Aktor dan rapper Will Smith. (Sumber foto: Instagram/Will Smith)

Aktor Will Smith Kembali ke Dunia Musik dengan Single Rap Baru Work of Art

29 July 2024   |   18:27 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Apakah Genhype tahu kalau sebelum menjadi aktor terkenal, Will Smith adalah seorang rapper? Belum lama ini, Smith kembali mengekplorasi musik dan merilis sebuah single bertajuk Work of Art bersama dengan putranya, Jaden Smith, dan rapper Russ. 

Lagu dan video klip yang menyertainya menampilkan Smith yang menceritakan berbagai sisi kepribadiannya. Dia tampaknya merujuk pada momen Oscar yang fenomal saat melantunkan rap, "Saya orang suci, tetapi jika Anda menyentuh [saya], saya orang biadab."

Baca juga: Aksi hingga Drama, Ini 4 Film Terbaik yang dibintangi Will Smith

Dalam video klip yang dirilis pekan lalu, Smith dan Russ menyelingi lagu dengan percakapan di museum seni, saat rapper tersebut mengungkapkan bahwa ia telah merekam lebih dari 20 lagu untuk proyek barunya.

"Work of Art adalah lagu yang membuat saya menemukan suara saya. Rasanya seperti 'Ah! Itulah yang ingin saya bicarakan," ujarnya dalam monolog di video klip Work of Art.

Menyusul karier musiknya yang kembali bangkit, Will Smith baru-baru ini juga diketahui telah menandatangani kontrak dengan label musik independen, Slang. Smith mengungkapkan bahwa dia baru saja menyelesaikan album pertamanya setelah vakum bermusik selama dua dekade terakhir.

Slang adalah label musik yang dipimpin oleh eksekutif musik terkenal, Rene McLean, yang juga salah satu pendiri Influence Media Partners. Menurut laporan dari Forbes, label ini juga menaungi artis-artis besar seperti Big Sean, Mary J. Blige, Cardi B, dan Roddy Ricch.

Spekulasi mengenai kembalinya Smith ke dunia musik semakin kuat saat ia menyampaikan pidato di acara BET Awards 2024. Di acara tersebut, Smith membawakan lagu barunya yang berjudul You Can Make It bersama dengan Sunday Service Choir, ikon gospel Kirk Franklin, dan penyanyi R&B Fridayy. 

Pada Mei lalu, Smith yang dikenal juga sebagai bintang Hollywood diwawancarai dalam serial Fandango mengenai film keempat dari waralaba Bad Boys yang berjudul Bad Boys: Ride or Die.

"Selama satu setengah tahun terakhir, saya berkutat di studio, bekerja keras pada proyek musik yang paling personal dan hebat yang pernah saya lakukan," ungkap Smith mengutip dari laman NME.
 

Dia menambahkan bahwa di saat-saat tergelap dalam hidup, kita harus tetap berusaha menemukan alasan untuk merayakan, bersyukur, dan menikmati hidup.

"Ide dari musik ini adalah untuk menari di saat-saat tergelap kalian. Jadi, seseorang berkata, 'Menarilah dalam kegelapan'," ujar Smith.

Di awal kariernya, Smith dikenal sebagai salah satu anggota duo rap DJ Jazzy Jeff & the Fresh Prince. Mereka merilis album debut mereka Rock the House pada 1987 dan meraih ketenaran lewat lagu-lagu hit seperti Summertime dan Parents Just Don't Understand, yang membuat mereka memenangkan Grammy pertama untuk Penampilan Rap Terbaik pada 1989.

Smith kemudian bertransisi menjadi artis solo dan mendominasi tangga lagu dengan singel-singel seperti Men In Black dan Gettin' Jiggy Wit It, yang juga memenangkan dua Grammy untuk Penampilan Solo Rap Terbaik. 

Album terakhirnya, Lost & Found, dirilis pada 2005. Sejak saat itu, Smith telah berkolaborasi dengan sejumlah artis, termasuk Marc Anthony, Nicky Jam, Joyner Lucas, Bomba Estéreo, dan putranya sendiri, Jaden.

Tahun ini dia bekerja sama dengan Sean Paul untuk soundtrack Bad Boys: Ride or Die. Smith pun bergabung dengan J Balvin di atas panggung di Coachella pada bulan April untuk membawakan Men In Black.

Kembalinya Will Smith ke dunia musik setelah dua dekade ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi para penggemar dan industri musik secara keseluruhan. Dengan pengalaman dan bakatnya, Smith siap untuk memberikan karya yang inspiratif dan penuh makna bagi pendengarnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cerita Chicco Jerikho Jalani Peran Softboy di Film Heartbreak Motel

BERIKUTNYA

Tapak Tilas Karier Robert Downey Jr. dengan Marvel, dari Miliarder Jenius Kini Jadi Supervillain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: