Robert Downey Jr dalam pengumuman karakter barunya Doctor Doom di SDCC 2024. (Sumber foto: Marvel)

Tapak Tilas Karier Robert Downey Jr. dengan Marvel, dari Miliarder Jenius Kini Jadi Supervillain

29 July 2024   |   13:31 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Marvel Cinematic Universe (MCU) akan merilis film terbaru mereka berjudul Avengers: Doomsday, yang menjadi bagian dari fase MCU berikutnya. Film ini memperkenalkan Victor von Doom alias Doctor Doom, sebagai antagonis utama yang diperankan oleh Robert Downey Jr. 

Doctor Doom merupakan salah satu musuh paling ikonik dalam dunia komik Marvel. Melansir dari situs resmi Marvel database, nama asli Doctor Doom adalah Victor Von Doom, seorang ilmuwan jenius dan penguasa Latveria, sebuah negara fiksi di Eropa.

Victor von Doom lahir di sebuah kamp Romani di dekat Haasenstadt, Latveria. Ibunya, Cynthia, tewas dalam tawar-menawar dengan Mephisto yang berujung kematian. Doom kemudian berusaha mempelajari sains dan sihir untuk menyelamatkan ibunya, yang kematiannya dia salahkan pada Mephisto.

Baca juga: Robert Downey Jr. Kembali Bintangi Avengers, Perankan Karakter Doctor Doom

Awal perjalanan Victor Von Doom menjadi karakter antagonis Doctor Doom, mulai dari mendapatkan beasiswa untuk belajar di Universitas Negeri Hegeman di New York. Disana dia pertama kali bertemu dengan Reed Richards dan Ben Grimm. Mereka tidak saling suka, dan Richards pernah membuat lelucon dengan mengubah nama belakang Doom pada sebuah piala menjadi "Doof."

Richards dan Doom adalah teman sekelas dan mereka adalah orang yang intelektual. Mereka sering berdiskusi tentang teori-teori ilmiah yang kompleks. Richards, yang merancang kapal luar angkasa, dan Doom yang bekerja pada mesin untuk memproyeksikan bentuk astral, sangat berbakat. 

Akan tetapi Doom menjadi sangat terobsesi dengan membuat mesin yang bisa memindahkan bentuk astral ke dimensi lain, karena dia berharap mesin itu bisa membebaskan jiwa ibunya dari Mephisto. 

Ketika Richards menunjukkan cacat dalam perhitungan Doom, Doom mengabaikannya dengan arogan, dan Doom merasa Richards mencoba menghalanginya. Lalu mesin tersebut meledak, dan menyebabkan luka parah di wajah Doom. Lalu Doom dikeluarkan dari universitas karena eksperimen yang tidak etis, mulai dari situ Doom sangat menyalahkan Reed Richards atas wajah dan dikeluarkan dari universitas.
 

Doctor Doom dan Reed Richards salah satu anggota Fantastic Four yaitu Tn. Fantastic (Sumber foto: Marvel)

Doctor Doom dan Reed Richards salah satu anggota Fantastic Four yaitu Tn. Fantastic (Sumber foto: Marvel)


Merasa marah dan tertekan, Doom menjelajah dunia dan akhirnya mendapatkan bantuan dari biksu Tibet untuk membuat baju zirah. Lalu dia kembali ke kota kelahirannya yaitu Latveria, datang untuk menggulingkan pemimpin negara dan menjadi rajanya. Dengan kekuasaan baru Doom mulai merencanakan untuk menguasai dunia, dan membawanya ke banyak konflik dengan Fantastic Four dan pahlawan super lainnya.

Menurut Marvel database, karakter Doom pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four #5 pada 1962, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Doctor Doom dikenal karena kombinasi kecerdasannya yang luar biasa dan kemampuannya dalam ilmu sihir. Dia juga sering digambarkan sebagai karakter dengan kepribadian yang kompleks meskipun sering berperan sebagai penjahat, dia memiliki alasan yang mendalam untuk tindakannya.

Adapun, sejak baju zirah pertamanya dibuat oleh para biksu Tibet, Dokter Doom terus menambah dan melengkapi perlengkapannya yang terkenal itu selama bertahun-tahun. Baju zirah titanium itu memberikan perlindungan dasar dari serangan dan unsur-unsur alam, yang sering kali diperkuat oleh generator medan gaya pribadi serta bentuk-bentuk perisai lainnya.

Pada berbagai kesempatan, baju zirah itu juga dapat menghasilkan ledakan kekuatan yang menggelegar melalui sarung tangannya, dan memungkinkan dokter itu memiliki kekuatan terbang melalui sistem propulsi miniatur.

 

Robert Downey Jr sebagai Tony Stark di film Iron Man (2008) (Sumber foto: Marvel)

Robert Downey Jr sebagai Tony Stark di film Iron Man (2008) (Sumber foto: Marvel)


Sementara itu, Robert Downey Jr. merupakan aktor yang berhasil mengangkat kembali pamornya di Hollywod lewat perannya sebagai Tony Stark dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Kariernya di MCU dimulai dengan film Iron Man (2008).

Film pertama dari franchise Iron Man ini mengisahkan Tony Stark, seorang industrialis miliarder dan penemu jenius yang diculik dan dipaksa membuat senjata yang mematikan. Dengan menggunakan kecerdasan dan kecerdikannya, Tony membuat baju zirah berteknologi tinggi dan lolos dari penahanan. Ketika ia mengungkap rencana jahat dengan implikasi global, ia mengenakan baju zirahnya yang kuat dan bersumpah untuk melindungi dunia sebagai Iron Man.

Film ini tidak hanya menandai awal dari saga MCU, tetapi juga peluncuran kembali karier Downey Jr yang sempat melandai karena masalah pribadi. Peran Iron Man membawa Downey Jr ke puncak kesuksesan, dan dia menjadi salah satu aktor paling populer di Hollywood.

Sepanjang kariernya di MCU, karakter Iron Man yang diperankan Downey Jr punya peran penting mulai dari The Avengers (2012), Iron Man 3 (2013), dan Avengers: Endgame (2019). Karakter Tony Stark yang dia perankan dikenal karena kecerdasannya, humor, dan sikap percaya dirinya yang kuat.

Keberhasilan Downey Jr dalam peran ini berkontribusi besar pada kesuksesan dan popularitas MCU secara keseluruhan. Dalam Avengers: Endgame, Downey Jr memberikan penampilan yang sangat emosional dan berakhir dengan mengesankan, mengakhiri perjalanan karakter seorang Tony Stark dengan cara yang sangat keren.

Jika sebelumnya Downey Jr dikenal sebagai aktualisasi dari Tony Stark, kini aktor kawakan itu kembali ke Marvel Cinematic Universe dengan karakter yang lebih kompleks dan antagonis. Peran barunya ini juga dianggap sebagai era baru di Marvel Cinematic Universe.

Baca juga: Gaet Russo Brothers, Marvel Studios Umumkan Proyek Avengers: Doomsday & Avengers: Secret Wars

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Aktor Will Smith Kembali ke Dunia Musik dengan Single Rap Baru Work of Art

BERIKUTNYA

Hypereport: Butuh Komitmen Membenahi Tata Kelola Pembiayaan Untuk Pendidikan Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: