Makan banyak serat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Sumber: Tokopedia)

5 Inspirasi Makanan Sehat Saat Lebaran

09 May 2021   |   08:35 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Idulfitr jadi momen tepat untuk berkumpul dengan keluarga bersama-sama merayakan hari raya dan tentunya menyantap banyak makanan.

Godaan ada di mana-mana dan kita sering kali 'lepas kendali' saat Lebaran sebagai salah satu cara balas dendam setelah berpuasa selama sebulan.

Keinginan untuk makan meningkat tidak hanya saat Lebaran, loh. Banyak juga yang memperpanjang kebiasaan ini hingga beberapa pekan setelah hari raya.

Untungnya sekarang kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat makin meningkat.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan hal ini terlihat dari kenaikan penjualan makanan berbahan dasar sehat dan alami di Tokopedia.

"Transaksi makanan sehat seperti granola meningkat hampir tiga kali lipat, yogurt dan oat lebih dari empat kali lipat, sedangkan muesli meningkat hampir enam kali lipat pada kuartal I/2021 dibanding kuartal yang sama pada 2020," katanya.

Ekhel menambahkan jumlah transaksi sayuran meningkat hampir 4x lipat pada kuartal I/2021 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.
 

Pemilik Serasa Salad Bar, Fitriani Rahmah mengungkapkan, dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat. (Sumber: Tokopedia)

Pemilik Serasa Salad Bar, Fitriani Rahmah mengungkapkan, dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat. (Sumber: Tokopedia)


Berkolaborasi dengan Serasa Salad Bar, Tokopedia membagikan tips dan inspirasi makana sehat yang bisa kalian ikuti saat Lebaran hingga seterusnya.

1. Hindari Makanan Kemasan
Membuat kue atau camilan sendiri di rumah dapat menjadi alternatif makanan yang lebih sehat saat Lebaran.  “Dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat,” ujar Pemilik Serasa Salad Bar, Fitriani Rahmah.

2. Tambah Konsumsi Serat
Menyajikan sayur-sayuran, misalnya salad, di antara hidangan Lebaran bisa menyeimbangkan kebutuhan serat dan vitamin tubuh.

3. Ingin Minuman Manis, Ganti dengan Smoothies.
Minuman manis tentunya menjadi andalan saat merayakan hari kemenangan, tetapi yang perlu diperhatikan adalah hindari mengonsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak gula.

Green Smoothies dari Serasa, misalnya, menawarkan perpaduan rasa segar dari nanas, daun mint dan manisnya kurma bisa menjadi alternatif minuman menyegarkan dan sehat.

4. Perbanyak Minum Air Putih
Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kandungan mineral yang baik di dalam air putih juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar menyambut hari kemenangan.

5. Salad Buah untuk Dessert
"Kombinasikan potongan buah-buahan dengan yoghurt dan granola
agar makan buah jadi menyenangkan. Selain itu, salad buah juga bisa menjadi menu penyegar yang sangat praktis untuk disajikan saat Lebaran,” tutup Fitri.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Brand Lokal Makin Semangat Naik Kelas

BERIKUTNYA

Ambisi Jepang Ingin Geser Hong Kong sebagai Hub Seni Asia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: