Kegiatan mewarnai karakter menjadi salah satu kegiatan saat Hari Anak Nasional (Sumber gambar/ilustrasi: pexels/ Alexander Grey)

5 Ide Kegiatan Kreatif Untuk Mengisi Hari Anak Nasional

23 July 2024   |   13:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada berbagai cara yang dapat menjadi pilihan bagi orang tua dan anak untuk mengisi Hari Anak Nasional. Salah satu di antaranya adalah membuat kegiatan kreatif yang dapat membangun ikatan antara keduanya dan juga dapat membantu meningkatkan kreativitas si kecil.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, peran keluarga sangat penting dalam proses perkembangan anak. Salah satu peran itu adalah terkait dengan fungsi sosialisasi dalam lingkup keluarga yang akan membentuk kepribadian anak.

Baca juga: 10 Ucapan Hari Anak Nasional 2024, Apresiasi Lebih si Buah Hati

Anak akan mempelajari beragam pola sikap, tingkah laku, keyakinan, cita-cita, dan nilai di masyarakat lewat interaksi sosial dalam keluarga. Di antara interaksi sosial dalam keluarga, hubungan antara orang tua dan anak menjadi yang paling penting.

Hubungan orang tua dan anak ini menjadi dasar utama perkembangan sosial sang buah hati. Saat keduanya melakukan interaksi, proses bonding akan tercipta sehingga membuat ikatan keduanya kian lekat.

Ikatan yang kuat antara orang tua dan anak pun dapat memberikan dampak positif yang berimplikasi besar jika dibandingkan dengan pengaruh sosial lainnya. Untuk itu, upaya orang tua membangun ikatan dengan anak sebenarnya harus dilakukan setiap waktu.

Meskipun begitu, pada peringkatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli, ibu dapat mengajak anak untuk bermain lewat beragam kegiatan kreatif, seru dan menyenangkan. Dengan begitu, bonding dengan sang anak dapat tercipta.

Ada banyak jenis kegiatan yang dapat dimainkan bersama sang buah hati. Berikut beberapa ide permainan kreatif yang dirangkum dari berbagai sumber:


1. Mewarnai Gambar Karakter

Ide kegiatan kreatif pertama yang dapat menjadi pertimbangan orang tua untuk bermain dengan anak adalah mewarnai bersama. Ayah bunda bisa membeli buku mewarnai yang berisi gambar dan karakter kesukaan anak, atau mencetak gambar-gambar tertentu dan mewarnainya bersama-sama saat waktu luang.

Kegiatan mewarnai bersama dapat merangsang sensor motorik anak, melatih kreativitasnya, serta meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, serta dapat meningkatkan bonding orang tua dan anak. Kegiatan mewarnai juga bisa membuat anak mengenal warna-warna lewat media bermain yang aplikatif.


2. Menggambar Objek Kesukaan Anak

Selain mewarnai, kegiatan kreatif yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak adalah menggambar. Genhype bisa menggambar pemandangan, karakter-karakter kartun lucu, buah, atau barang-barang yang menjadi kesukaan anak.

Kegiatan menggambar juga memiliki beragam manfaat. Selain meningkatkan kreativitas, aktivitas kreatif ini dapat menjadi media ekspresi bagi anak dan orang tua. Tidak hanya itu, kegiatan menggambar juga bisa menjadi 'obat' pelepas lelah bagi anak dan orang tua setelah sibuk dengan kegiatan sehari-hari.


3. Bermain Permainan Tradisional

Ide kegiatan kreatif lain yang bisa menjadi pilihan dalam memeriahkan Hari Anak Nasional adalah bermain permainan tradisional. Ada banyak permainan tradisional yang menarik untuk anak yang mungkin tidak dikenal oleh generasi saat ini.

Bagi anak, bermain adalah media untuk belajar banyak hal, seperti mengenal aturan, bersosialisasi, kerja sama, mengenal sportivitas, dan sebagainya. Beberapa jenis permainan tradisional pun umumnya melekat dengan adat istiadat budaya yang dianut sehingga menjadi media untuk mengenalkan budaya asli keluarga.

Di Betawi misalnya, ada beberapa permainan tradisional yang seru dimainkan orang bersama anak seperti petak umpet, lompat tali/karet, uler-uleran, galasin dan banyak lagi.


4. Membuat kerajinan tangan

Kegiatan kreatif membuat kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi Hari Anak Nasional yang dirayakan pada 23 Juli. Ayah bunda dapat membuat berbagai kerajinan menggunakan kertas origami, seperti pesawat, burung, katak, kapal, dan sebagainya.

Beragam manfaat yang dapat diraih oleh anak dari pembuatan kerajinan tangan dengan kertas origami adalah melatih kesabaran, mengenal bentuk, mengikuti arahan, dan sebagainya selain meningkatkan kreativitas.


5. Membaca Cerita & Dongeng

Kegiatan membaca cerita dan dongeng menjadi salah satu aktivitas kreatif yang juga bisa memacu kreativitas anak serta meningkatkan bonding antara anak dan orang tua.

Ayah bunda bisa membaca cerita-certa atau dongeng yang memiliki pesan moral yang baik untuk anak. Sumbernya dapat ditemukan dari buku-buku cerita anak, hingga dongeng tradisional yang biasa diceritakan orang tua zaman dulu yang diwariskan secara turun termurun.

Baca juga: Menilik Sejarah & Tema Hari Anak Nasional 2024

Masih banyak lagi kegiatan kreatif dan seru yang dapat dimainkan orang tua dengan si kecil dalam rangka mengisi Hari Anak Nasional. Meski demikian, momen Hari Anak ini sebaiknya menjadi kesempatan para orang tua untuk lebih memenuhi semua aspek kebutuhan dan hak-hak anak, baik dalam bentuk kehadiran orang tua, perhatian, hingga memerhatikan tumbuh kembangnya agar menjadi generasi unggul.

 Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bank Digital Makin Diminati Gen Z, Ini Fitur & Benefit yang Paling Dicari

BERIKUTNYA

LeBron James Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Pembukaan Olimpiade 2024 di Paris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: