Seragam defile tim nasional untuk acara Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. (Sumber gambar: NOC/Instagram)

Filosofi Seragam Defile Timnas Indonesia di Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

26 July 2024   |   16:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kontingen dari seluruh dunia berlomba-lomba menyiapkan pakaian terbaik untuk para atlet mereka di upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, tak terkecuali Indonesia. Komite Olimpiade Indonesia (NOC) mengumumkan seragam defile tim garuda untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024.

Lewat akun media sosial resmi, NOC mengunggah potret seragam defile yang akan dikenakan oleh para perwakilan tim Indonesia di Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. Upacara pembukaan Olimpiade 2024 dijadwalkan berlangsung pada Jumat (26/7/2024) mulai pukul 19.30 waktu setempat, atau pada Sabtu (27/7/2024) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB, di Sungai Seine, Paris, Prancis. 

Baca juga: Olimpiade 2024 Paris Dibuka Hari ini, Cek Jadwal Tanding Atlet Indonesia

Kontingen Indonesia akan mengenakan baju rancangan desainer Didit Hediprasetyo, yang sebelumnya juga merancang seragam tanding alias jersey tim garuda yang bakal dikenakan oleh para atlet selama bertanding di Olimpiade Paris 2024. 

Baju rancangannya itu tampak dikenakan oleh sejumlah figur publik seperti aktor Nicholas Saputra dan aktris Marissa Anita yang menjadi model, serta Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie bersama atlet renang Joe Aditya dan Azzahra Permatahani.

Desain seragam defile kontingen Indonesia tampak menghadirkan tampilan yang kontemporer nan sporty, dengan tetap menonjolkan budaya Nusantara. 
 

Seragam defile atlet laki-laki untuk kontingen Indonesia tampak terbuat dari washed-out denim dengan desain yang terinspirasi dari perpaduan tampilan jaket biker dengan beskap, setelan jas tradisional khas Jawa. Selain terbuat dari bahan washed-out denim, jaket tersebut juga hadir dengan tampilan dari bahan beludru yang lebih formal dan elegan.

Pada bagian lengan kirinya, tampak hadir emblem berwarna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia. Nuansa pakaian tradisional Jawa juga tampak pada penggunaan blangkon berwarna hitam berbahan kulit sebagai aksesori kepala, serta sandal selop dengan warna senada. Atasan tersebut tampak dipadukan dengan celana panjang putih untuk menciptakan tampilan aktif.  

Sementara itu, seragam atlet perempuan menampilkan atasan dengan potongan kebaya kutubaru berwarna merah yang dipasangkan dengan jumpsuit putih. Atasan kebaya tersebut tampak dirancang menggunakan dua material berbeda yakni jersey yang menghadirkan kesan kasual dan kontemporer, serta kain beludru yang menciptakan kesan kasual sekaligus elegan.

Sama seperti setelan seragam atlet laki-laki, pakaian untuk atlet perempuan juga dilengkapi dengan sandal selop berwarna hitam yang kental dengan budaya Jawa. 
 

Terinspirasi dari Raden Saleh

Kesederhanaan filosofi desain tradisional Indonesia menjadi dasar pemikiran perancang Didit Hediprasetyo dalam mendesain seragam defile Tim Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024.

Desain seragam tersebut rupanya terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pelukis pionir beraliran Romantisme asal Jawa. Kisah perjalanan Raden Saleh dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional. 

Lukisan Raden Saleh yang menghiasi dinding Rijkmuseum dan Loyvre merupakan wujud perpaduan antara budaya Jawa dan romantisme Eropa. Hal itu pun diimplementasikan oleh sang desainer dalam seragam yang akan dipakai tim Indonesia di upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024. 

"Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit Hediprasetyo.

Rencananya, seragam defile tersebut akan dikenakan oleh 14 perwakilan kontingen Indonesia yang akan berpartisipasi dalam acara Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024.

Mereka adalah Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie, atlet judo Maryam March Maharani yang membawa bendera Merah Putih, pembalap sepeda Bernard Benyamin van Aert, serta dua atlet renang Azzahra Permatahani dan Joe Aditya.

Baca juga: Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Sepanjang Sejarah Olimpiade

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

OpenAI Umumkan SearchGPT, Apa Bedanya dengan Google Search? 

BERIKUTNYA

80.000 Penonton Guncang Konser Travis Scott di Milan, Disangka Gempa Oleh Warga Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: