Anak memiliki hak untuk mendapatkan kasih sayang (Sumber gambar: Pexels/ Faye Shearwood)

10 Ucapan Hari Anak Nasional 2024, Apresiasi Lebih si Buah Hati

23 July 2024   |   07:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 23 Juli, masyarakat di Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Dalam perayaannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Genhype. Salah satunya adalah dengan saling berkirim ucapan yang dapat membuat peringatan ini tetap meriah, dan tetap dalam semangat meningkatkan kepedulian terhadap anak.

Dikutip dari Buku Pedoman Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 Tahun 2024, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengungkapkan bahwa anak mengisi sepertiga dari total penduduk Indonesia dan merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak dan perlindungannya.

Pada saat ini, berbagai permasalahan seperti kekerasan, perkawinan anak, anak berhadapan dengan hukum, penyalahgunaan teknologi digital – khususnya dalam bentuk gim dan judi online, serta masalah lainnya yang masih menimpa anak Indonesia.

Kondisi tersebut merupakan tantangan semua pihak dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencapai Indonesia Emas 2045. 

Baca juga: Menilik Sejarah & Tema Hari Anak Nasional 2024

“Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan program prioritas nasional pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang mencakup, diantaranya: Peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan/pengasuhan anak, Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, Penurunan pekerja anak, dan Pencegahan perkawinan anak,” tulisnya dalam kata pengantar.

Dia mengungkapkan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menindaklanjuti amanat tersebut dengan berbagai kebijakan, program, dan kegiatan untuk mengintegrasikan hak anak, mencegah berbagai bentuk kekerasan serta menyediakan layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Meskipun begitu, dia mengatakan bahwa upaya tersebut tidak akan berhasil secara maksimal tanpa kerja sama dari semua pemangku kepentingan, baik di pusat, daerah, maupun masyarakat.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 pada 2024 dikemas secara hibrida dan dirangkaikan dengan berbagai aktivitas langsung di masyarakat agar dapat menjangkau lebih banyak anak, termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) dari 38 provinsi di Indonesia.

Adapun, tema pelaksanaan HAN ke-40 Tahun 2024 adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan 6 subtema yang disesuaikan dengan isu-isu anak terkini dan relevan.

Dia menambahkan tema dan subtema yang diusung itu diharapkan dapat memperkuat komitmen kita bersama untuk terus memberikan perlindungan dan memastikan pemenuhan hak anak-anak Indonesia dalam menghadapi berbagai persoalan yang terus berkembang di tengah masyarakat.

Nah, bagi Genhype yang hendak merayakan Hari Anak Nasional dengan memberikan ucapan agar perayaan kian semarak dan meningkatkan kepedulian terhadap anak, berikut kata-kata yang bisa digunakan:
  1. Selamat Hari Anak Nasional. Anak adalah generasi penerus bangsa, mari kita jaga dan pastikan seluruh haknya terpenuhi
  2. Perkembangan dan kemajuan anak adalah perkembangan dan kemajuan Indonesia karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Selamat Hari Anak Nasional.
  3. Selamat Hari Anak Nasional. Mari kita melindungi setiap anak karena perlindungan terhadapnya berarti menjaga bangsa.
  4. Berjuang menjaga bangsa tidak sekadar mengangkat senjata. Langkah setiap individu menjaga anak juga menjadi bagian dari perjuangan melindungi Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional.
  5. Terbanglah setinggi-tinggi mungkin untuk meraih cita-cita, anak Indonesia. Kalian adalah generasi penerus bangsa yang akan membawa negara ini menuju kejayaan.
  6. Setiap anak memiliki hak untuk bahagia, mendapatkan perlindungan, kasih sayang, tumbuh, dan berkembang. Mari kita menciptakan Indonesia yang ramah terhadap anak dengan masa depan negeri ini. Selamat Hari Anak Nasional.
  7. Mari menjadikan anak Indonesia sebagai individu yang cerdas, ceria, penuh semangat, kreatif, dan berkarakter.  Selamat Hari Anak Nasional.
  8. Anak seperti kertas kosong. Mari tulis hal-hal baik dan indah di atasnya demi masa depan yang lebih baik. Selamat Hari Anak Nasional.
  9. Stop kekerasan terhadap anak. Jaga dan penuhi semua hak anak. Selamat Hari Anak Nasional.
  10. Anak adalah titipan dan anugerah terindah dari Sang Mahakuasa. Mari jaga dan lindungi dengan sepenuh hati.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jelajah Landmark Jakarta dan Seluruh Nusantara Bersama Komunitas Eat Chat Walk

BERIKUTNYA

Sejarah Panjang Mobil Listrik, Sudah Eksis Sejak 1800-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: