Selebgram dan kreator konten Ria Ricis saat sesi live streaming. (Sumber gambar: Shopee)

6 Strategi Live Streaming dari Ria Ricis Biar Panen Cuan

25 July 2024   |   21:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Live shopping kini menjadi cara berbelanja yang kian diminati masyarakat. Dalam live shopping, biasanya pelanggan tertarik untuk menonton siaran langsung (live streaming) penjual atau host suatu merek yang mempresentasikan produk secara real time. Nantinya, pelanggan akan langsung membeli dan check out produknya.

Cara ini semakin populer karena memberikan pengalaman belanja yang lebih personal dan interaktif dibandingkan dengan belanja daring tradisional. Penonton atau calon pembeli dapat melihat produk-produk yang dipromosikan, mengajukan pertanyaan, sekaligus membeli produk selama siaran berlangsung.

Baca juga: Pakar Marketing Beberkan Rahasia Kenapa Artis Mudah Banget Pecahkan Rekor di Live Shopping
 
Riset dari Jakpat pada 2023 menunjukkan 9 dari 10 online shoppers mengaku pernah menonton live shopping. Lebih dari separuh konsumen atau mencapai 86 persen responden mengaku pernah mengunjungi live shopping. Lalu sekitar 65 persen melakukan pembelian melalui live shopping.
 
Sementara itu, menurut data yang dirilis McKinsey & Company Juli 2023 menunjukkan bahwa 87 persen masyarakat di China melakukan live shopping setidaknya sekali dalam sebulan, disusul oleh masyarakat di Amerika Latin sebanyak 64 persen, Eropa (52 persen), dan Amerika Serikat (43 persen). 
 
Rata-rata bujet yang dikeluarkan dalam sekali live shopping juga cukup besar mulai dari US$82 hingga US$197 per satu kali live streaming.
 
Tak hanya memberikan fitur menarik bagi para penikmat belanja online, live shopping juga membuka peluang baru bagi seluruh pelaku usaha untuk mengembangkan kreativitas dan berkarya hingga meraih keuntungan. Hal ini turut dirasakan oleh Ria Ricis, figur publik sekaligus kreator konten yang memanfaatkan live shopping.
 
Melalui toko daringnya yang bernama Toko Ricis Official, perempuan yang akrab disapa Ricis ini sukses memulai peruntungannya menjadi kreator live shopping dengan merekomendasikan berbagai produk fesyen muslim lokal hingga berhasil meraup pendapatan yang menjanjikan.
 
Ricis mengatakan sudah hampir satu tahun dia aktif menjadi kreator di fitur live shopping di ecommerce, dengan mengkreasikan berbagai jenis konten setiap harinya demi memberikan inspirasi fesyen muslim bagi banyak perempuan muslimah di Indonesia.
 
Berawal dari kegemarannya mempromosikan produk fesyen dari para UMKM dan brand lokal, Ricis mengaku kreativitasnya sebagai kreator berhasil berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan yang signifikan sehingga mampu mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga.
 
"Termasuk dapat membeli sejumlah wishlist yang telah aku dambakan selama ini, serta berhasil membuka lapangan pekerjaan baru dengan semakin berkembangnya tim operasional Toko Ricis Official saat ini," kata perempuan berusia 29 tahun itu.
 
Ria Ricis pun membagikan sejumlah tip dalam melakukan sesi live streaming yang bisa diikuti oleh para pelaku usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal. Apa sajakah itu? Berikut adalah kiat-kiatnya.
 

1. Jadwalkan sesi live yang konsisten 

Hal pertama yang penting adalah penentuan jadwal live streaming. Ria Ricis senantiasa memanfaatkan tanggal muda seperti payday, awal bulan, serta tanggal kembar pada puncak kampanye belanja online untuk melakukan sesi live streaming karena mampu menarik banyak penonton.
 
Biasanya, sebelum memulai sesi live, dia akan memberikan informasi reminder kepada para pengikutnya di berbagai media sosial untuk memantau jadwal live streaming terdekat. Adapun, Ricis rutin mengadakan sesi live setiap hari dengan rata-rata durasi hingga enam jam. "Dengan jadwal rutin, niscaya para penonton akan setia menantikan setiap sesi live kita," katanya.
 

Selebgram dan kreator konten Ria Ricis saat sesi live streaming. (Sumber gambar: Shopee)

Selebgram dan kreator konten Ria Ricis saat sesi live streaming. (Sumber gambar: Shopee)

2. Ciptakan interaksi kuat dengan audiens

Demi menarik perhatian penonton terhadap produk yang direkomendasikan saat live, Ricis memastikan produk yang dipromosikan terlihat jelas di layar agar penonton dapat check-out dengan mudah. Didukung pencahayaan yang baik, serta latar belakang bersih dan rapi, produk akan terlihat lebih menarik.
 
Selain itu, Ricis juga selalu memberikan kesempatan kepada penonton untuk bertanya dan melihat detail produk seperti warna dan bahan, serta bagaimana produk tersebut terlihat saat dipakai di sesi try-on. Menurutnya, memmberikan informasi produk dengan jelas, mulai dari manfaat, kelebihan, hingga pengalaman pribadi, juga penting untuk memberikan pertimbangan yang kuat bagi penonton agar tertarik membeli.
 

3. Pahami kebutuhan penonton 

Saat memandu sesi live streaming, Ricis memposisikan dirinya sebagai ‘bestie’ dengan para penontonnya yang gemar berbagi inspirasi menemukan fashion journey terbaiknya. Ricis suka memberikan ide untuk mix and match modest fashion. 
 
“Tak jarang aku mendapatkan feedback positif dari penonton setia yang telah check-out produk dari sesi live-ku. Untuk mengapresiasi mereka, aku suka mendengarkan pengalaman mereka dengan produk yang dijual. Hal ini membuat penonton merasa dihargai, terlibat, dan terus terhubung sama kita," jelas Ricis.
 

4. Manfaatkan fitur pendukung 

Ricis juga mengaku konsisten mengandalkan berbagai fitur menarik yang disediakan oleh platform media sosial ataupun ecommerce untuk membangkitkan gairah belanja penonton. 
 
Misalnya, fitur Polling yang dapat digunakan untuk melibatkan penonton dalam memilih produk atau promo yang ingin mereka nikmati, hingga, fitur Tanya-Jawab. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, pelaku usaha dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memberikan pengalaman yang lebih interaktif.
 

5. Ciptakan konten video kreatif

Untuk mengoptimalkan konten di fitur live shoppinh, Ria Ricis juga kerap menggunakan template yang tersedia untuk membuat video profesional dan eye-catching dengan mudah. Template ini membantunya mengatur tata letak, gaya, dan elemen penting lainnya dalam video. 
 
Selain itu, dia juga konsisten menambahkan hingga enam produk rekomendasi ke dalam video, karena penonton akan lebih tertarik dan mudah check-out jika produk yang diulas langsung ditampilkan. Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas konten, Ricis selalu memanfaatkan hashtag yang relevan agar kontennya mudah ditemukan oleh pengguna lain.
 

6. Susun konten yang up-to-date

Menurut Ricis, penting untuk memiliki pilar konten yang solid dan konsisten, sehingga akun toko daringnya akan dengan mudah menjadi populer dan top of mind di kalangan para pengguna atau di setiap kategori yang digeluti.
 
"Mayoritas konten aku merupakan hasil kombinasi dari keseharian rutinitas aku sehari-hari yang ringan, serta konten-konten video bertemakan modest fashion tips untuk berbagai kebutuhan agar tampil menawan, juga mix and match busana muslim untuk beragam occasion," katanya.

Baca juga: Tren Live Shopping, Meta & Tokopedia Santai Hadapi Persaingan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Video Game Terlaris di Dunia, Ada Minecraft Hingga PUBG

BERIKUTNYA

Jadwal Pertandingan AFF U-19, Indonesia vs Malaysia di Semifinal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: