Ilustrasi seseorang mengenakan kebaya. (Sumber gambar: Freepik)

7 Rekomendasi Baju Kebaya untuk Hari Kartini 2024, Cantik nan Anggun

20 April 2024   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi perayaan Hari Kartini, salah satunya mengenakan baju kebaya. Biasanya, untuk memperingati Hari Kartini tiap 21 April, para perempuan di kantor atau sekolah akan mengenakan baju kebaya dengan berbagai model dan warna.
 
Hal ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa R.A. Kartini yang telah memperjuangkan emansipasi perempuan. Seperti diketahui, pada beberapa potret, Kartini memang identik dengan baju kebaya khas perempuan Jawa dan rambutnya yang disanggul rapi.

Baca juga: 5 Fakta Kebaya Janggan yang Dikenakan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek
 
Kebaya adalah pakaian bagian atas yang memiliki karakteristik terbuka di bagian depan, dan dibuat secara tradisional dari kain ringan seperti brokat, katun, kasa, renda, voile, dan terkadang dihiasi dengan sulaman. Sementara bagian depan diamankan dengan kancing, pin, atau bros. 
 
Sedangkan pakaian bagian bawah untuk pakaian ini biasanya dikenal sarung, kemben, atau sepotong kain panjang yang dililitkan di pinggang dan dapat berupa batik, ikat, songket ataupun tenun.
 
Kini, baju kebaya hadir dengan beragam kombinasi model, bahan, serta warna yang bisa membuat pemakainya tampak anggun dan feminin. Berikut adalah beberapa rekomendasi baju kebaya untuk perayaan Hari Kartini 2024.
 

1. Kebaya Kutubaru

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SANDHAYU (@sandhayang.ayu)


 
Kutubaru menjadi salah satu model kebaya yang populer saat ini. Model ini kerap dianggap sebagai kebaya klasik yang paling ikonik, ditandai dengan siluetnya yang memiliki gier (lapisan bagian tengah di bagian depan kebaya). 
 
Potongan kebaya ini cenderung memiliki lengan yang lebih ketat dan garis standar yang khas. Biasanya, untuk memakai kebaya kutubaru, dibutuhkan tambahan korset atau longtorso yang dipakai bersama kebaya.
 

2. Kebaya Encim

 

 
Pilihan model kebaya klasik lainnya yakni kebaya encim. Model kebaya ini umumnya terbuat dari kain lembut, tipis, kadang transparan, dan dihiasi dengan sulaman teknik krancang atau bordir terawang. Bagian bawahnya dipotong runcing di depan, dengan pilihan warna yang cerah. Tradisi penggunaan kebaya encim telah lama diterapkan oleh perempuan Betawi, dan menjadi bagian penting dari busana adat mereka.
 

3. Kebaya Putih

 

 
Kebaya putih bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin tampil simpel namun tetap anggun. Kebaya putih kini hadir dengan beragam model dan bahan. Selain simpel, kebaya putih juga bisa dipadukan dengan beragam jenis kain sebagai bawahan. Termasuk, bisa dipadukan dengan beragam alas kaki, mulai dari heels, flat shoes, ataupun sneakers.
 
Kebaya juga hadir dalam bentuk tunik, pakaian yang biasanya didesain secara simpel dengan panjang ke bawah mulai dari pinggul hingga betis. Kebaya tunik bisa menjadi pilihan terutama bagi kalangan perempuan berhijab, karena potongan bajunya yang panjang dan biasanya lebih longgar.
 

5. Kebaya Brokat

 


 
Brokat adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk kebaya. Jenis kain ini biasanya dibuat dengan teknik sulam untuk menghasilkan pola-pola rumit seperti bunga atau unsur alam menarik lainnya. Brokat pun ada beberapa jenis seperti brokat tile, brokat prada, hingga brokat Prancis. Dengan mengenakan kebaya brokat, penampilan kalian akan tampak lebih elegan dan terkesan mewah.
 

6. Kebaya Janggan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fahmi Irawan (@fahmiirawan)


 
Belakangan kebaya janggan juga populer berkat penampilan aktris Dian Sastro dalam serial Gadis Kretek. Janggan merupakan model kebaya Jogja yang mempunyai potongan mirip surjan kemudian dilengkapi pula dengan kancing yang menutup leher. Kebaya janggan ini membuat tampilan seseorang menjadi lebih anggun sekaligus memancarkan aura tegas yang kuat.
 

7. Kebaya Beludru

 

 
Kain beludru adalah jenis kain yang terkenal dengan kelembutannya dan tampilan yang mewah. Bahan satu ini juga kerap digunakan untuk kebaya. Usahakan pakai kebaya beludru yang sesuai dengan bentuk badan. Dengan begitu, tampilan kalian akan tampak elegan, anggun sekaligus mewah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cara Cek Penerima Program Indonesia Pintar 2024, Intip Jadwal Cair & Besaran Insentifnya

BERIKUTNYA

Hypereport: God Bless Rilis Vinyl Eksklusif Album Anthology di Record Store Day Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: