. Pemerintah revolusioner Perancis baru membukanya sebagai museum sekitar tahun 1793.


2. Museum Picasso

Museum Picasso adalah galeri seni yang berada di Hotel Sale di rue de Thorigny, di distrik Marais Paris, Prancis. Seperti Namanya, museum ini didedikasikan untuk karya seniman Spanyol, Pablo Picasso. Di dalamnya, ada beragam karya seni berbagai media, dari lukisan, gambar, hingga keramik.

Setiap sudut museum ini akan menyajikan pandangan yang dalam terhadap jiwa dan pikiran seniman dalam menyampaikan pesan serta emosi mereka lewat seni. Selain melihat kejeniusan Picasso, pengunjung juga dapat mengenali bagaimana pengaruh dari sang seniman dalam membentuk dan mengubah peta seni dunia.


3. Museum Orsay

Museum Orsay terletak di tepi kiri Sungai Seine yang menjadi lokasi opening ceremony Olimpiade 2024. Museum ini menyimpan banyak karya seni Prancis era 1848 hingga 1914, dari lukisan, patung, mebel, foto, dan beragam objek seni lainnya. Setiap ruangan patut untuk dijelajahi karena akan memberikan suguhan karya yang berbeda-beda.

Bagi penikmat seni impresionis, tentu tak boleh melewatkan untuk melihat karya Monet, Renoir, dan Van Gogh saat berkunjung ke museum ini. Selain itu, museum ini juga menawarkan daya tarik lain dari bangunannya yang terletak di bekas stasiun kereta api Orsay yang megah.


4. Carnavalet Museum

Museum Carnavalet merupakan salah satu museum tertua di Paris yang didirikan 1880-an. Tak mengherankan bila museum ini juga menampung koleksi keseluruhan terbesa di kota Paris. Jika Genhype menyukasi sejarah kota dan perabadan, Carnavalet adalah lokasi yang tepat.

Museum ini memiliki sekitar 600.000 pameran yang tersebar di lebih dari seratus kamar. Seagian besarny adalah karya asli. Di sini, pengunjung dapat menemukan sisa-sisa rkeologi hingga pemandangan Paris dari masa ke masa.

Selain itu, rambu jalan tua, elemen dekoratif bangunan, hingga adegan sejarah yang anecdotal juga menjadi koleksi yang menarik di museum ini. Salah satu yang cukup menarik, tentu adalah koleksi yang menggambarkan masa revolusi di negara ini.


5. Museum Rodin

Museum Rodin terletak di sebuah bangunan klasik abad ke-18 Bernama Hotel Biron, hanya 20 menit berjalan kaki dari pusat keramaian Menara Eiffel. Terdiri dari dua lantai berwarna krem, museum ini memiliki ruang interior yang indah, dengan jendela besar membentang dari lantai ke langit-langit yang membuat ruangannya dibanjiri cahaya yang indah Ketika matahari sedang muncul.

Baca juga: Highlight Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024, Penampilan Zinedine Zidane hingga Celine Dion

Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat aneka patung Rodin yang telah dipugar, barang antik, dan koleksi pribadi lainnya. Dua koleksi yang tak boleh terlewatkan saat mengunjungi museum ini adalah patung ikonis The Thinker dan The Kiss.

Selain itu, museum yang menerima rata-rata 700.000 pengunjung setiap tahunnya ini masih memiliki 6.600 patung, 8.000 gambar serta foto lama, dan 7.000 benda seni koleksi lain yang tak kalah menarik. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hypereport: Melihat Perbandingan Skema Student Loan di AS, Kanada & Australia

BERIKUTNYA

Kontroversi Pembukaan Olimpiade 2024: Parodi Perjamuan Terakhir sampai Patung Liberty Disorot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: