All-new Kona Electric di GIIAS 2024 (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Cek Spesifikasi Mobil Listrik Terbaru Hyundai All-new Kona Electric

29 July 2024   |   06:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Di ajang GIIAS 2024, PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan all-new KONA Electric. Kendaraan listrik baru ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan penjualan perusahaan di dalam negeri. Setelahnya, manajemen akan terus memperkenalkan produk baru lainnya pada semester kedua tahun ini. 
 
Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bahwa manajemen konsisten dengan strategi untuk memperkenalkan produk baru pada semester kedua tahun ini sebagai cara untuk meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Cek Spesifikasi dan Harga BJ40 Plus dan X 55 II: SUV Bongsor dari BAIC
 
"Secara matematis, pasar mobil Indonesia sulit menembus angka 900.000 Kenapa? Jika tahun lalu, pasar mobil sekitar 900.000 dan semester pertama tahun ini pasar turun 15 persen, maka pasar mobil pada tahun ini pasti di bawah 900.000. Hyundai sudah menurunkan asumsi pasar mobil ke level 800.000," katanya melalui siaran pers, Minggu, (28/7/2024).
 
Pengenalan model baru All-new Kona Electric dan Ioniq 5N di ajang GIIAS 2024 merupakan bagian dari strategi perusahaan meraih pasar dan meningkatkan penjualan di dalam negeri. Menurut Fransiscus, Hyundai merancang all-new Kona Electric dengan inovasi teknologi terdepan untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbarukan seutuhnya di segmen SUV yang terus berkembang di pasar otomotif Indonesia. 
 
All-new Kona Electric memiliki desain futuristis dan serta driving range terpanjang hingga mencapai lebih dari 600 km. Selain itu, tim juga telah memasukkan fitur konektivitas Hyundai Bluelink dengan teknologi Over-The-Air (OTA) serta View Around My Vehicle.
 
Model ini juga dilengkapi dengan pengisian daya menggunakan port charger standar global (CCS2) yang kompatibel dengan berbagai stasiun pengisian daya di Indonesia. Selain itu, kendaraan listrik yang menggunakan baterai produksi lokal Indonesia ini juga mempunyai fitur Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan. 

Teknologi Outdoor V2L memungkinkan pengendara mengisi daya berbagai macam perangkat listrik, seperti sepeda listrik, skuter listrik, peralatan berkemah hingga alat komunikasi langsung dari mobil saat berkegiatan di luar ruangan.
 
Dia menambahkan, kendaraan listrik ini juga memiliki Utility Mode, fitur yang memungkinkan pemakaian perangkat elektronik di kendaraan seperti audio, lampu dan lain sebagainya menggunakan listrik yang tersimpan di High Voltage Battery untuk tujuan selain berkendara. Dengan begitu, listrik yang tersimpan dalam aki 12V tidak akan terganggu. 
 

Spesifikasi All-new Kona Electric

 
 


Eksterior

All-new Kona Electric mengusung desain yang mengutamakan profil clean dan aerodinamis. Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis. Kendaraan ini memiliki twin headlamp dengan lampu projector Full LED yang terintegrasi di bumper depan.
 
Kendaraan ini juga memiliki permukaan parametrik diagonal yang tegas serta chrome satin molding yang membentang hingga ke beltline. Selain itu, integrasi Active Air Flap di bumper depan mampu meningkatkan efisiensi energi saat tertutup dan memberikan pendinginan yang dibutuhkan komponen kendaraan saat terbuka.
 

Interior

Tim Hyundai merancang all-new Kona Electric dengan dimensi yang besar. Namun, mobil ini tetap compact dengan panjang 4.355 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.660 mm. Tidak hanya itu, kendaraan ini juga memiliki lantai datar (flat floor) tanpa tunneling di baris kedua.
 
All-new Kona Electric juga diklaim sebagai salah satu kendaraan dengan ruang bagasi paling besar di kelasnya dengan kapasitas 466 liter (VDA). Pengguna juga bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan melipat kursi belakang tanpa perlu melepas sandaran kepala. 
 
Saat baris kursi belakang terlipat, all-new Kona Electric akan menawarkan ruang bagasi yang lebih luas dan datar dengan kapasitas mencapai 1.300 liter. All-new Kona Electric juga dilengkapi dengan Sunroof yang sudah bisa dioperasikan sepenuhnya secara elektrik bahkan dapat menerima perintah suara untuk membuka dan menutup.
 

Fitur 

All-new Kona Electric dilengkapi dengan fitur seperti Dual Zone Climate Control yang memungkinkan penyesuaian suhu terpisah untuk zona yang berbeda dalam kendaraan. Terdapat pula Panoramic Display (12.3in LCD cluster + 12.3in navigasi), Infotainment Display, dan Digital Meter Cluster yang dilengkapi dengan jajaran tombol fisik guna memberikan kendali lebih bagi pengguna dalam mengatur fitur-fitur dasar dalam mobil.
 
Hyundai juga melengkapi kendaraan listrik ini dengan regenerative braking system yang inovatif, yaitu sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi.

Penggunaan regenerative braking system ini membuat kendaraan listrik ini dapat berhenti secara sempurna menggunakan fitur khusus, yaitu i-Pedal. i-Pedal merupakan fitur yang memberikan kontrol kecepatan kendaraan yang meliputi akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan hanya dengan memodulasi tekanan pedal akselerator.
 
Selain itu, tim Hyundai juga melengkapi all-new Kona Electric dengan Smart Power Tailgate, yaitu fitur otomotif yang dikembangkan oleh Hyundai untuk memudahkan akses dan pengaturan bagasi mobil secara otomatis. Dengan teknologi ini, pengguna mobil dapat membuka atau menutup pintu bagasi hanya dengan menggunakan tombol atau sensor gerakan, tanpa harus membuka pintu secara manual. 
 
Guna memberikan fitur keamanan tambahan, Hyundai menyematkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) dari Hyundai SmartSense. Contoh fitur keamanan yang ada dalam kendaraan ini adalah Forward Collision Avoidance (FCA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), Blind-spot View Monitor (BVM), Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCA), dan sebagainya.
 

Dapur Pacu

All-new KONA Electric hadir dalam 5 varian dengan keunggulannya yang berbeda satu samalain, yaitu Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, dan Prime Standard Range, dan Style.
 
Varian Signature Standard Range, Prime Standard Range, dan Style memiliki kapasitas baterai 48,9 kWh dengan jarak tempuh lebih dari 400 km dalam sekali pengisian daya. Motor pada kedua trim ini mampu menghasilkan daya 114,6 kW.  
 
Perusahaan menyematkan baterai berkapasitas 66 kWh dalam Varian Signature Long Range dan Prime Long Range, sehingga daya jelajah masing-masing mencapai lebih dari 500 km dan lebih dari 600 km. Motor penggerak dari kedua trim ini sama-sama mampu menghasilkan daya 160 kW.
 
Walau mengusung dua versi motor penggerak dengan output daya berbeda, seluruh varian dari all-new KONA Electric mampu menghasilkan torsi sebesar 255 Nm. Adapun all-new KONA Electric mampu mencapai kecepatan maksimum pada 167 km/jam (long range) dan 155 km/jam (standard range).
 

Harga

Harga all-new Kona Electric (On The Road/OTR) DKI Jakarta dikurangi PPN 1 persen adalah Rp590 juta untuk varian Signature Long Range, Rp575 juta untuk varian Signature Standard Range, Rp560 juta untuk Prime Long Range, varian Prime Standard Range seharga Rp515 juta, dan Style Rp499 juta. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypereport: Dilema Kampus dalam Polemik UKT & Tuntutan Peningkatan Mutu Pendidikan

BERIKUTNYA

Psikolog Bagikan Strategi Pola Asuh Efektif untuk Perkembangan Optimal Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: