Ilustrasi gym (Sumber gambar: Danielle Cerullo/Unsplash)

Kenali Ringworm, Infeksi Jamur yang Mengintai di Gym

27 July 2024   |   21:59 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Fenomena penularan ringworm menjadi perbincangan di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya, sejumlah orang yang biasa melakukan aktivitas olahraga di gym mengaku didera infeksi yang menyebabkan ruam dengan pola berbentuk cincin ini. Namun, apa sebetulnya ringworm?

Melansir Mayo Clinic, ringworm (tinea corporis) adalah ruam yang disebabkan oleh infeksi jamur. Biasanya berupa ruam melingkar yang gatal dengan kulit lebih bening di bagian tengahnya. Meski dinamakan cacing, infeksi ini sebenarnya disebabkan oleh jamur, bukan cacing. 

Secara medis, penyakit yang menjadi penyebab dermatofitosis ini adalah infeksi jamur yang tidak hanya mempengaruhi kulit, tetapi juga rambut, dan kuku.

Baca Juga: Dokter Ingatkan Cacar Air Bukan Penyakit Ringan, Vaksin Penting untuk Perlindungan

Ringworm ditandai dengan ruam berbentuk cincin yang gatal dan dapat menyebar jika tidak ditangani dengan tepat.  Gejala ini menyebabkan area kulit yang lebih cerah di bagian tengah. Ruam ini sering kali disertai dengan rasa gatal dan pengelupasan kulit. Pada kasus infeksi berat, pasien bisa mengalami pembengkakan dan lecet pada bagian kulit tertentu.

Diketahui, ringworm disebabkan oleh beberapa jenis jamur dermatofit, seperti Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Jenis jamur tersebut berkembang di lapisan luar kulit yang kaya keratin seperti pada kuku dan rambut.

Biasanya, infeksi ini menyebar melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi. Namun selain kontak kulit, rupanya ringworm juga bisa menular melalui benda-benda yang terkontaminasi, seperti handuk, sepatu, atau peralatan olahraga.

 

Mengapa Ringworm Bisa Ada di Lingkungan Gym?

Sebagai lingkungan dengan alat yang digunakan bersama atau berpindah tangan, gym menjadi lingkungan yang ideal bagi penyebaran jamur dermatofit. Tak jarang, kondisi gym yang lembap dan banyaknya kontak fisik juga mendorong peningkatan risiko infeksi ringworm di gym.

Melansir Health.com, area gym sering kali memiliki kelembapan tinggi akibat efek keringat. Hal ini turut menjadikannya sebagai rumah yang ideal bagi pertumbuhan jamur. Dalam lingkungan gym, kelembapan ini dapat mendorong sebaran jamur di peralatan olahraga, karpet, dan area ganti. 

Selain itu, banyaknya orang yang menggunakan peralatan secara berpindah tangan bisa menjadi medium penularan. Jamur penyebab ringworm bisa ditemukan pada peralatan, handuk, atau bahkan lantai. Kemudian, alat-alat ini bisa saja berpindah ke kulit orang lain melalui kontak langsung.

Melansir Health, penggunaan bersama ini menjadi salah satu faktor utama penyebaran ringworm. Jika barang yang terkontaminasi ini tidak dicuci dengan benar, jamur bisa saja tetap hidup dan menularkan ke orang lain. 

Meskipun ringworm bukan infeksi serius, infeksi ini dapat menyebar dan menjadi lebih sulit diobati jika tidak ditangani dengan cepat. 

Untuk mencegah infeksi ringworm di lingkungan gym, individu tetap harus menjaga kebersihan diri. Misalnya, selalu mencuci tangan dan membersihkan tubuh dengan sabun antibakteri setelah berolahraga. Disarankan juga mengganti pakaian olahraga secara teratur.

Penggunaan alat gym bersama juga patut diperhatikan. Tiap alat olahraga harus dipastikan dibersihkan secara rutin oleh pihak gym. Pengguna juga disarankan membawa alat seperti tisu antiseptik untuk membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan.

Anggota gym juga sebaiknya menggunakan alas kaki yang bersih untuk mengurangi risiko kontak langsung kontaminasi dengan lantai. Biasakan mencuci handuk, pakaian olahraga, dan alas kaki secara bersih dan teratur.

Dengan cara-cara ini, pengguna gym dapat menjaga kebiasaan higienis yang baik di gym yang diharapkan dapat mengurangi risiko infeksi pada kulit akibat ringworm.

Baca Juga: 4 Camilan Pre-workout yang Dapat Menambah Energi Ngegym

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Spesifikasi Xiaomi TV A Pro 2025 Series, Televisi Bazel Tipis Berlayar Besar

BERIKUTNYA

Indonesia Kalahkan Malaysia 1-0, Bakal Hadapi Thailand di Final Piala AFF U-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: