Ilustrasi Gimme The Mic. (Sumber gambar: Canva/Hypeabis)

Kreator TikTok Merapat! Gimme The Mic 2024 Digelar, Cek Syarat, Tahapan & Hadiahnya

18 July 2024   |   15:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

TikTok LIVE kembali menggelar Gimme The Mic. Kompetisi menyanyi skala nasional ini menjadi ajang yang tepat buat para kreator musik unjuk gigi untuk merintis karier sebagai musisi profesional. Ada hadiah menarik yang bisa kamu dapat loh. 

Agna Pradisti Putri, Content, Event, Partnership, and Product Operation Lead TikTok LIVE Indonesia mengatakan Gimme The Mic merupakan kompetisi global dari TikTok LIVE yang diadakan di berbagai negara, melalui fitur siaran langsung di TikTok. Lebih dari 30 negara berpartisipasi dalam kompetisi ini, termasuk Indonesia.

Antusiasme kreator TikTok yang tinggi pada tahun lalu menjadi alasan mengapa Gimme The Mic kembali digelar. Adapun pada tahun lalu, kompetisi ini diikuti 28.000 peserta dengan 5.000 unggahan dan 1,3 miliar penayangan. 

Baca Juga: Mengenal Uncanny Valley, Fenomena Menyeramkan yang Ramai di TikTok

TikTok juga melihat kesuksesan para finalis yang akhirnya bisa berkarir di industri musik. Pemenang Gimme The Mic Indonesia tahun lalu, Faren Yokung, penyandang disabilitas yang berasal dari Manado diketahui mewakili Indonesia dalam kompetisi serupa namun dalam skala global. 

Faren meraih penghargaan Most Improve: Rising Star. Dia juga merilis debut single dan rekaman promosi video Gimme The Mic Global di Miami. “Dampak pandemi sebagai musisi jalanan, lalu dia (Faren) mengenal TikTok LIVE, dan dia mengikuti kompetisi ini sampai memenangkannya,” ujar Pradisti dalam konferensi pers, Kamis (18/7/2024).

Oleh karena itu, dengan Gimme The Mic 2023, TikTok katanya ingin kembali mencari talenta yang bagus dalam bermusik dan mengembangkannya. Untuk mendapat talenta berkualitas tersebut, TikTok pun menggaet tiga musisi sebagai juri, diantaranya Raisa, Budi Doremi, dan komposer Eka Gustiwana. 

Buat Genhype yang mau ikutan Gimme The Mic 2024, TikTok LIVE memberlakukan syarat pendaftaran yang cukup mudah. Untuk syarat usia, kreator yang bisa ikut dalam kompetisi ini harus 18 tahun ke atas. Lalu, mengunggah video menyanyi dengan durasi minimal 30 detik dengan memberi tagar #GimmeTheMic dan #GimmeTheMic_Indonesia.

Kamu wajib menyanyikan lagu buatan sendiri atau lagu ciptaan musisi Indonesia tanpa musik latar belakang. Kemudian, isi formulir pendaftaran di banner “Gimme The Mic” yang muncul di laman pencarian #GimmeTheMic.

 

Tahapan & Daftar Hadiah

Sementara itu, ada tiga tahap yang perlu dilewati para peserta. Pertama, registrasi yang berlangsung pada 15 Juli - 5 Agustus 2024. Caranya mudah, peserta cukup mengunggah video menyanyi dengan durasi minimal 30 detik dan memberi tagar #GimmeTheMic dan #GimmeTheMic_Indonesia, serta mengisi formulir pendaftaran.

Setelah itu tim TikTok LIVE akan melakukan penyaringan peserta untuk masuk ke tahap kedua, yakni multi-guest stage yang berlangsung pada 19 Agustus - 15 September. Sebanyak 100 peserta terpilih akan mengikuti tahap penyisihan melalui TikTok LIVE dengan menggunakan fitur multi-guest. 

“Fitur ini bisa membuat kita berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus ketemu secara langsung. Jadi fitur ini membuat kontak, komunitas berkembang di Tiktok LIVE,” sebut Pradisti.

Tahap atau babak terakhir yakni grand final show pada 16 September - 22 September. Ya, untuk tahun ini TikTok LIVE membawa 6 kontestan terbaik ke Jakarta. Mereka  akan menjalani karantina dan tampil dalam konser Gimme The Mic 2024.

“Biasanya mereka nyanyi dari handphone, sekarang kita akan bawa mereka untuk merasakan bagaimana sih rasanya konser sebagai seorang penyanyi profesional,” sebut Pradisti.

Nah, untuk hadiahnya, pemenang Gimme The Mic 2024 bakal dibuatkan lagu dari komposer Eka Gustiwana loh. TikTok LIVE juga bekerja sama dengan SoundOn untuk merilis lagu ini. Juara 1 juga akan mewakili Indonesia dalam Gimme The Mic Global dan mendapat hadiah uang tunai sebesar US$2.000 atau setara Rp32,3 juta.

Sementara untuk juara 2, 3, dan 4 juta akan mewakili Indonesia dalam Gimme The Mic Global. Untuk hadiah uang tunai, juara 2 mendapat US$1.500, juara 3 mendapat US$1.000, dan juara 4 mendapat US$500. 

Jadi, sudah siap ikutan dan boyong hadiahnya gak nih, Genhype?

Baca Juga: Makna di Balik Meme TikTok Galvanized Steel and Eco-Friendly Wood Veneers

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Mencicipi Keunikan Burger Lokal di Jatinangor

BERIKUTNYA

Seni & Budaya Dinilai Jadi Strategi Ciamik Mendongkrak Pariwisata, Begini Caranya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: