Legenda sepak bola Zinadine Zidane membawa obor di upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024. (Sumber gambar: Olympics)

Highlight Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024, Penampilan Zinedine Zidane hingga Celine Dion

27 July 2024   |   09:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka. Hal itu ditandai dengan api menyala di Cauldron, yang kemudian diangkat dengan balon udara ke langit. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade Musim Panas, upacara pembukaan tidak diadakan di stadion. Paris 2024 mencetak sejarah dengan membawa kemegahan acaranya di Sungai Seine.

Opening ceremony ini berlangsung di sepanjang jalur utama Sungai Seine, Paris, pada Jumat (26/7/2024) mulai pukul 19.30 waktu setempat atau Sabtu (27/7/2024) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB. Sebanyak 6.800 atlet dari seluruh kontingen menumpangi 85 perahu dan berlayar sejauh 6 kilometer.

Dibuka oleh kontingen Yunani, para atlet dengan mengenakan kostum andalan dari masing-masing negara berlayar menggunakan perahu dari Timur ke Barat, tepatnya dari dari jembatan Austerlitz di samping Jardin des Plantes sampai ke depan Trocadero. Sambil membawa bendera, mereka melempar senyum kepada seluruh audiens yang memadati jalur utama Sungai Seine. 

Baca juga: Olimpiade 2024 Paris Dibuka Hari ini, Cek Jadwal Tanding Atlet Indonesia
 

Tak hanya parade bangsa-bangsa yang dipersembahkan oleh para atlet dan perwakilan kontingen, seremoni pembukaan Olimpiade Paris 2024 juga dimeriahkan oleh sejumlah aksi dan penampilan yang dibawakan sederet figur publik. Berikut adalah hal-hal yang menjadi sorotan di opening ceremony Olimpiade Paris 2024. 
 

1. Paris Diguyur Hujan


Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 diselimuti hujan yang perlahan mengguyur Kota Cahaya. Hal ini membuat para atlet dan audiens yang hadir tampak mengenakan jas hujan, sehingga membuat seragam defile mereka kurang menonjol. Meski demikian, hujan tak menghalangi kemeriahan dan minat para pengunjung untuk menyaksikan upacara yang berlangsung selama 4 jam itu. 
 

2. Prosesi Penyalaan Obor Olimpiade


Prosesi penyalaan api Olimpiade 2024 Paris dihiasi dengan kehadiran para legenda olahraga dunia. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, prosesi penyalaan Cauldron (kancah) Olimpiade berlangsung di luar stadion.

Legenda sepak bola Perancis, Zinedine Zidane, menjadi sosok  yang memegang obor Olimpiade 2024, lalu menyerahkannya kepada Rafael Nadal yang merupakan legenda tenis asal Spanyol. Petenis berumur 38 tahun itu lalu bergabung bersama legenda lainnya seperti Serena William (tenis), Carl Lewis (atletik), dan Nadia Comaneci (senam).

Obor Olimpiade 2024 pun dibawa mengelilingi Sungai Seine oleh Nadal, Serena Williams, Carl Lewis, dan Nadia Comaneci. Lalu, eks petenis wanita Perancis, Amelie Mauresmo, mengambil obor Olimpiade 2024. Ia lantas menuju ke eks bintang NBA, Tony Parker.

Amelie Mauresmo pun berlari bersama Tony Parker yang berjumlah 18 orang dan terdiri dari berbagai atlet Olimpiade dan Paralimpiade tempat akhir penyalaan obor Olimpiade 2024. Akhirnya, obor dinyalakan oleh dua legenda Olimpiade tuan rumah, Teddy Riner (judo) dan Marie-Jose Perec (atletik), yang menandakan Olimpiade 2024 secara resmi dimulai. 
 

3. Kehadiran Horsewoman 


Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 juga menampilkan sosok Horsewoman misterius. Tampak seekor kuda logam berwarna perak berkilauan berlari kencang melintasi Sungai Seine. Kuda itu ditunggangi oleh seorang wanita mengenakan baju besi perak, sambil membawa bendera Olimpiade.

Setelah dicari tahu, wanita itu bernama Floriane Issert, seorang perwira bintara Gendarmerie. Kehadirannya dimaksudkan untuk menjadi perwakilan semangat Olimpiade dan Sequana, dewi Sungai Seine.
 

4. Lady Gaga Tampilkan Kabaret


Lady Gaga menjadi salah satu musisi yang meramaikan upacara  pembukaan Olimpiade Paris 2024. Menjadi musisi pertama yang tampil, Lady Gaga tampak mengenakan busana bernuansa hitam, diiringi dengan sejumlah penari berpakaian berwarna senda yang memegang pom pom merah muda.

Dalam penampilannya, Gaga melantunkan lagu Prancis berjudul "Mon Truc en Plume". Penampilannya beriringan dengan parade atlet Olimpiade Paris di Sungai Seine. Ratusan Atlet meramaikan Sungai Seine saat menaiki perahu dan mengibarkan bendera masing-masing. 
 

5. Indonesia Satu Perahu dengan India dan Iran


Di acara parade bangsa-bangsa, kontingen Indonesia tampak berada satu perahu dengan tim dari India dan Iran. Total ada 14 orang atlet dan ofisial Indonesia yang berada di atas kapal. Di antaranya Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie, atlet judo Maryam March Maharani yang bertugas sebagai pembawa bendera utama Merah Putih, pembalap sepeda Bernard Benjamin van Aert serta dua atlet renang, Azzahra Permatahani dan Joe Aditya.

Dalam parade tersebut, memang tidak semuanya satu perahu diisi oleh satu negara. Seperti halnya kontingen Afganistan, Afrika Selatan, Albania, Aljazair, dan Jerman yang berada pada satu perahu. Parade kontingen di atas perahu pun diakhiri dengan munculnya atlet-atlet Prancis selaku tuan rumah. 
 

6. Penampilan Celine Dion 

Celine Dion kembali tampil di atas panggung ketika meramaikan upacara pembukaan ajang Olimpiade Paris 2024. Penampilan itu merupakan kali pertama Celine Dion bernyanyi di atas panggung setelah vakum karena mengidap stiff person syndrome dua tahun lalu.

Dion tampil sebagai penutup upacara pembukaan Olimpiade 2024 dengan beraksi di Menara Eiffel. Penyanyi pop legendaris itu melantunkan lagu klasik "Hymne A L'Amour" milik Edith Piaf. Sang diva tampak anggun dengan gaun berkilauan yang dihiasi manik-manik. 

Baca juga: Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Sepanjang Sejarah Olimpiade

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Pad Krapow Gai, Thai Chicken Basil Pedas yang Menggugah Selera

BERIKUTNYA

Busana Thariq Halilintar & Aaliyah Massaid di Prewedding, Akad Nikah, hingga Resepsi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: