Didiet Maulana (Sumber Foto: Instagram/@didietmaulana)

Didiet Maulana Hadirkan Instalasi Kebaya Kala Kini di Kebaya Fest 2024

23 July 2024   |   19:04 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kebaya Fest 2024 merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Kebaya Nasional yang diperingati pada 24 Juli 2024. Gelaran ini bakal berlangsung mulai 26-28 Juli 2024 pukul 15.30 WIB, bertempat di Pos Bloc Jakarta atau Gedung Filateli Jakarta. Biaya masuknya gratis, namun dengan tempat terbatas. 

Kegiatannya mencakup Kebaya Wicara, sesi bincang-bincang bersama Didiet Maulana mengenai instalasi Kebaya Kala Kini. Selain itu, bakal ada pula peluncuran Kebaya Indonesia sebagai lagu yang diciptakan khusus untuk Hari Kebaya Nasional. 

Baca juga: Film Pendek Kebaya Kala Kini Tampilkan Potret Berkebaya Sebagai Identitas Perempuan Indonesia

Lagu ini akan dinyanyikan oleh lima wanita kebanggan Tanah Air, yakni Andien, Rieka Roeslan, Yuni Shara, Iga Mawarni, dan Nina Tamam. Ada juga acara Kebaya Berdendang oleh Fanny Soegi, Dansa Dansi yang menampilkan lagu-lagu Nusantara dalam pesta dansa berkebaya, serta Pasar Kebaya dan Kebaya Menari. 

Didiet Maulana, desainer kenamaan Tanah Air yang juga pendiri IKAT Indonesia, turut berpartisipasi dalam gelaran tersebut. Kepada Hypeabis.id, dia mengungapkan sejauh mana persiapannya berpartisipasi di Kebaya Fest 2024.

"Saya sudah menyiapkan instalasi Kebaya Kala Kini yang menampilkan berbagai look kebaya, mulai dari kebaya vintage sampai kebaya modern," kata Didiet dalam wawancaranya bersama Hypeabis.id, Selasa (23/7/2024).

Didiet Maulana telah menyiapkan instalasi khusus yang disebut Kebaya Kala Kini. Instalasi ini merupakan bagian dari perjalanannya dalam membuat buku riset tentang kebaya yang pernah dibuatnya sepanjang kariernya sebagai perancang busana. 

Instalasi ini juga akan menampilkan impresinya terhadap kebaya serta berbagai desain dan pola yang pernah dia buat. Di sana juga akan diperlihatkan cara memakai kain untuk bawahan kebaya, memberikan panduan bagi para pengunjung tentang cara mengenakan kebaya dengan benar.

 
 
Didiet juga akan berkolaborasi dengan kelima wanita yang akan menyanyikan lagu Kebaya Indonesia di Hari Kebaya Nasional. Mereka adalah Andien, Rieka Roeslan, Yuni Shara, Iga Mawarni, dan Nina Tamam. "Saya akan membuat busana yang akan dikenakan oleh kelima wanita tersebut pada acara Kebaya Fest 2024," paparnya.

Didiet Maulana sendiri telah berkecimpung di dunia mode Tanah Air selama lebih dari 12 tahun. Dijuluki maestro tenun ikat dan kebaya, tak heran kalau orang-orang langsung teringat namanya saat bicara tentang busana tradisional Indonesia.

Pada 2011, dia mendirikan IKAT Indonesia by Didiet Maulana yang mengolah tenun ikat menjadi busana siap pakai. Tak hanya itu, dia kemudian meluncurkan SVARNA by IKAT Indonesia yang fokus pada busana premium. Ada pula Sarupa by IKAT Indonesia yang bergerak di bidang pembuatan seragam dengan wastra Indonesia.

Didiet Maulana telah mengukuhkan namanya sebagai salah satu desainer paling berpengaruh di Indonesia. Tahun ini partisipasinya dalam gelaran Kebaya Fest 2024, tak lepas dari ajakan Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation dan Galeri Indonesia Kaya.

Keterlibatannya di Kebaya Fest 2024 akan memberikan sentuhan khusus pada acara tersebut, mengingat reputasinya dalam merancang kebaya dan tenun ikat. Didiet berharap dengan terselenggaranya Kebaya Fest 2024, seluruh wanita Indonesia bisa menjadikan kebaya sebagai pilihan dalam berbusana.

"Dengan adanya Hari Kebaya Nasional dan Kebaya Fest 2024 ini, saya harap kebaya bisa menjadi inspirasi berbusana bagi semua generasi, baik untuk menghadiri acara formal maupun kasual," ungkap Didiet.

Baca juga: Rangkaian Acara Hari Kebaya Nasional 2024, Ada Parade dan Lomba Berkebaya

Kebaya Fest 2024 diharapkan dapat mengukuhkan kebaya sebagai bagian integral dari budaya dan mode Indonesia, serta menginspirasi generasi muda untuk melestarikan dan mengenakan busana tradisional ini dengan bangga.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Tips Memilih Pakaian Anak yang Nyaman & Stylish

BERIKUTNYA

Pentingnya Sirkulasi Udara & Air Purifier Dalam Menjaga Kondisi Udara Ruangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: