Berbagai koleksi fesyen desainer JMFW (Sumber : Kemendag)

JMFW 2025: Tingkatkan Transaksi Dagang dan Perkuat Posisi Indonesia di Pasar Modest Fashion Global

18 July 2024   |   17:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 kembali hadir dengan berbagai inovasi dan kolaborasi yang memperkuat posisinya sebagai salah satu event modest fashion bergengsi di dunia. Tak hanya itu, kehadiran JMFW juga diharapkan mampu meningkatkan transaksi dagang pelaku usaha modest fashion Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa kolaborasi dan sinergi berbagai pihak sangat penting untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dan kiblat modest fashion dunia.

"JMFW menunjukkan bahwa Indonesia memiliki hal yang kita sebut kolaborasi. Kalau kita ingin menjadi pusat modest fashion dunia, kata kuncinya adalah kerja sama," ujarnya, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: 250 Desainer Lokal Siap Tampilkan Koleksi Modest Ramah Lingkungan di JMFW 2025

Pelaksanaan acara puncak JMFW 2025 dijadwalkan pada 9—12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, bersamaan dengan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024.

Plt. Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Mardyana Sulistyowati, mengungkapkan bahwa JMFW bukan sekadar ajang promosi, tetapi juga sarana efektif untuk meningkatkan transaksi dagang.

Pada 2022, transaksi dagang yang dihasilkan melalui JMFW mencapai US$13,2 juta. Angka ini meningkat signifikan pada 2023 menjadi sekitar US$20,9 juta atau setara dengan Rp330 miliar. Pembeli yang terlibat berasal dari berbagai negara, termasuk Malaysia, Thailand, Persatuan Emirat Arab, Prancis, Nigeria, Iran, India, Singapura, Korea Selatan, dan Indonesia.

“Capaian transaksi ini menunjukkan JMFW menjadi platform penting bagi modest fashion Indonesia untuk lebih dikenal konsumen dunia. Capaian tersebut juga membuktikan bahwa produk modest fashion Indonesia memiliki daya tarik, berstandar tinggi, dan dapat diterima secara internasional,” ujar Mardyana.

Untuk terus meningkatkan nilai transaksi, JMFW 2025 menginisiasi kegiatan bertajuk Buyer’s Talk yang akan dilaksanakan setiap bulan mulai Juli 2024. Kegiatan ini akan diadakan secara virtual, mengundang perwakilan pembeli dari berbagai kawasan dunia untuk memberikan paparan dan masukan terkait standar kualitas, tren permintaan konsumen, dan strategi pemasaran yang tepat bagi jenama modest fashion Indonesia untuk memasuki pasar global.

JMFW 2025 menghadirkan berbagai inovasi dan sinergi baru untuk menguatkan ekosistem modest fashion Indonesia. Salah satu langkah strategis adalah seminar dan kurasi di empat kota: Pekanbaru, Makassar, Solo, dan Bogor, untuk menyeleksi dan memfasilitasi pelaku usaha modest fashion.

Sebanyak 34 pelaku usaha terpilih akan mengikuti acara puncak JMFW 2025, mendapatkan mentoring dan dukungan untuk memasarkan produk mereka di tingkat global.
Tidak hanya melibatkan sektor fashion, JMFW 2025 juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem.

Kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga menjadi sorotan, dengan partisipasi siswa dari Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) yang akan menampilkan karya terbaik mereka. Sementara itu, sektor kosmetik akan kembali disemarakkan oleh Wardah, yang akan memperkenalkan produk-produk inovatifnya.

Tidak ketinggalan, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) akan menempati area khusus di JMFW, memberikan kesempatan bagi industri tekstil untuk membangun jejaring bisnis dengan jenama fesyen, mendorong penggunaan produk tekstil dalam negeri.

Bank Syariah Indonesia (BSI) akan menjadi official bank, mendukung transaksi dan pembiayaan pelaku usaha. Tokopedia dan Tiktok Shop akan berperan sebagai platform niaga elektronik resmi, membantu jenama modest fashion menjangkau konsumen lebih luas. Pemerintah Provinsi Yogyakarta dan Kota Mojokerto juga menampilkan karya desainer modest fashion yang terinspirasi dari kekayaan budaya setempat di panggung utama JMFW 2025.

Peluncuran JMFW 2025 dimeriahkan dengan parade busana dari jenama-jenama nasional seperti Chante Ivan Gunawan, Jenna and Kaia, Muda Official, Zaskia Mecca, dan Calla the Label, menandakan semangat dan kreativitas yang terus berkembang dalam industri modest fashion Indonesia.

Baca Juga: Nada Puspita X Hong Kong Tourism Board Luncurkan Busana Modest yang Travel Friendly

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Miss Universe Indonesia Punya Pimpinan Baru & Fakta-fakta Menarik Lainnya

BERIKUTNYA

Jadi Isu besar di Kalangan Akademisi, Begini Tantangan Repatriasi Naskah Kuno Indonesia-Belanda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: