Smartphone Oppo Reno 12 Series. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Pakai Teknologi All Around Armor, Sekuat Apa Oppo Reno 12 Series?

17 July 2024   |   19:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Oppo Reno 12 Series bakal meluncur ke pasar gawai Indonesia pada akhir Juli 2024. Produk terbaru dari vendor teknologi asal China ini diklaim menjadi ponsel pintar (smartphone) terkuat di kelas menengah berkat inovasi pada material dan teknik desain khusus.

Dalam uji ketahanan yang disaksikan dan dicoba langsung Hypeabis.id, ponsel ini tetap hidup meskipun dipakai untuk memukul paku ke kayu hingga dilindas berkali-kali menggunakan sepeda dengan bobot berat. Begitu pula saat ponsel ini terjatuh ke lantai. 

Baca juga: Cek Spesifikasi & Harga Oppo Find X7 Ultra dan Oppo Reno 11 Pro 5G

Head of Public Relations Oppo Indonesia Arga Simanjuntak mengatakan melalui upaya kolaboratif dari berbagai tim ahli dalam ilmu material, kimia, dan teknik, Oppo berhasil menghadirkan solusi ketahanan inovatif yang disebut dengan OPPO All-Round Armour.

Teknologi ini dilengkapi dengan tiga terobosan utama, yaitu kaca terkuat di kelasnya, struktur kerangka yang kokoh, dan desain bantalan canggih. “Kami memberikan perlindungan berlapis untuk ketahanan jangka panjang. Bukan hanya layar saja, tetapi bagian samping, hingga belakang supaya aman dari tekanan, jatuh,” ujarnya 

Lantas seperti apa perlindungan berlapis yang disematkan Oppo ke dalam Reno 12 Series? Cek ulasannya di bawah ini yuk, Genhype
 

1. Kaca anti gores & pecah

Dilapisi Corning Gorilla Glass Victus 2, kaca pada layar Reno 12 Pro 5G terbilang terkuat di kelasnya. Kaca ini menggunakan teknologi pertukaran ion eksklusif yang meningkatkan kekuatan secara signifikan. Dalam uji jatuh, ketahanannya mencapai 180 persen. 

Untuk uji goresan kaca yang dilakukan Societe Generale de Surveillance (SGS), ponsel ini mendapatkan skor penuh dan sebutan SGS Premium Performance. Kaca ini terbukti mampu bertahan dengan lebih dari 10.000 uji jatuh tanpa pecah.

Sementara Reno 12 5G dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 7i untuk memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap jatuh, goresan, dan tekukan. “Secara kebutuhan, Reno 12 Series tetap aman, bahkan ketika terjatuh,” sebut Arga. 
 

Oppo Reno 12 Series. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Oppo Reno 12 Series. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

2. Kualitas kerangka AM04 

Reno 12 Series mempertahankan desain tipisnya, dengan ketebalan hanya 7,4 millimeter dan berat 180 gram. Namun, Oppo mengembangkan kerangka High-Strength Alloy, standar aerospace yang dinamai dengan AM04. 

Paduan yang mengoptimalkan proporsi elemen logam seperti tembaga (Cu), magnesium (Mg), dan silikon (Si) dalam AM04 ini membuahkan hasil lab dengan meningkatkan kekuatan tarik hingga lebih dari 280MPa, dan kekuatan tekuk hingga 360MPa.

Karakteristiknya kekuatan, ketangguhan, konduktivitas termal, hingga sifat anti-korosi, membuat Reno 12 Series memenuhi standar kualitas aerospace ini. Dibandingkan dengan bahan perangkat generasi sebelumnya, ketahanan tekuk tekanannya meningkat lebih dari 10 persen. 
 

3. Desain Sponge Bionic baru

Untuk mengatasi masalah benturan dan jatuh yang kerap dialami pengguna, Oppo menerapkan desain Sponge Bionic yang mensimulasikan struktur internal spons. Desain ini meningkatkan daya tahan dan keandalan struktural smartphone, membuatnya dapat bertahan terhadap kecelakaan mendadak yang tidak disengaja. 

Dalam uji laboratorium, performa jatuh Reno 12 Series melebihi rata-rata industri hingga lebih dari 60 persen lebih tinggi. Oppo juga meningkatkan standar perakitan untuk seri ponsel ini dan menambahkan 11 titik penyegelan perekat tambahan, termasuk mengurangi risiko masuknya cairan.
 

Oppo Reno 12 Series. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Oppo Reno 12 Series. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

4. Tahan suhu ekstrem & tekanan

Sebagai ponsel kelas menengah, Reno 12 Series telah memiliki sertifikasi ketahanan debu dan air IP65. Perangkat ini tetap berfungsi normal setelah di bawah hujan selama satu jam. 

Dalam uji ekstrem, ponsel pintar ini tahan tekanan ban mobil hingga 8000N atau setara dengan kendaraan seberat 3,2 ton. Selain itu, Reno 12 Series juga lulus uji sel dan siklus pengukusan dalam kondisi suhu ekstrem-40 derajat hingga 75 derajat celcius pada kelembaban 95 persen RH.

Smartphone ini mendapatkan sertifikasi performa premium bintang lima dari SGS, yang menunjukan performa tinggi dalam serangkaian uji ketat, termasuk ketahanan gores, ketahanan jatuh, ketahanan kompresi, penuaan, dan tahan air. 

Baca juga: Dibanderol Mulai Rp26 Juta, Cek Fitur Baru di Galaxy Z Fold 6

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Galaxy Watch7 Perbarui Fitur Wellness, Cek Fitur Unggulannya

BERIKUTNYA

Film Konser SEVENTEEN Tour 'Follow' Again To Cinemas Tayang 21 Agustus 2024 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: