Makanan Sehat (Sumber Foto: Freepik/master1305)

7 Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang untuk Menambah Berat Badan

20 July 2024   |   09:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi impian banyak orang. Selain bisa membantu meningkatkan penampilan, juga baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang yang dapat menambah berat badan. 

Secara umum, makanan yang membantu menambah berat badan mengandung kalori dan protein yang tinggi, baik dari sumber hewani maupun nabati. Protein berperan dalam meningkatkan massa otot, yang secara otomatis juga menambah berat badan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantumu mencapai berat badan ideal dengan cara sehat. 

Baca juga: 5 Panduan Diet Sehat dari Ahli Gizi Dalam Mengatur Makanan & Berat Badan Ideal
 

1. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing adalah pilihan makanan yang kaya kalori dan protein. Dalam 100 gram daging merah matang, terkandung sekitar 273 kalori. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit kanker kolon.
 

2. Dada ayam

Dada ayam adalah sumber protein yang tinggi dan kalori, dengan satu porsi mengandung sekitar 128 kalori. Bagian ayam ini juga mengandung sedikit lemak, selenium, fosfor, zinc, kalium, serta vitamin B6 dan B12. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu makanan lezat seperti soto, semur, tumisan, atau isian roti lapis.
 

3. Kentang

Kentang adalah bahan pangan nabati yang padat kalori dan mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk pencernaan. Banyak orang memilih kentang sebagai menu makanan sehari-hari karena dapat diolah dengan mudah. Misalnya Kentang bisa dibuat mashed potato dengan cara merebus, menumbuk, dan mencampurkannya dengan susu. 
 

4. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein dan lemak sehat yang bisa dikonsumsi untuk menambah berat badan. Makanan ini juga baik untuk kesehatan otak karena mengandung asam lemak omega-3. Supaya lebih menyehatkan, kamu bisa mengolah ikan salmon dengan cara dipanggang tanpa minyak atau mengukusnya setelah diberi bumbu tambahan.
 

5. Telur

Telur ayam mengandung 154 kalori, 10,8 gram lemak, dan 12,4 gram protein per 100 gram. Supaya mendapatkan manfaat penuh dari telur, konsumsilah sebutir telur secara utuh karena kandungan kalori, lemak, dan proteinnya lebih banyak terdapat pada kuning telur. 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, mete, kenari, dan pistachio adalah makanan padat kalori, tinggi protein, dan kaya nutrisi. Satu porsi kacang bisa mengandung setidaknya 360 kalori. Kamu bisa mengonsumsinya langsung, menambahkannya pada sereal atau yoghurt, atau membuat selai kacang tanpa gula.


7. Buah alpukat

Alpukat adalah buah berkalori tinggi yang kaya nutrisi seperti asam lemak tak jenuh tunggal, serat, magnesium, kalium, protein, asam folat, serta vitamin C, E, dan K. Alpukat bisa dimakan langsung atau ditambahkan sebagai campuran smoothies tanpa gula, isian roti lapis, dan salad buah. 

Baca juga: Mengenal Genomic Testing untuk Membantu Program Diet dan Berat Badan Ideal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful MIllah 

SEBELUMNYA

Tiga Arsitek Indonesia Pamer Karya di Crossing Horizons: Cities in Dialogue Barcelona

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Catur Sedunia yang Diperingati Tiap 20 Juli

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: