Danau Batur (Sumber gambar: Bisnis/Adam Rumansyah)

Sisi Lain Keindahan Danau Batur, Telaga Lepas di Timur Laut Ubud Bali

30 July 2024   |   08:48 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Keindahan Bali sebagai salah satu pulau terindah di dunia mungkin sudah tak asing lagi. Pulau Dewata ini dikenal sebagai daerah yang dipenuhi wisata alam dan budayanya yang unik. Selain populer dengan pantai-pantainya yang indah, Bali juga memiliki gunung dan danau yang tak kalah eksotis.

Salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat melipir ke Bali adalah Danau Batur, sebuah danau luas nan megah yang terletak di timur laut Ubud, Bali. Danau ini berada di kawasan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lanskap alam yang membentang tersaji melalui kawah dari dalam kaldera sebuah gunung berapi aktif yakni Gunung Batur.

Baca juga: Intip Keindahan Curug Naga, Wisata Air Terjun yang Memacu Adrenalin

Gunung Batur sendiri dikenal sebagai gunung dengan aktivitas vulkanik aktif yang merupakan bagian dari cincin api Pasifik. Dengan ketinggian permukaan 1.031 meter, danau seluas 16 km2 ini memiliki tampilan permukaan air berwarna kehijauan yang eksotis. Hijaunya air dari Danau Batur memantulkan kemegahan Gunung Batur di depannya yang menjulang tinggi.
 
Panorama Danau Batur makin lengkap dengan latar langit luas yang menyapu sekitarnya. Danau dari gunung berapi purba ini bukan sekadar menawarkan keindahan, tetapi juga begitu akrab dengan aktivitas warga lokal Bali yang kental akan tradisi. Dikenal dengan tempat wisata, Danau Batur begitu lekat dengan fungsinya sebagai irigasi masyarakat sekitar. Upacara adat dan agama juga sering dilangsungkan di danau megah ini.
 

Danau Batur (Sumber gambar: Bisnis/Adam Rumansyah)

Danau Batur (Sumber gambar: Bisnis/Adam Rumansyah)

 
Terbentang di sepanjang jalan dari area Bangli menuju Singaraja, keindahan Gunung Batur yang berdiri megah juga makin komplit dengan kehadiran Gunung Abang yang ada di sekitarnya. Kecantikan Danau Batur terjaga, di mana letaknya berada dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang yang sudah diresmikan oleh UNESCO.

Meskipun mengedepankan keindahan danaunya, kawasan konservasi ini juga memukau karena adanya bebatuan geologi dan pemandian air panas di sekitar area wisatanya. 
 

Danau Batur (Sumber gambar: Bisnis/Adam Rumansyah)

Danau Batur (Sumber gambar: Bisnis/Adam Rumansyah)

 
Atmosfer alam asri di area Kintamani ini juga didukung dengan banyaknya wisata kuliner yang membanjiri wilayah ini. Rata-rata kedai kopi dan restoran di area ini menghadap langsung ke Gunung Batur dan Danau Batur yang indah. Dengan pemandangan yang asri ini, pengunjung bisa bersantai sekaligus menikmati aneka makanan sembari menyaksikan panorama alam yang asri nan hijau.
 
Keindahan Danau Batur bisa disaksikan hanya dengan merogoh kocek Rp15.000/ orang. Pengunjung mungkin perlu menambah dana untuk menikmati fasilitas lain seperti pemandian air panas.

Baca juga: 5 Desa Wisata yang Bisa Jadi Pilihan Mengisi Libur Kenaikan Kelas 2024

Perjalanan menuju Danau Batur biasa ditempuh dengan waktu 1 jam 55 menuju melewati Jalan Catur. Dengan jarak 63,1 km, pengunjung dari pusat Kota Bali bisa melewati Jalan Raya Marga-Apuan menuju Jalan Raya Pura Pucak Mangu menuju Kintamani untuk sampai di Danau Batur.
 
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Apa Itu Emotional Eating yang Disebut Sebagai Efek Stres & Depresi?

BERIKUTNYA

Akhiri Puasa Gelar, Timnas Indonesia U-19 Juara AFF U-19 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: