Contoh meme TikTok Galvanized Steel and Eco-Friendly Wood Veneers (Sumber: instagram.com/homedesignn3d)

Makna di Balik Meme TikTok Galvanized Steel and Eco-Friendly Wood Veneers

30 May 2024   |   10:47 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Belakangan , banyak video lucu atau meme yang bermunculan tentang seorang pria bernama Little John dan proses renovasi untuk apartemen miliknya yang sangat kecil. Dengan animasi yang canggung dan humor yang membingungkan, apa sebenarnya makna di balik karakter Little John ini?

Berbentuk video animasi yang biasa dilihat sebagai ilustrasi desain interior, ternyata konten ini memiliki narasi satir dan deskripsi konyol. Video meme ini berisikan informasi seolah-olah sebagai “tips” untuk memanfaatkan ruangan kecil sehingga mampu meningkatkan efektifitas penggunaan ruangan. 

Baca juga: Arti Istilah Gaul Berbahasa Inggris yang Viral di TikTok

Uniknya, video berdurasi dibawah 1 menit ini memiliki elemen-elemen komedi dan animasi konyol dari Little John ketika beraktivitas di ruangan tersebut. Misalnya, narasi yang mengatakan bahwa John memiliki peliharaan seekor macan dan juga bagaimana dia tidak dapat memasukkan sebuah peti di dalam kamarnya.

Biasanya video-video ini akan dibuka dengan sang narator (suara AI) yang menjelaskan bahwa Little John sudah bekerja keras, tapi hanya mampu membeli apartemen yang berukuran sangat kecil. Sebagai solusinya, narator menyarankan Little John untuk memperluas ruangan agar lebih layak. 
 

Pertama dia akan melebarkan sisi luar apartemen dengan memasang rangka yang terbuat dari galvanized square steel. Jenis baja ini dilapisi oleh seng sehingga lebih tahan lama dan mampu mencegah karat dan korosi. Kemudian ditutup dengan bahan bangunan yang dari kayu yakni eco-friendly wood veneers, dan diamankan dengan sekrup ekspansi yang dipinjam dari bibinya.

Meski itu adalah struktur utama dari video-video ini, ada juga skenario alternatif seperti Little John yang tiba-tiba memiliki 1 juta anak, atau bagaimana dia harus tinggal di dalam gorong-gorong setelah kabur dari polisi. Juga dengan memperkenalkan metode ekspansi yang lebih gila lainnya, menjadikan humornya semakin aneh dari sebelumnya. 

Menurut Know Your Meme, jenis video ini mulai mendapatkan daya tarik pada Desember 2023, ketika pengguna TikTok @homedesign369, mengunggah bagian video dari meme bertajuk Unhinged Home Design. Dalam video ini, sang narator menyebutkan kedua bahan ikonik tersebut untuk merombak kamar tidur anak-anak. 

Video ini kemudian menyebar dengan cepat dan mencapai puncak popularitasnya pada bulan April dan Mei tahun ini, menginspirasi content creator lain untuk turut serta membuat video serupa. Namun juga membuat para penonton berspekulasi bahwa ada makna lebih dalam dibalik meme ini. 

Sebagian besar pengguna media sosial menganggap video-video ini murni sebagai sebuah hiburan, dan parodi dari video desain interior yang terkadang menggunakan metode-metode aneh untuk meningkatkan fungsi dan estetika sebuah ruangan. 

Sementara ada beberapa orang yang memiliki teori bahwa video-video ini bisa jadi sebuah komentar sosial terhadap inflasi yang menyebabkan harga apartemen Little John untuk melambung tinggi.

Meme ini juga membahas kenyataan pahit bahwa beberapa orang akan bekerja keras namun mendapat imbalan yang sangat minim, sehingga mereka tetap perlu cara apapun untuk beradaptasi dengan keadaan dan untuk bertahan hidup.

Baca juga: Tiktok Uji Coba Fitur Unggah Video Berdurasi 60 Menit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Miles Films Umumkan 5 Proyek Film Kolaborasi Lintas Genre & Generasi

BERIKUTNYA

Ulasan Film Terbaru Rudi Soedjarwo Saat Menghadap Tuhan, Kisah Gelap dan Traumatis Para Remaja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: