Tim panahan Indonesia telah melakoni babak kualifikasi di Olimpiade Paris 2024. (Sumber gambar: NOC Indonesia)

Hasil Tim Panahan Indonesia di Babak Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

26 July 2024   |   17:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rangkaian kompetisi Olimpiade Paris 2024 telah dimulai. Perjuangan kontingen Indonesia di ajang itu dibuka oleh pertandingan cabang olahraga panahan. Tim panahan Indonesia menjalani rangkaian kualifikasi Olimpiade 2024 yang berlangsung di Invalides Arena, Paris, pada Kamis (25/7/2024) waktu setempat. 

Tim panahan Indonesia diperkuat oleh empat atlet yaki Arif Dwi  Pangestu, Diananda Choirunisa, Rezza Octavia dan Kamal Syifa Nur Afifah. Keempatnya berkompetisi dalam empat kategori yang dipertandingan di Olimpiade 2024, yakni individu putra, individu putri, beregu putri, dan beregu campuran (mixed).

Perjuangan keempat atlet tersebut dimulai dengan babak kualifikasi, yang akan menentukan posisi ranking tim panahan Indonesia untuk empat nomor pertandingan di fase gugur. 
 
Baca juga: Olimpiade 2024 Paris Dibuka Hari ini, Cek Jadwal Tanding Atlet Indonesia
 

Berdasarkan hasil kualifikasi yang dirilis oleh Persatuan Panahan Indonesia lewat akun media sosial resminya, Choirunisa Diananda menempati urutan keenam dunia untuk kategori individu putri dengan total poin 670 (personal best). Capaian ini membuat Diananda menjadi atlet panahan putri dengan skor dan rangking tertinggi dari perwakilan Indonesia. 

Raihan itu juga menandakan adanya peningkatan yang cukup baik dari performa Diananda. Diketahui, pada penampilan perdananya di Olimpiade Tokyo 2020, Diananda berada di peringkat 44. Namun di Paris 2024, posisinya sudah bisa masuk ke 10 besar dunia. 

Posisi Diananda disusul oleh Rezza Octavia yang berada di peringkat 21 dengan 650 poin (season best), dan Kamal Syifa Nurafifah di urutan ke-43 lewat 640 poin (personal best). Sementara itu, Arif Dwi Pangestu menempati rangking dunia ke-40 untuk kategori individu putra dengan mengantongi total 656 poin.

Hasil ini sekaligus membuat tim panahan beregu putri Indonesia berada di peringkat ketujuh dan melaju ke babak 16 besar dengan raihan 1.960 poin. Adapun, tim panahan beregu campuran yang digawangi Diananda dan Pangestu menempati urutan ke-12 dengan total 1326 poin.
 

Mengutip dari situs resmi Olimpiade, terdapat sebanyak 128 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024, jumlahnya sama persis dengan pada Olimpiade Tokyo 2020. Jumlah itu terdiri dari 64 atlet panahan perempuan dan 64 atlet panahan laki-laki.

Pertandingan panahan di Olimpiade Paris 2024 akan dimulai dengan babak peringkat individu pada 25 Juli 2024, berlanjut ke rangkaian kompetisi yang akan berlangsung mulai dari 28 Juli hingga 4 Agustus 2024 di Invalides Arena, Paris.

Atlet atau tim pertama yang mengumpulkan enam poin (dua poin per set) akan memenangkan pertandingan dan melaju ke babak berikutnya, sementara yang kalah akan tereliminasi. Format ini berlanjut hingga babak final cabor panahan di Olimpiade Paris 2024. 
 

Kontingen Korea Selatan menjadi tim yang diunggulkan untuk cabor panahan, berkat catatan apik mereka di Olimpiade Tokyo 2020 dengan memenangkan empat dari lima medali emas yang diperebutkan. Tim panahan individu putri dari Korea tercatat memenangkan sembilan gelar berturut-turut di Olimpiade.

Pada nomor individu putri, atlet panahan Korea yang unggul salah satunya ialah An San yang tercatat meraih tiga emas di ajang Olimpiade. Selain itu, ada juga Kang Chae-young yang meraih medali emas beregu di Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara pada nomor individu putra, atlet panahan Korea yang dijagokan ialah Kim Woo-jin yang telah meraih dua medali emas berturut-turut pada Olimpiade London 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020 untuk nomor beregu putra. Namun, posisinya dibayangi Mete Gazoz, atlet panahan asal Turki pertama yang naik podium di Olimpiade setelah menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. 

Baca juga: Filosofi Seragam Defile Timnas Indonesia di Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

80.000 Penonton Guncang Konser Travis Scott di Milan, Disangka Gempa Oleh Warga Lokal

BERIKUTNYA

Musisi Padi & Dikta Bakal Tampil di Ajang GIIAS 2024 Akhir Pekan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: