Konferensi Pers AIA Vatality bersama Celebrity Fitness & Fitness First (Sumber gambar: Dok. AIA)

Adinia Wirasti Bagi Trik Agar Konsisten Latihan di Gym

21 November 2023   |   18:20 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Rutin berolahraga merupakan bagian dari konsistensi menjaga kesehatan tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan manusia kategori dewasa berusia 18-64 tahun harus aktif melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang setidaknya 150-300 menit dalam satu pekan.

Tidak hanya bermanfaatkan bagi kesehatan fisik, olahraga juga membantu mencegah beragam jenis penyakit tidak menular, gejala depresi dan kecemasan, hingga mengasah keterampilan berpikir.

Baca juga: Fasilitas Gym Dibanjiri Usia 18-35 Tahun, Bukti Anak Muda Mulai Peduli Kesehatan

Saat ini, fasilitas olahraga seperti gym dan fitness sudah banyak tersedia di ruang publik. Selain mendorong masyarakat olahraga, kehadiran fasilitas gym juga menjadi jembatan dukungan sosial bagi pemula yang ingin mendalami dunia kesehatan dan olahraga. Misalnya Fitness First dan Celebrity Fitness yang telah memiliki keanggotan mencapai 62.000 member.

Chief Operating Officer Celebrity Fitness & Fitness First David Prosser menyebut, gym hadir untuk menghubungkan orang-orang dengan tingkat kesadaran akan pentingnya olahraga untuk saling belajar dan membantu. Menurut David, inilah juga yang menjadi alasan banyak orang mendaftarkan dirinya dalam fasiltas gym ketimbang memilih olahraga di rumah.

“Mayoritas dari kita suka olahraga bareng. Gym hadir sebagai social support,” kata David dalam Konferensi Pers AIA Vatality bersama Celebrity Fitness & Fitness First Healthy Habit, Lifelong Benefit, Selasa (21/11/2023).

Meski hadir sebagai perantara dukungan sosial, bukan mudah untuk terus konsisten berolahraga ke gym. Aktris dan model Adinia Wirasti menceritakan perjuangannya untuk terus konsisten berolahraga sesuai dengan jadwal. Bagi Adinia, harus ada strategi khusus yang dilakukan untuk membuat diri termotivasi berangkat ke fasilitas gym. Adinia menyebut, triknya bisa dilakukan dengan siasat sederhana.
 

Ilustrasi spin class. (Sumber foto: Pexels/Trust "Tru" Katsande)

Ilustrasi spin class. (Sumber foto: Pexels/Trust "Tru" Katsande)

Misalnya, mempersiapkan diri dengan menggunakan pakaian olahraga. “Hack aku tiap hari adalah pake aja dulu baju olahraganya. Nanti biasanya akan ‘kebawa’ motivasinya untuk olahraga atau ke gym,” kata Adinia.

Menurut Adinia, trik ini cukup efektif untuk membuatnya termotivasi konsisten berolahraga di gym.

“Nanti mood-nya akan pelan-pelan naik. Jadi kita harus mulai aja dulu. Listening to our body sekaligus dorong motivasinya,” jelasnya. Namun, Adinia memahami bahwa ada hari di mana mood dan keadaan fisik berbicara lain. Terutama bagi wanita yang memiliki hormon dan kebutuhan yang berbeda dibanding pria.

Menurut Adinia, tubuh wanita sangatlah kompleks. Sehingga sebagai individu yang rutin berolahraga pun, manusia harus memilki kemampuan ‘mendengarkan’ tubuhnya.

Misalnya, ada saat dimana tubuh memerlukan sedikit dorongan lebih untuk mencapai tujuan olahraga tertentu seperti repetisi atau beban saat aktivitas angkat beban yang lebih dari hari biasanya. Adinia mengingatkan, kita juga perlu memahami saat tubuh membutuhkan istirahat.

“Oleh karena itu, kita juga perlu hari recovery sebagai bentuk kita memahami tubuh kita,” tegasnya.

Adinia menilai, konsisten berolahraga yang terbilang susah itu akan menuai hasil yang indah pada akhirnya. Prinsip olahraga mirip dengan investasi, di mana hasilnya tak bisa dipetik dalam satu atau dua pekan. Jika sudah terbiasa, olahraga bisa mempengaruhi aspek kesehatan yang sangat luas, mulai dari kekuatan fisik, pikran yang lebih jernih, manajemen stress yang baik, hingga pola makan yang lebih baik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Indonesia Hadapi FIlipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda Upayakan yang Terbaik

BERIKUTNYA

Pengembalian Gelang Konser Coldplay di Jakarta Tak Masuk 3 Besar Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: