Logo Olimpiade. (Sumber gambar: situs resmi Olympics)

Jadwal & Link Live Streaming Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

24 July 2024   |   06:26 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Upacara pembukaan atau opening ceremony Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada Jumat (25/7/2024) mulai pukul 19.30 waktu setempat atau pada Sabtu (26/7/2024) dini hari sekitar pukul 00.45 WIB. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, upacara pembukaan Olimpiade akan digelar di luar stadion, tepatnya di sepanjang Sungai Seine, Paris, Prancis.

Dikutip dari situs resmi Olympics, upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan dikemas dalam sebuah acara parade yang berlangsung di Sungai Seine. Penyelenggara telah menyiapkan sejumlah perahu yang nantinya akan ditumpangi oleh sebanyak 10.500 atlet perwakilan dari seluruh kontingen yang akan berlaga selama 16 hari gelaran Olimpiade.

Baca juga: LeBron James Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Pembukaan Olimpiade 2024 di Paris

Nantinya, para atlet akan menyusuri sungai Seine sepanjang 6 kilometer dari timur ke barat, tepatnya dari dari jembatan Austerlitz di samping Jardin des Plantes sampai ke depan Trocadero, tempat elemen protokol Olimpiade dan pertandingan terakhir akan berlangsung.
 

Penyelenggara Olimpiade menuliskan para atlet yang menaiki perahu dalam parade tersebut nantinya dapat melihat sekilas beberapa tempat pertandingan resmi Olimpiade, termasuk Parc Urbain La Concorde, Esplanade des Invalides, Grand Palais, dan Jembatan Iéna tempat parade akan berhenti sebelum upacara penutupan di Trocadéro.

"Atlet akan menjadi jantung dan jiwa upacara tersebut. Dengan dibuka dengan parade atlet, Olimpiade Paris 2024 mendobrak tradisi. Atlet akan tampil di panggung selama pembukaan dan selama upacara sebagai bagian dari tujuan Paris 2024 untuk menyelenggarakan Olimpiade yang diciptakan untuk dan oleh atlet," demikian tulis situs resmi Olympics.

Lantaran digelar di luar stadion, upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 dirancang dengan konsep acara yang terbuka dan bisa disaksikan oleh seluruh warga Prancis. Nantinya akan disiapkan sebanyak 80 layar raksasa dan pengeras suara yang ditempatkan secara strategis, sehingga memungkinkan semua orang bisa menyaksikan langsung upacara pembukaan Olimpiade.

"Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan menjadi yang terbesar dalam sejarah Olimpiade. Upacara ini akan terbuka untuk semua orang, penduduk Paris dan wilayahnya, serta pengunjung dari seluruh Prancis dan seluruh dunia," tulis Olympics.
 


Upacara pembukaan Olimpiade 2024 akhir pekan ini menandai kali ketiga obor Olimpiade menyala secara resmi di Paris. Ibu Kota Prancis itu tercatat sudah dua kali menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional itu, yakni pada edisi kedua tahun 1900 dan edisi ke-8 pada 1942 silam. 

Menjadi edisi ke-33, Olimpiade 2024 akan melibatkan total 329 event dari 32 cabang olahraga yang diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Laga Olimpiade 2024 akan dimulai pada 24 Juli 2024 dan berakhir pada 11 Agustus 2024 waktu setempat.

Pertandingan perdana Olimpiade akan dimulai Rabu, 24 Juli 2024 waktu setempat, atau sekira 2 hari sebelum pembukaan. Beberapa cabang olahraga yang memulai gelaran lebih dulu di antaranya sepak bola, panahan, rugby sevens, hingga handball.

Kontingen Indonesia kali ini mengirimkan 29 atlet dari 12 cabang olahraga, yakni panahan, panjat tebing, senam artistik, menembak, selancar ombak, angkat besi, dayung, balap sepeda, bulu tangkis, judo, atletik, dan renang.

Pada upacara pembukaan Olimpiade 2024, atlet judo Maryam March Maharani terpilih sebagai pembawa bendera merah putih untuk kontingen Indonesia. Amanat itu diberikan lantaran Maryam merupakan atlet judo pertama yang lolos kualifikasi Olimpiade.

Link Live Streaming Opening Ceremony Olimpiade 2024
Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada Jumat (25/7/2024) mulai pukul 19.30 waktu setempat atau pada Sabtu (26/7/2024) dini hari sekitar pukul 00.45 WIB. Sementara laga Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Baca juga: Intip Keindahan The Porte de la Chapelle Arena, Venue Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024

Siarannya dapat disaksikan melalui platform streaming Vidio atau di saluran televisi SCTV. Untuk menyaksikannya lewat live streaming, kalian perlu mengaktifkan paket berbayar terlebih dahulu di layanan OTT Vidio. Berikut adalah link live streaming Olimpiade Paris 2024.

Link Live Streaming Opening Ceremony Olimpiade 2024

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Trailer Emily in Paris Season 4 Dirilis, Hadirkan Simalakama Kisah Percintaan Emily

BERIKUTNYA

Lineup Venice Film Festival 2024, Ada Joker 2 & The American Backyard

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: