Sungai Seine (Sumber Foto: Instagram/@laseineofficielle)

Pembukaan Olimpiade 2024 dan Venue Cabor Akuatik Akan Berlangsung di Sungai Seine

24 July 2024   |   14:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Olimpiade 2024 akan berlangsung di Paris, Prancis mulai 26 Juli-11 Agustus 2024. Upacara pembukaan akan berlangsung, Jumat, 26 Juli 2024 di Sungai Seine. Sebanyak 10.500 atlet dari 206 negara siap berkompetisi dalam 32 cabang olahraga dan 306 nomor pertandingan.

Indonesia sendiri akan mengirim 29 atlet yang terdiri dari 16 putra dan 13 putri. Mereka akan berlaga di 12 cabang olahraga berbeda. Jumlah ini merupakan yang terbanyak kedua di antara negara-negara kawasan Asia Tenggara setelah Thailand yang mengirimkan 50 atlet.

Baca juga: Protes Olimpiade Paris 2024, Warga Paris Ancam BAB di Sungai Seine

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan dikemas dalam sebuah acara parade di sungai Seine. Pihak penyelenggara telah menyiapkan sejumlah perahu yang nantinya akan ditumpangi para atlet perwakilan dari seluruh kontingen yang akan berlaga selama 16 hari gelaran Olimpiade.

Nantinya sungai Seine akan dilalui oleh 6.000 hingga 7.000 atlet yang menaiki 85 tongkang dan perahu, menandai pertama kalinya upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas diselenggarakan di luar stadion atletik utama.

Para atlet akan menyusuri sungai Seine sepanjang 6 kilometer dari jembatan Austerlitz di sebelah timur sampai ke Menara Eiffel. Mereka dapat melihat sekilas beberapa tempat pertandingan resmi Olimpiade, termasuk Parc Urbain La Concorde, Esplanade des Invalides, Grand Palais, dan Jembatan Pont d'léna tempat parade akan berhenti sebelum upacara penutupan di Trocadéro.

 

 
Selain digunakan sebagai lokasi upacara pembukaan Olimpiade 2024, sungai Seine juga menjadi tempat ditandingkannya sejumlah cabang olahraga. Tepatnya dihelat di Pont d'lena jembatan yang membentang di atas sungai Seine. Area ini memiliki kapasitas 13.000 orang dengan 3.000 tempat duduk.

Jembatan Pont d'lena menghubungkan menara Eiffel di tepi Kiri dengan distrik Trocadéro di tepi Kanannya. Cabang olahraga yang akan digelar di Pont d'lena adalah akuatik (Renang Marathon), atletik (Marathon, Jalan Cepat), bersepeda, dan triathlon.

Sungai Seine yang menjadi lokasi dihelatnya upacara pembukaan Olimpiade 2024, telah menjadi landmark Paris, Prancis. Sungai ini mengalir dari timur ke barat, melintasi beberapa pusat kota, seperti Troyen dan Rouen sebelum mengalir ke Selat Inggris.

Sungai ini membentang sepanjang 13 kilometer pada ketinggian tepat 26,72 meter di atas permukaan laut. Lebarnya sekitar 30 hingga 200 meter dan kedalaman dari 3,4 hingga 5,7 meter. 

Wali Kota Paris, Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine pada Rabu 17 Juli 2024, demi membuktikan bahwa sungai tersebut cukup bersih untuk digunakan dalam Olimpiade 2024 di Paris.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 dirancang dengan konsep terbuka yang bisa disaksikan oleh seluruh warga Prancis. Nantinya akan disiapkan sebanyak 80 layar raksasa dan pengeras suara yang memungkinkan semua orang bisa menyaksikan langsung upacara pembukaan Olimpiade.

Sebanyak 300.000 penonton akan menyaksikan upacara tersebut dari tribun dan tepian sungai, serta tambahan 200.000 orang lainnya yang menonton dari apartemen-apartemen di sekitar lokasi.

Baca juga: Jadwal & Link Live Streaming Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pentingnya Skrining Kesehatan, Cegah Penyakit Kronis & Kurangi Beban Biaya

BERIKUTNYA

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Argentina vs Maroko di Olimpiade 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: