Ilustrasi Desa Wisata (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

5 Desa Wisata yang Bisa Jadi Pilihan Mengisi Libur Kenaikan Kelas 2024

02 July 2024   |   14:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Desa Wisata bisa menjadi salah satu destinasi pilihan untuk mengisi libur sekolah atau kenaikan kelas 2024. Selain pemandangan alam, di tempat itu juga kalian dapat menikmati beragam kegiatan, dan memperoleh pengetahuan tentang banyak terkait kearifan lokal.

Gunung yang masih terjaga, hamparan sawah, laut yang biru, pantai pasir yang putih jadi pemandangan alam yang tersedia dan kerap menjadi objek yang dinikmati oleh para wisatawan. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak kearifan lokal yang berada di desa.

Kearifan lokal itu berupa budaya dan kehidupan masyarakat yang masih terjaga dan dijalani oleh orang-orang di desa. Budaya dan cara hidup masyarakat itu menjadi pengetahuan dan sesuatu yang menarik untuk dialami oleh individu di perkotaan pada saat ini. 

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Favorit untuk Libur Sekolah

Pada saat ini, Indonesia memiliki banyak destinasi desa wisata. Para pengelola desa melakukan berbagai hal, yang membuat wisatawan tertarik untuk datang ke tempat mereka tinggal, seperti menjaga kebudayaan dan cara hidup yang dijalani.

Selain dapat melestarikan budaya yang ada, mereka juga membuat ekonomi desa dapat berjalan dan berkontribusi terhadap negara karena dapat menarik wisatawan dari luar negeri. Sumber daya manusia yang ada di desa juga tidak perlu pergi ke kota lantaran mereka dapat tetap hidup di tanah kelahirannya.

Dirangkum dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berikut daftar destinasi wisata yang bisa jadi pilihan mengisi libur sekolah 2024. 
 

1. Desa Pentingsari, Yogyakarta 

Desa wisata pertama yang dapat menjadi pilihan adalah Pentingsari, Yogyakarta. Destinasi yang satu ini berlokasi di 12,5 kilometer di kawasan lereng gunung Merapi dan berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Genhype dapat melakukan berbagai kegiatan wisata pengalaman berupa pembelajaran dan interaksi tentang alam, lingkungan hidup, pertanian, perkebunan, aneka seni tradisi, wirausaha, kehidupan sosial budaya, dan kearifan lokal di desa Pentingsari. 


2. Desa Penglipuran, Bali 

Saat memutuskan ke Bali untuk mengisi libur kenaikan sekolah, Genhype bisa mengunjungi Desa Penglipuran yang ada di sana. Terletak di Bangli, desa wisata yang satu ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Desa Terbersih di dunia.

Kalian dapat melakukan berbagai kegiatan seru yang tidak akan pernah dilupakan, seperti belajar gamelan Bali, tarian Bali, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kuliner khas desa juga tidak boleh luput karena menawarkan rasa yang nikmat.


3. Desa Kete Kesu, Toraja 

Desa lain yang juga dapat menjadi pilihan untuk mengisi libur kenaikan sekolah adalah Desa Kete Kesu di Toraja, Sulawesi Selatan. Di tempat ini, Genhype dapat melihat rumah tradisional Tongkonan dengan tanduk kerbau yang tinggi menjulang dan berusia ratusan tahun.

Selain itu, kalian juga bisa melihat langsung pemakaman adat Toraja yang terkenal. Di desa wisata ini, masyarakat setempat meletakkan jenazah di tebing dan gua yang berada di belakang desa. saat berkunjung, jangan lupa membeli buah tangan menarik hasil buah kreasi masyarakat setempat. 
 

4. Desa Pujon Kidul, Malang 

Malang tidak hanya terkenal dengan buah apel. Kalian yang datang ke Malang dapat mengunjungi desa wisata Pujon Kidul yang hanya berjarak 30 kilometer dari pusat kota. 

Letak desa yang ada di dataran tinggi membuatnya memiliki suasana yang sejuk dan asri. Genhype yang tinggal di Jakarta akan merasakan suasana yang jauh berbeda ketika berada di desa wisata ini. 

Selain itu, kalian juga dapat menikmati berbagai macam kegiatan seru seperti menikmati sunrise di Bukit Nirwana, berkeliling desa naik kuda atau ATV, dan masih banyak lagi. 
 

5. Desa Ponggok, Klaten

Desa Ponggok yang berada di Klaten juga menjadi destinasi liburan kenaikan kelas yang bisa dipertimbangkan oleh kalian. Desa wisata yang satu ini mengandalkan sumber daya alam mata air yang menarik untuk dinikmati.

Di tempat ini, kalian dapat melakukan berbagai macam aktivitas seru seperti snorkeling, latihan menyelam, swafoto di dalam air, atau berenang. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar banyak hal ketika mengunjungi desa ini, seperti budidaya perikanan dan maggot. 

Baca juga: Bingung Cari Tempat Liburan? Ini 5 Destinasi Wisata Dekat Stasiun Kereta, Gampang Dijangkau

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Prosedur Unggah Ulang Data Mahasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK)

BERIKUTNYA

Jadwal Mobile Legends MSC 3 Juli 2024, Duel EVOS Glory vs RRQ Akira

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: