Ilustrasi live shopping. (Sumber gambar : Freepik/Ourteam)

Tren Live Shopping, Meta & Tokopedia Santai Hadapi Persaingan

15 March 2023   |   14:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Siaran langsung di media sosial menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir. Tidak sekadar menjadi tempat untuk menampilkan konten menarik para penggunanya, fitur ini kerap dimanfaatkan sebagai medium pemasaran produk hingga penjualan. 

Dikenal dengan nama live shopping, di Indonesia dua platform yang paling sering digunakan para penjual hingga marketplace adalah Instagram dan TikTok. Mekanismenya cukup menampilkan fisik produk secara interaktif, penontonnya dalam hal ini pengguna yang tertarik bisa langsung bertransaksi untuk membeli produk tersebut. 

Baca juga: Strategi Menangkan Hati Konsumen untuk Berbelanja di TikTok saat Ramadan

Persaingan antara Instagram (IG) dan TikTok memang cukup ketat. Namun, beberapa platform marketplace seperti Tokopedia juga menyediakan fitur live shopping untuk memberi pengalaman lebih kepada pelanggannya. 

Bicara persaingan ini, CEO Meta Indonesia Pieter Lydian menerangkan pihaknya senang adanya kompetisi dalam hal inovasi ini karena dapat meningkatkan level pelayanan perusahaan untuk para pengguna.

“Kita yang pertama menciptakan inovasi untuk sesuatu yang paling berdampak [live di IG],” ujarnya dalam acara Fortune Indonesia Summit 2023 di Gedung Tribrata, Rabu (15/3/2023).

Dengan adanya live di IG, itu sangat berguna untuk para UMKM hingga marketplace dalam membesarkan produknya. Meta dalam hal ini fokus terhadap penyedia inovasi tersebut. Menurut Pieter, salah satu keunggulan Instagram adalah daya tarik untuk mengajak konsumen bergerak ke marketplace sehingga mereka dapat menjalin kolaborasi produktif.
 

Suasana Fortune Summit 2023. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini)

Suasana Fortune Summit 2023. (Sumber gambar: Hypeabis/Desyinta Nuraini)


Oleh karena itu, Meta berencana untuk terus konsisten menjalankan prinsip partnership dan kolaborasi tersebut. Dia juga menggarisbawahi yang paling penting adalah inovasi yang diberikan untuk membantu para pengguna Instagram. 

Pada kesempatan yang sama, CMO Tokopedia Kevin Mintaraga menyatakan perusahaannya juga sangat bersemangat adlam berkompetisi karena akan muncul inovasi baru dalam hal layanan. Tokopedia pun saat ini menyediakan kanal streaming video Tokopedia Play.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling di TikTok

Fitur ini bisa dimanfaatkan merchant untuk melakukan promosi ke kustomer Tokopedia. Kevin menyebut biasanya saat melakukan live shoopping, Tokopedia bekerja sama dengan para konten kreator atau streamer untuk menjangkau pasar lebih luas. 

“Ini membuat penjualan tumbuh pesat karena multiple efek di Tokopedia dan live streaming. Live shopping kita akan semakin inovatif dari partner merchant,” imbuhnya. 

Kevin mengaku tidak terlalu khawatir dengan munculnya beberapa platform yang menghadirkan fitur siaran langsung dan memudahkan penggunanya berbelanja. Menurutnya, ada banyak faktor seorang konsumen memilih layanan untuk berbelanja. 

“Dari sisi trust, kenyamanan, seleksi pembayaran, seleksi logistik, ini salah satu kekuatan kita karena kita lebih dari satu dekade,” tegasnya.

Kevin menambahkan, justru dengan adanya pertumbuhan fitur live seperti di TikTok, bisa dimanfaatkan Tokopedia untuk membawa lebih banyak audience untuk merasakan pengalaman berbelanja serta media promosi terhadap produk atau informasi kepada pelanggan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Vin Diesel Pamer Poster Film Fast X, Momen Berkumpulnya Kembali Anggota Geng Fast & Furious

BERIKUTNYA

The Movie Critic, Film yang Disebut Sebagai Karya Terakhir Quentin Tarantino Siap Digarap

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: