(Pexels/Shiny Diamond)

Hati-Hati, Konsumsi Makanan Ini Secara Berlebih Bisa Merusak Penampilan

10 May 2021   |   13:52 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Konsumsi makanan dan minuman yang cukup dan teratur sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum. Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis dan kadar yang dikonsumsi.

Tak sedikit makanan dan minuman yang banyak kita konsumsi bisa menimbulkan berbagai permasalahan. Alih-alih bikin sehat, konsumsi sejumlah produk bisa menimbulkan efek negatif.

Dirangkum Hypeabis.id berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa merusak penampilan kalian, jika dikonsumsi dalam takaran berlebihan :

Gula

Ketika kalian mengonsumsi gula dengan jumlah banyak, maka sel tubuh akan memproses kelebihan molekul gula dan menggabungkannya dengan protein hingga tercipta glycation.

Ini adalah proses saat gula masuk dalam tubuh dan bisa berdampak buruk bagi kulit. Gula juga bisa menempel pada gigi dan menyebabkan munculnya bakteri hingga terjadi pembusukan.

Alkohol

Minuman beralkohol dapat memicu terjadinya rosacea atau peradangan kronis pada kulit wajah. Alkohol juga mengganggu kerja liver yang bisa menyebabkan jerawat, kulit kusam, dan keriput.

Minuman Berenergi

Kendati bisa membuat tubuh merasa segar, minuman berenergi tidak bagus untuk kesehatan gigi karena membuat gigi jadi lebih asam dan rentan terhadap noda.

Teh Hitam

Teh jenis ini mengandung tannin yang cukup tinggi, sehingga membuat gigi lebih berpori dan dengan mudah menimbulkan noda yang sulit dihilangkan.

Makanan Asin

Hampir setiap masakan pasti menggunakan garam, termasuk makanan kaleng yang diawetkan. Tapi nih, konsumsi sodium yang terlalu banyak bisa membuat kulit kelihatan bengkak.

Makanan Pedas

Hampir sama seperti alkohol, makanan pedas bisa memicu terjadinya rosacea. Makanan juga bisa merusak kulit saat menopause. Selain itu, makananan yang pedas membuat pembuluh darah menjadi lebih reaktif.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Menjelajah Kuliner Khas Lebaran di Berbagai Negara

BERIKUTNYA

Sudah Tahu Kan? Ada Fitur Baru dalam Pesan Facebook & DM Instagram Lho!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: